Implementasi Kebijakan Program Bedah Rumah dalam Rangka Pengentasan Kemiskinan (Studi pada Desa Giripurno Kota Batu)

Nusa, Mella Amalia (2018) Implementasi Kebijakan Program Bedah Rumah dalam Rangka Pengentasan Kemiskinan (Studi pada Desa Giripurno Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kemiskinan merupakan masalah sosial yang dialami hampir di seluruh negara, baik di negara maju maupun negara berkembang seperti Indonesia. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2017, jumlah penduduk miskin Indonesia berjumlah 26,58 juta orang . Dengan melihat jumlah penduduk miskin di Indonesia yang cukup besar, perlu adanya pengentasan kemiskinan yang serius. Dampak dari adanya kemiskinan tidak terpenuhinya kebutuhan dasar manusia yang mencakup fisik, psikis, dan sosial. Salah satunya adalah tidak terpenuhinya rumah yang layak untuk di huni. Pemerintah Kota Batu telah membuat sebuah kebijakan program bedah rumah. Program ini merupakan bantuan dana yang diberikan kepada masyarakat miskin untuk merehab rumahnya menjadi layak huni. Namun berdasarkan hasil pra penelitian yang telah peniliti lakukan, masih terdapat beberapa hal yang tidak sesuai dengan pedoman yang diberikan oleh pemerintah. Masalahnya terdapat dalam tahap implementasi dimana banyak ditemukan pelaksanaan program bedah rumah masih tidak sesuai dengan perencanaan awal, seperti rumah warga yang menerima program bedah rumah dan memperoleh anggaran untuk merehab lantainya yang masih tanah, namun dalam pelaksanaanya tidak dilakukan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendakatan kualitatif dan pembatasan fokus yang diambil berdasarkan teori Charles O’Jones yang meliputi organisasi, interpretasi dan penerapan. Data yang diperoleh melalui observaasi, wawancara dan dokumentasi di lapangan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi kebijakan program bedah rumah di Desa Giripurno Kota Batu secara umum telah mencerminkan suatu upaya pemerintah untuk melakukan pengentasan kemiskinan namun dalah tahap implementasi belum berjalan baik. kurangnya keterlibatan pihak-pihak yang terkait dengan program bedah rumah menjadi pelaksana, Nominal yang diberikan terkadang masih kurang untuk merehab rumah.

English Abstract

Poverty is the most developed social issue in all countries, both in developed and developing countries such as Indonesia. Based on the condition conducted by the Central Bureau of Statistics (BPS) in 2017, the number of poor people of Indonesia 26.58 million people. By looking at the number of poor people in Indonesia is quite large, the need for serious poverty eradication. The impact of the heat does not fulfill the basic human needs that include physical, psychological, and social. One of them is not suitable for the house to live in. So that the issues about housing establishment is the responsibility of the central government and local governments. Batu City Government has made a house surgery program. This program is goverment’s did which given to the poor tp rehabilitate theit house for granted. However, based on the results of pre-research that have been done by the researcher, there are still some things that are not in accordance with the guidelines provided by the government. The problem lies in the implementation stage where many found the implementation of the home surgery program is still not in accordance with the initial planning, such as the house owner whom receive surgery program and accept the budget to rehabilitate the ground floor, but on the implementation is not done. This research use descriptive research type with qualitative approach and taken based on Charles O'Jones theory which includes organization, interpretation and application. Data obtained through observation, interview and field documentation. The results of this study indicate that the implementation of the policy of house surgery program in Giripurno Subdistrict Batu City has not gone well. The problem of unsuitable planning due to lack of involvement of stakeholders related to home surgery program to be executor. Nominal given sometimes still lacking to rehabilitate the house.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/291/051804419
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Program Bedah Rumah, Kemiskinan-Implementation, House Surgery Program, Poverty
Subjects: 300 Social sciences > 362 Social problems of and services to groups of people > 362.5 Poor people
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 21 Mar 2019 07:24
Last Modified: 25 Oct 2021 04:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163012
[thumbnail of Mella Amalia Nusa.pdf]
Preview
Text
Mella Amalia Nusa.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item