Intifada, Roizan (2018) Kajian Potensi Penumpang Pesawat Terbang Rute Banyuwangi-Malang Dengan Menggunakan Metode Stated Preference. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Banyaknya Bandara di Provinsi Jawa Timur baik perintis maupun international, mendorong keinginan Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk mengembangkan sebuah konsep pelayanan transportasi udara antar Kota (City Link). Salah satu Bandara perintis di provinsi Jawa Timur yang masih baru adalah Bandara Banyuwangi, Atas dasar tersebut maka perlu dilakukan kajian pembukaan rute penerbangan baru yaitu Banyuwangi-Malang. Tujuan kajian ini (1) Untuk mengetahui karakteristik penumpang Travel rute Banyuwangi-Malang, (2) Untuk mengetahui karakteristik penumpang Kereta Api (KA) rute Banyuwangi-Malang, (3) Untuk memperoleh model pemilihan moda pesawat terbang dari Banyuwangi menuju Malang berdasarkan persepsi penumpang Travel dan KA untuk rute Banyuwangi–Malang, (4) Untuk mengetahui potensi penumpang Pesawat Terbang rute Banyuwangi–Malang. Metode analisis yang digunakan adalah Stated Preference untuk memperoleh potensi penumpang pesawat terbang Banyuwangi-Malang. Data primer diperoleh melalui wawancara dan pembagian kuesioner sedangkan data sekunder diperoleh melalui literatur, jurnal, dan internet. Jumlah responden yang digunakan dalam kajian sebanyak 400 responden KA dan 150 responden Travel. Dari hasil karakteristik responden pada penumpang angkutan KA tujuan Banyuwangi-Malang didominasi laki-laki (59,75%) berusia 25-40 tahun (44,5%), pendidikan terakhir S1/D3/D4 (56,25%), pendapatan perbulan Rp 3.000.000 – Rp 4.500.000 (41,5%) , status sosial belum menikah (56,25%), mayoritas berasal dari Kabupaten Banyuwangi (48,75%), tujuan perjalanan adalah non bisnis (51%), alasan menggunakan Kereta Api adalah paling nyaman dan aman (24,5%), menggunakan biaya mandiri (94,5%), frekuensi perjalanan dalam satu tahun 1-2 kali (40,25%), penumpang angkutan KA setuju (93%) dan berminat (75,5%) bila rute penerbangan Banyuwangi-Malang dibuka. Pada penumpang Travel didominasi laki-laki (58,67%) berusia 17-24 tahun (49,33%), pendidikan terakhir SMA/SMK (49,33%), pendapatan perbulan Rp 3.000.000 – Rp 4.500.000 (37,33%), status sosial belum menikah (74,67%), mayoritas berasal dari Kabupaten Banyuwangi (45,33%), tujuan perjalanan adalah non bisnis (48%), Alasan menggunakan Travel adalah biasa dilakukan (40%), menggunakan biaya mandiri (92%), frekuensi perjalanan dalam satu tahun 1-2 kali (45,33%), setuju (84,67%) dan berminat (65,33%) bila rute penerbangan Banyuwangi-Malang dibuka. Dari hasil analisis Stated Preference dengan menggunakan tiga atribut variasi, diperoleh model utilitas dan potensi penumpang. Atribut selisih biaya perjalanan (ΔX1) pada KA UPT-UKA = 4,251 - 0,00001008(ΔX1), pada Travel UPT-UAT = 4,4464 - 0,00000981(ΔX1). Atribut selisih lama waktu perjalanan (ΔX2) pada KA UPT-UKA= -12,176 + 0,03328366(ΔX2), pada Travel UPT-UAT = -3,494 + 0,01132919(ΔX2). Atribut selisih frekuensi keberangkatan (ΔX3) untuk KA UPT-UKA = -1,112 + 0,48773724(ΔX3) dan travel UPT-UAT = 1,066 + 0,16059291(ΔX3). Probabilitas memilih menggunakan pesawat terbang memiliki nilai di atas 50% bila selisih xviii biaya perjalanan (ΔX1) di bawah harga Rp 421.708,00 untuk angkutan KA dan Rp 453.177,00 untuk angkutan travel, dengan potensi penumpang dalam sehari sebanyak 273 orang untuk KA dan 16 orang untuk Travel. Probabilitas penumpang yang memilih menggunakan pesawat terbang memiliki nilai di atas 50% bila selisih lama waktu perjalanan (ΔX2) di atas 366 menit untuk KA dan selama 375 menit untuk Travel, dengan potensi penumpang dalam sehari sebesar 273 orang untuk KA dan 22 orang untuk Travel. Probabilitas penumpang yang akan menggunakan moda transportasi pesawat terbang akan meningkat apabila selisih frekuensi keberangkatan di atas 2,3 kali untuk KA dan 3 kali untuk Travel, dengan potensi penumpang per hari sebesar 274 orang untuk KA dan 27 orang untuk Travel.
English Abstract
The number of airports in East Java Province are both domestic and international, which supports the East Java Province's desire for a City Link concept. One of the domestic airports in East Java Province is Banyuwangi Airport, on the basis of which the opening of the new Banyuwangi-Malang route has to be investigated. The purpose of this study (1) to determine the characteristics of the Travel passengers Banyuwangi-Malang route, (2) to determine the characteristics of the Train passengers Banyuwangi-Malang route, (3) to obtain a model of the airplane mode selection from Banyuwangi to Malang based from the perception of the Tavel passengers and the Train for the Banyuwangi-Malang route (4) to determine the potential number of airline passengers Banyuwangi-Malang route. The analytical method used is the Stated Preference method to obtain potential passengers of Banyuwangi-Malang airplane. The primary data was obtained through interview and questionnaire distribution, while secondary data was obtained through Literature, Journal and Internet. The number of respondents used in the study was 400 train and 150 travel participants. From the results of the characteristics of respondents in Train passengers Banyuwangi-Malang dominated by men (59.75%) at the age of 25-40 years (44.5%), recent training S1/D3/ D4 (56.25%), income per month Rp 3,000,000 - Rp 4,500,000 (41.5%), unmarried social status (56.25%), the majority came from Banyuwangi Regency (48.75%), destination was not a business (51%), the Reason for using the train is the most comfortable and safest (24.5%), with self-service (94.5%), travel frequency in a year 1-2 times (40.25%), train pessengers agreed (93%)) and interested (75.5%) when the Banyuwangi-Malang route was opened. On male Travel passengers dominated by men (58.67%) at the age of 17-24 years (49.33%), recent high school / vocational training (49.33%), monthly income Rp 3,000,000 - Rp 4,500,000 37 , 33%), unmarried social status (74.67%), majority from Banyuwangi Regency (45.33%), destination is non-business (48%), train usage is common (40%) (92%), travel frequency in a year 1-2 times (45.33%), agreed (84.67%) and interested (65.33%) when the Banyuwangi-Malang flight route is opened. From the analysis of stated preference using three variation attributes, preserved utility model and passenger potential. Attribute the difference in the trip cost (ΔX1) on the Train UPT-UKA = 4,251 - 0,00001008(ΔX1), the Travel unit UPT-UAT = 4,4464 - 0,00000981(ΔX1). Attribute the difference in duration of travel (ΔX2) on the Train UPT-UKA= -12,176 + 0,03328366(ΔX2), the Travel unit UPT-UAT = -3,494 + 0,01132919(ΔX2). Attribute the difference in the frequency of the departures (ΔX3) on the Train UPT-UKA = -1,112 + 0,48773724(ΔX3) and Travel UPT-UAT = 1,066 + xx 0,16059291(ΔX3). The probability of choosing airplane has a value of over 50%, if the difference in the trip cost (ΔX1) below the price of Rp 421.708,00 for Train and Rp 453.177,00 for travel, with the potential for as many as 273 Passengers to train people in one day and 16 for travel. Passengers are more likely to choose an aircraft than 50% if the difference in duration of travel (ΔX2) is 366 minutes for trains and 375 minutes for travel, and 273 passengers for trains and 22 passengers for travel for a potential passenger on one day. The probability that passengers will use airplane transportation mode will increase if the departure frequency difference is above 2,3 times for Train and 3 times for Travel, with the potential passengers in a day of 274 for Train and 27 people for Travel.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2018/585/051806920 |
Uncontrolled Keywords: | Potensi Penumpang Pesawat Terbang, Stated Preference (SP), Angkutan Kereta Api dan Angkutan Travel, Rute Banyuwangi-Malang, Bandara Banyuwangi. Potential Passenger Airplane, Stated Preference (SP), Train Transportation and Travel Transportation, Banyuwangi-Malang Route, Banyuwangi Airport. |
Subjects: | 300 Social sciences > 388 Transportation > 388.04 Special topics of transportation |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 16 Apr 2019 03:02 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 02:52 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162890 |
Preview |
Text
Roizan Intifada.pdf Download (5MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |