Pelayanan Pembayaran Tagihan Rekening Air Online Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) (Studi pada PDAM Kabupaten Mojokerto)

Armadani, Renna (2018) Pelayanan Pembayaran Tagihan Rekening Air Online Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) (Studi pada PDAM Kabupaten Mojokerto). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PDAM Kabupaten Mojokerto memanfaatkan kemajuan teknologi untuk melakukan pelayanan pada sistem pembayaran airnya yaitu dengan menghadirkan pelayanan pembayaran air yang berbasis online. Pelayanan ini bertujuan untuk memudahkan akses pelanggannya dalam membayar serta untuk memperoleh keuntungan secara finansial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis pelayanan pembayaran tagihan air PDAM online dengan indikator pelayanan New Public Service menurut Carlson and Schwarz (1995) dalam Denhardt & Denhardt (2003:61), serta faktor penghambat dan pendukung dari pelayanan tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dari pihak PDAM Kabupaten Mojokerto pada penelitian ini meliputi Kepala Bagian Keuangan dan Administrasi, Kasubsi dan staf PDE, serta staf keuangan. Selain itu terdapat sumber data dari pihak lain yaitu Kepala Kantor Pos Cabang Mojosari serta beberapa pelanggan PDAM Kabupaten Mojokerto. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Sementara itu, analisis data yang digunakan adalah analisis data model interaktif menurut Miles, Huberman dan Saldana tahun 2014. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan pembayaran air online pada PDAM Kabupaten Mojokerto belum mampu memenuhi tiga dari delapan indikator pelayanan New Public Service yang diungkapkan oleh Carlson dan Schwarz (1995) dalam Denhardt & Denhardt (2003:61) dengan maksimal. Tiga indicator tersebut adalah indicator convenience, reliability dan problem solving approach. Faktor pendukung pada pelayanan pembayaran air online PDAM Kabupaten Mojokerto adalah kerjasama yang baik dengan mitra-mitranya serta adanya kemajuan teknologi informasi yang semakin pesat. Sementara faktor penghambatnya adalah adanya biaya tambahan yang harus ditanggung oleh pelanggan serta trouble atau koneksi jaringan yang terputus. Adapun saran peneliti yakni PDAM Kabupaten Mojokerto dapat menggunakan layanan komputasi Software as a Service (SaaS) dalam membuat aplikasi pembayaran air online untuk mengurangi adanya hambatan biaya tambahan yang harus dibayar oleh pelanggan serta kerjasama dengan pihak Telkom untuk melakukan pengecekan rutin setiap bulan dalam rangka menghindari trouble pada sistem dan gangguan koneksi lainnya.

English Abstract

PDAM Kabupaten Mojokerto utilizes technological advances to serve their water payment system by presenting an online water payment services. This services aims to facilitate the access of customers in pay as well as to obtain financial benefits. This study aims to find, describe, and analyze the service of online water payment billing account on PDAM with the service indicators of New Public Service disclosed by Carlson and Schwarz (1995) in Denhardt & Denhardt (2003:61), and its supporting and inhabiting factors. The type of this research is descriptive with qualitative approach. Data sources from PDAM Kabupaten Mojokerto on this research are include Head of Finance and Administration, Kasubsi and PDE staff, and finance staff. In addition there are other sources of data from other parties namely Head of Post Office Branch Mojosari and some customers of PDAM Kabupaten Mojokerto. Data collection techniques used are observation, interview and documentation. Meanwhile, 2014th Miles, Huberman and Saldana’s interactive model is used in data analysis of this research. The results showed that online water payment services at PDAM Kabupaten Mojokerto has not been able to fulfill three of eight indicators service of New Public Service disclosed by Carlson and Schwarz (1995) in Denhardt & Denhardt (2003:61) maximally. Those three indicators are convenience, reliability and problem solving approach. Supporting factor of water payment online services on PDAM Kabupaten Mojokerto is a good cooperation with its partners and the progress of information technology that increase rapidly. Meanwhile the inhibiting factor is the additional cost that the customers must pay as well as trouble or network connection error. The researcher suggestion is that PDAM Kabupaten Mojokerto can use Software as a Service (SaaS) in making application of water payment online to reduce the existence of additional cost constraint to be paid by customers and make a cooperation with Telkom to do checking routine every month in order to avoid trouble on the system and other connection interruptions.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/241/051803953
Uncontrolled Keywords: pelayanan, pembayaran online-services, online payment
Subjects: 300 Social sciences > 354 Public administration of economy and environment > 354.3 Public administration of environment and natural resources > 354.36 Water > 354.366 Water supply
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 27 Jun 2019 02:08
Last Modified: 25 Oct 2021 03:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162995
[thumbnail of Renna Armadani.pdf]
Preview
Text
Renna Armadani.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item