Eksplorasi Proses Belajar Mengajar Dan Dampak Mata Kuliah Praktikum Auditing (Studi Kasus Pada Alumni S1 Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang)

Wibowo, Arief (2018) Eksplorasi Proses Belajar Mengajar Dan Dampak Mata Kuliah Praktikum Auditing (Studi Kasus Pada Alumni S1 Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan mata kuliah praktikum auditing yang terdiri dari proses belajar mengajar hingga dampak yang dirasakan oleh alumni S1 Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. Data yang diolah dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara. Informan dalam penelitian ini adalah alumni S1 Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya yang telah bekerja sebagai junior auditor di Kantor Akuntan Publik (KAP) Big Four atau afiliasi internasional dan asisten dosen sebagai informan pendukung. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses belajar mengajar mata kuliah praktikum auditing berlangsung selama dua jam tiga puluh menit dan diajar oleh asisten dosen dengan metode belajar presentasi setiap minggunya. Namun terdapat kecurangan dan perilaku tidak etis selama proses belajar mengajar berlangsung seperti mencontek, menyalahgunakan fasilitas, berbicara diluar topik pembelajaran, bermain gadget, dan tidur. Hal ini dikarenakan mata kuliah praktikum auditing dirasa kurang memberikan manfaat, tidak memiliki bobot sks yang berpengaruh terhadap IPK, metode mengajar yang monoton sehingga membosankan, dan modul yang digunakan sudah tidak relevan dengan kondisi saat ini. Melalui studi ini, diharapkan pelaksanaan mata kuliah praktikum auditing di masa mendatang dapat menjadi lebih baik.

English Abstract

This study aims to describe the execution of the auditing practicum course, from the teaching and learning process to the effects felt by graduates of the Accounting Department, Faculty of Economics and Business, Brawijaya University. The data processed in this study were obtained by using observation and interview techniques. Informants in this research were assistant lecturers and alumni of the Accounting Department, Faculty of Economics and Business, Brawijaya University, who worked as junior auditors at Big Four public accountant offices or internationally-affiliated public accountant offices. The type of this research is descriptive qualitative with the case study method. The result of this study indicate that the teaching and learning process of the auditing practicum course lasts for two hours and thirty minutes and is taught by the assistant lecturer with the method of presentation study each week. Yet, cheating and unethical behaviors occur during the teaching and learning process, such as copying, abusing facilities, speaking outside learning topics, using gadgets, and sleeping. This is because the auditing practicum course is felt to not br useful, does not have the weight of credits that affect the GPA, has monotonous and boring teaching methods, and does not have relevant modules to the current conditions. Through this study, the implementation of the auditing practicum course in the future is expected to be improved.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2018/473/051809519
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Praktikum Auditing, Auditor, Kecurangan, Auditing Practicum Enforcement, Auditor, Fraud.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting > 657.4 Specific fields of accounting > 657.45 Auditing > 657.450 71 Auditing (Education)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 11 Feb 2019 07:15
Last Modified: 22 Apr 2022 02:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162826
[thumbnail of Arief Wibowo.pdf] Text
Arief Wibowo.pdf

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item