Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Likuiditas Dan Profitabilitas Terhadap Agresivitas Pajak (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2017)

Dzikri, Zuhratullaili (2018) Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Likuiditas Dan Profitabilitas Terhadap Agresivitas Pajak (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2017). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Berbagai kasus agresivitas pajak terjadi di seluruh dunia termasuk Indonesia dimana di tahun 2012 terdapat 4000 perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) melaporkan SPT nihil dikarenakan mengalami kerugian selama tujuh tahun berturut-turut dan sebagian besar perusahaan tersebut bergerak di bidang manufaktur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR), likuiditas dan profitabilitas terhadap agresivitas pajak yang dilakukan oleh perusahaan manufaktur yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2015-2017. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari masing-masing website resmi perusahaan. Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang listing di BEI pada tahun 2015-2017. Sampel yang digunakan sebanyak 28 perusahaan selama 3 tahun yang dipilih dengan metode purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengungkapan CSR, likuiditas dan profitabilitas perusahaan berpengaruh terhadap agresivitas pajak. Pengungkapan CSR terbukti berpengaruh positif signifikan terhadap ETR yang merupakan proksi dari agresivitas pajak. Sedangkan untuk likuiditas dan profitabilitas perusahan memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap ETR.

English Abstract

There are many tax aggressiveness in the world including Indonesia, in 2012 there are 4000 companies that report loss in its annual tax return for seven years and many of them is manufacturing companies. This research aims to examine the effect of corporate social responsibility disclosure, liquidity and profitability on tax aggressiveness in manufacturing companies that listed in Indonesia Stock Exchanges period 2015 to 2017. The data used in this research are secondary data from the official website of company. Population used are manufacturing companies that listed in Indonesia Stock Exchanges period 2015-2017. The samples of this research used 28 companies from 3 years were selected by purposive sampling method. The results showed that corporate social responsibility disclosure, liquidity and profitability have effect on tax aggressiveness. CSRD has significant positive effect on effective tax rate, the proxy of tax aggressiveness. Liquidity and profitability has significant negative effect on effective tax rate.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2018/502/051810117
Uncontrolled Keywords: Agresivitas pajak, pengungkapan CSR, likuiditas, profitabilitas, Tax aggressiveness, CSRD, liquidity, profitability
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 18 Apr 2019 01:53
Last Modified: 20 Oct 2021 07:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162969
[thumbnail of Zuhratullaili Dzikri.pdf]
Preview
Text
Zuhratullaili Dzikri.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item