Jannah, Ita Miftakhul (2018) Implementasi Good Corporate Governance Dalam Meningkatkan Efektifitas E-Faktur Pajak Pertambahan Nilai (Ppn) (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Selatan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini menjelaskan tentang penerapan prinsip Good Corporate Governance pada KPP Pratama Malang Selatan, terkait dengan penerapan e-faktur dalam prinsip transparancy, accountability, responsibility, independency, dan fairness. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah prinsip-prinsip Good Corporate Governance sudah diterapkan dengan baik di KPP Pratama Malang Selatan sesuai dengan Keputusan Menteri BUMN Nomor : KEP-117/M-MBU/2002 BUMN Nomor : Per-01/MBU/2011 tentang penerapan tata kelola perusahaan yang baik pada BUMN. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Analisa data menggunakan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Direktorat Jendral Pajak menerapkan sistem administrasi perpajakan modern yaitu dengan membuat e-faktur yang bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi wajib pajak dan tugas pegawai pajak serta menanggulangi banyaknya kasus faktur pajak fiktif. Jika dilihat dari prinsip transparency, accountability and fairness dari KPP sudah cukup baik, karena keterbukaan informasi sudah jelas dan akuntabilitas dari e-faktur dapat ter-record secara otomatis sehingga data yang dihasilkan valid. Namun jika dilihat dari prinsip responsibility, dan independency, pada KPP masih banyak kekurangan yang perlu diperbaiki oleh DJP. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) E-Faktur dilihat dari prinsip responsibility masih menggunakan regristrasi secara manual seharusnya DJP memberikan kemudahan bagi PKP yaitu dengan regristrasi online, karena PKP tidak hanya berada di Indonesia tetapi juga terdapat PKP WNA. (2) E-Faktur dilihat dari prinsip independency masih banyak kesulitan yang dihadapi PKP dalam memenuhi prosedur registrasi e-faktur dan menyita banyak waktu dalam pembuatan e-Faktur. Saran yang diberikan peneliti DJP harus melakukan pembenahan dan penyempurnaan administrasi salah satunya pada sistem e-Faktur dan menciptakan pelayanan yang lebih baik lagi, serta memperbaiki sistem kerja server dengan cara membuat server lebih dari satu agar beban kemampuan penyimpanan data WP tidak mengalami overload sehingga menyebabkan pelayanan terganggu. Untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini dengan menggunakan analisis data yang tidak terdapat dalam penelitian ini.
English Abstract
This research explains about the application of good corporate governance principle in tax office south malang, related to the implementation of e-invoice in principle of transparency, accountability, responsibility, independency, and fairness. The purpose of this study is to find out whether the principles of GCG have been applied properly in the tax office, in accordance with the decision of the Minister of State Owned Enterprises (SOEs) Number : KEP-117/M-MBU/2002 SOEs Number : Per-01/MBU/2011 on the application of good corporate governance to SOEs. Research method is descriptive research with qualitative approach. Data analysis using the stage of data collection, data reduction, data presentation, and conclusion. Directorate General of Tax implementation modern tax administration system that is by making e-invoice which aims to provide convenience for taxpayer and duty of tax officer and to overcome the many cases of fictitious tax invoice. If viewed from the principle of transparency, accountability and fairness of the tax office is good enough, because the disclosure of information is clear and the accountability of e-invoice can be recorded automatically so that the resulting data is valid. But when viewed from the principle of responsibility, independency in the office of the tax service still many shortcomings that need to be repaired by the DGT. The results of this study are as follows : (1) e-invoice seen from the principle of responsibility still ude registration manually should the DGT make it easy for Taxable Entrepeneurs to register with online registrasi, taxes are not only located in Indonesia but there are also foreign taxpayers. (2) Electronic invoices seen from the principle of independence there are still many difficulties faced by taxable entrepreneurs in fullfiling electronic invoice regristration procedures and consuming a lot of time in the making e-invoices. The advice given by the research is the DGT must make revision and refinement of the administration again and improve the server work task by making more than one server to load data storage capability of taxpayers do not experience overload causing disturbes service. For further research is expected to develop this research by using data analysis not found in this research.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2018/269/051804397 |
Uncontrolled Keywords: | Good Corporate Governance, PPN, e-Faktur Pajak.-Good Coorporate Governance, Value Added Tax, E-Tax Invoice |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 28 Mar 2019 06:48 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 04:03 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162917 |
![]() |
Text
Ita Miftakhul Jannah.pdf Download (3MB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg Download (29kB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg Download (13kB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg Download (4kB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg Download (1kB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |