Efisiensi Teknis Alur Produksi Pada PT. Industri Kereta Api Madiun

Syarif, Ridzki Muhammad Hisyam (2018) Efisiensi Teknis Alur Produksi Pada PT. Industri Kereta Api Madiun. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT. Industri Kereta Api adalah perusahaan manufaktur dengan produksi kereta api yang menjadi potensi bangsa dengan produk yang membanggakan. Berbagai produk yang diproduksi PT. INKA telah beroperasi di berbagai belahan dunia. Perusahaan seperti PT. INKA tentunya perlu ada jaminan kelangsungan pesanan dengan maksud produsksi tersebut harus fokus dan konsisten, namun dalam produksinya perusahaan tersebut memiliki kecepatan produksi yang lambat. Kecepatan produksi yang lambat tersebut berpengaruh pada keterlambatan jadwal pengiriman yang tidak sesuai dengan kontrak. Tahun 2018 PT. INKA mengalami keterlambatan yang terjadi pada beberapa kereta karena unit tersebut belum selesai. Ditandai dengan keterlambatan pengiriman pertama sebanyak 50 unit kereta permintaan pemerintah Bangladesh pada bulan Oktober 2018 dan diperkirakan terlaksana pada bulan November 2018 sebanyak 18 unit. Selain itu keterlambatan juga terjadi di tahun yang sama untuk Light Rail Transit (LRT) Palembang dengan target penyelesaian pada bulan Maret 2018. Nyatanya pengriman dimulai pada bulan April 2018 sebanyak dua trainset dan hingga bulan Oktober 2018 hanya tujuh dari delapan trainset yang beroperasi. Penelitian ini bertujuan untuk membuat alur produksi PT. INKA menjadi efisien dengan perencanaan dan perancangan tata letak bangunan agar tingkat keterlambatan produksi dapat berkurang sehingga jumlah pesanan dan target pengiriman dapat dilakukan sesuai persetujuan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan analisis tata letak bangunan menggunakan systematic layout planning (SLP). Analisis dilakukan pada tata letak bangunan eksisting dan disesuaikan dengan pengaturan dan penataan tata letak bangunan yang sesuai dengan alur produksi. Hasil analisis tersebut memberikan tata letak yang efisien dari alur produksi hingga perpindahan barang. Penggunaan systematic layout planning tersebut mampu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi PT. INKA dengan kecepatan produksinya. Tata letak bangunan yang yang efisien tentunya akan mempercepat dan memungkinkan penambahan unit produksi perhari. Dengan penyesuain tersebut, PT. INKA mampu memproduksi dua sampai tiga kereta dalam sehari. Jadi dalam jangka waktu satu tahun PT. INKA mampu memproduksi sedikitnya 720 unit kereta. Jika hal tersebut dapat dilaksanakan maka PT. INKA mampu menyelesaikan proyek yang dikerjakan di tahun 2018 diantaranya 250 unit kereta Bangladesh, 186 unit kereta Jabodebek, dan 438 unit kereta yang dipesan PT. KAI selambat-lambatnya dalam waktu satu setengah tahun.

English Abstract

PT. Industri Kereta Api is a manufacturer of company that produce trains which is potential of the nation with proud products. Various products produced by PT. INKA has operated in many country. Companies like PT. INKA surely needs a continuity guarantee of orders which means the production need to be focused and consistent, however the company have a slow production speed. Slow production speed can affect to shipping schedule that can be late or delayed and not consistent to the schedule. In 2018 some of the trains that produce in PT. INKA had delayed because some unit are not finished. It can be noticed by the delivery delay of the first 50 units demanded by the Bangladesh government in October 2018 and estimated to be shipped out in November with 18 units. Furthermore, the delay also occured in the same year for the Palembang LRT (light Rail Transit) with a completion target in March 2018. In fact, the shipment starts in April 2018 with two trainset and until October 2018 only seven from eight trainset that can operated. The result of the research is to make flow production in PT. INKA more efficient with layout planning and design that can reduce delayed shipping schedule so the number of orders and delivery targets can be done according to the agreement. The research method used is descriptive qualitative research with building layout analysis using systematic layout planning (SLP). The analysis is focused on the layout of the existing building and adjusted to the arrangement of the building layout that in accordance with the production flow. The result of the analysis provide a layout tht is efficiently seen through the production flow to the movement of items. The speed production problems in PT. INKA is able to solve with the use of systematic layout planning. The efficient layout will certainly accelerate and allow the addition of production units per day. With these adjusments, PT. INKA is able to produce two to three trains in a day. Within one year PT. INKA is able to produce at least 720 train units, then PT. INKA is able to complete the projects in 2018 including 250 Bangladesh train units, 186 Jabodebek train units, and 438 units ordered by PT. KAI in one and a half years.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2018/1084/051812077
Uncontrolled Keywords: tata letak bangunan, alur produksi, systematic layout planning (SLP) layout plan, flow production, systematic layout planning (SLP)
Subjects: 300 Social sciences > 385 Railroad transportation
Divisions: Fakultas Teknik > Arsitektur
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 03 Jul 2019 02:10
Last Modified: 29 Mar 2022 02:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163114
[thumbnail of Ridzki Muhammad Hisyam Syarif.pdf]
Preview
Text
Ridzki Muhammad Hisyam Syarif.pdf

Download (15MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item