Manajemen Taman Kota dalam Rangka Ruang Terbuka Hijau Kota Kediri (Studi di Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan Kota Kediri)

Laraswatie, Willa (2018) Manajemen Taman Kota dalam Rangka Ruang Terbuka Hijau Kota Kediri (Studi di Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan Kota Kediri). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kota Kediri merupakan salah satu kota di Provinsi Jawa Timur yang mengalami perkembangan yang sangat signifikan dalam berbagai sektor. Dalam segala aktivitasnya, kota memerlukan adanya udara yang sejuk yang dapat terpenuhi jika tersedianya ruang terbuka hijau. Kota Kediri dalam melaksanakan pembangunan ruang terbuka hijau telah memiliki peraturan mengenai pengelolaan ruang terbuka hijau Kota Kediri yang diatur dalam Peraturan Daerah Kota Kediri Nomor 2 Tahun 2014 mengenai tentang Pengelolaan Ruang Terbuka Hijau di Kota Kediri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran tentang fenomena atau fakta mengenai manajemen taman kota di kota Kediri dalam rangka ruang terbuka hijau. Serta faktor apa saja yang mempengaruhi manajemen ruang terbuka hijau yang dilaksanakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan Kota Kediri. Karena sebagaimana penulis ketahui bahwa yang menjadi masalah dalam manajemen taman kota saat ini adalah adanya pengunjung yang kurang memperhatikan kebersihan dan meninggalkan sampah sembarangan di are taman. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan analisis data model interaktif, yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengelolaan Ruang Terbuka Hijau taman kota di Kota Kediri menurut Peraturan Daerah Nomor 2 tahun 2014 terdiri dari proses perencanaan, pelaksanaan, pemanfaatan dan pengendalian. Proses perencanaan dalam pengembangan RTH terlihat melalui adanya perencanaan yang diilakukan dengan lintas instansi. Konsep pelaksanaan pengelolaan RTH taman kota di kota Kediri. Pelaksanaan dapat dilihat dengan adanya kegiatan rutin harian yang dilaksanakan oleh para pegawai Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan Kota Kediri. Pemanfaatan dalam hal ini bisa dilihat dengan adanya pemanfaatan sarana produksi dan sarana peralatan yang bisa digunakan untuk kepeluan mengelola taman. Serta juga dapat dilihat dari adanya suatu organisasi atau komunitas yang ingin mengadakan perkumpulan dan pertunjukan di taman maka bisa memanfaatkan taman tersebut. Selain itu, pemanfaatan ini juga bisa dilakukan oleh masyarakat dengan memanfaatkan fasilitas taman dengan bijak dan sesuai dengan semestinya. Sedangkan untuk pengendalian dalam pengelolaan taman di kota Kediri bisa dilihat dengan adanya kontrol pada pegawai yang melakukan kegiatan harian dan pengendalian ini juga berguna untuk mengetahui dan mengatasi suatu masalah yang terjadi, serta menjaga agar semua elemen taman dapat terkendali dengan baik.

English Abstract

Kediri city is one of the cities in East Java Province which experienced a very significant development in various sectors. In all its activities, the city requires a cool air that can be fulfilled if the availability of green open space. Kediri City in implementing green open space development has regulation on green open space management of Kediri City which regulated in Local Regulation of City of Kediri Number 2 Year 2014 concerning about Green Open Space Management in Kediri City. The purpose of this study is to provided information about the phenomenon or problem of education of city park in Kediri city in order to open green space. As well as any factors that affect the management of green open spaces implemented by the Office of Environment Sanitation and Garden City Kediri. Because including who is the problem in urban park management today is the presence of visitors who pay less attention to cleanliness and litterfree indiscriminate in the park. This research uses descriptive research type with qualitative approach. This study uses an interactive data model analysis, namely data condensation, data presentation, and withdrawal of conclusions. The green open spaces management of city park in Kediri City according to regional regulation number 2 year 2014 consists of planning process, implementation, utilization and controlling. The planning process in the development of the open space is seen through the existence of a cross-agency planning. The concept of implementing the management of green parks in the Kediri city. Implementation can be seen with the daily routine activities undertaken by Environment Department of Sanitation and Garden of Kediri City employees. Utilization in this case can be seen with the use of production facilities and equipment that can be used to manage the park. And also can be seen from the existence of an organization or community who want to hold associations and performances in the park then can take advantage of the park. In addition, this utilization can also be done by the community by utilizing the park facilities wisely and in accordance with the appropriate. As for the control of park management in Kediri city can be seen with the control of employees who perform daily activities and control is also useful to know and solve a problem that occurs, and keep all elements of the park can be well controlled.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/246/051803958
Uncontrolled Keywords: Manajemen Taman Kota, Ruang Terbuka Hijau Kota Kediri-Urban Park Management, Kedung Green Open Space
Subjects: 300 Social sciences > 333 Economics of land and energy > 333.7 Land, recreational and wilderness areas, energy > 333.78 Recreational and Wilderness areas > 333.783 Parks
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 27 Feb 2019 02:11
Last Modified: 25 Oct 2021 03:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162987
[thumbnail of Willa Laraswatie.pdf]
Preview
Text
Willa Laraswatie.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item