Analisis Strategi Pemasaran Keripik Apel CV. Kajeye Food Malang menggunakan Matrik SWOT berdasarkan Bauran Pemasaran dan Porter’s Five Forces Model

Wiranata, Galih Amar (2018) Analisis Strategi Pemasaran Keripik Apel CV. Kajeye Food Malang menggunakan Matrik SWOT berdasarkan Bauran Pemasaran dan Porter’s Five Forces Model. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

CV. Kajeye Food merupakan Industri Kecil Menengah (IKM) yang bergerak di industri makanan yang berlokasi di Kota Malang. Pada tahun 2001 CV. Kajeye Food mulai memproduksi produk keripik apel. Namun dari hasil penjualan keripik apel CV. Kajeye Food beberapa tahun terakhir mengalami penurunan yang cukup berpengaruh pada kurun waktu 2016-2017. Di Kota Malang, jumlah IKM yang ada cukup banyak baik industri yang sejenis maupun tidak sejenis dengan CV. Kajeye Food Malang. Pada tahun 2016- 2017 untuk industri yang bergerak dalam bidang keripik buah di Malang mengalami peningkatan sebesar 2,5%. Selain permasalahan tersebut, masalah yang dihadapi adalah strategi pemasaran yang hanya terfokus terhadap internal perusahaan seperti kurang memperhatikan proses distribusi produk ke outlet kemitraan maupun konsumen, serta kemungkinan ancaman yang muncul dari pesaing di dalam industri. Pada penelitian ini, akan dilakukan analisis lingkungan eksternal menggunakan metode Porter’s Five Forces Model, sedangkan untuk analisis internal dari perusahaan menggunakan metode benchmarking dengan beberapa kompetitor yang telah ditentukan berdasarkan pertimbangan dari pihak CV. Kajeye Food Malang. Benchmarking yang dilakukan adalah berdasarkan faktor-faktor dari analisis bauran pemasaran yang telah dilakukan sebelumnya. Pada penelitian ini, data yang digunakan adalah data dari hasil penyebaran kuesioner kepada responden internal CV. Kajeye Food Malang dan responden konsumen keripik apel. Dari hasil analisis internal dan eksternal kemudian dilakukan proses pencocokan menggunakan matrik TOWS untuk dapat memunculkan alternatif strategi. Setelah didapatkan beberapa alternatif strategi tersebut, kemudian dilakukan proses pengambilan keputusan terkait dengan prioritas strategi menggunakan matrik QSPM (Quantitive Strategic Planning Matrix). Dari hasil penelitian terhadap lingkungan eksternal perusahaan menunjukkan bahwa kelima elemen bersaing Porter hasilnya adalah tinggi. Dari hasil analisis Porter ini kemudian dibandingkan dengan masing-masing karakteristik pasar yang ada dan diketahui bahwa struktur pasar dari industri keripik buah adalah pasar monopolistik. Sedangkan dari hasil analisis benchmarking, CV. Kajeye Food Malang dengan dua kompetitor yaitu Kanekane dan Applecious menunjukkan keripik apel SoKressh masih kalah dalam beberapa aspek dengan total skor sebesar 3,088, dan untuk Kane-kane serta Applelicious masingmasing sebesar 3,116 dan 3,001. Dari hasil matrik TOWS didapatkan delapan alternatif strategi. Dari kedelapan alternatif strategi ini kemudian dilakukan pengambilan keputusan mengenai prioritas strategi menggunakan matrik QSPM dan didapatkan hasil membuat event atau kegiatan kreatif untuk memperkenalkan produk kepada masyarakat menjadi prioritas alternatif strategi yang dapat dilakukan dengan Total Attractivness Score (TAS) sebesar 2,845.

English Abstract

CV. Kajeye Food Malang is a small and medium industry (IKM) produced in the food industry located in Malang. In 2001 CV. Kajeye Food has started to produce apple chips. From the sale of apple chips, CV. Kajeye Food has experienced a decline in the last few years which has been quite influential in the 2016-2017 period. In the city of Malang, there are quite a lot of IKMs, both similar and non-similar industries to CV. Kajeye Food Malang. In 2016-2017 for industries which produced in fruit chips in Malang increased by 2.5%. In addition to these problems, the problem faced is a marketing strategy that is only focused on internal companies such as lack of attention to the product distribution process to partnership outlets and consumers, as well as possible threats that arise from competitors in the industry. In this study, external environment analysis will be carried out using the Porter 's Five Forces Model method, while for internal analysis of the company using benchmarking methods with several competitors that have been determined based on consideration from the CV. Kajeye Food Malang. Benchmarking is done based on the factors of the marketing mix analysis that has been done before. In this study, the data used is data from the results of distributing questionnaires to internal respondents CV. Kajeye Food Malang and consumers of apple chips. From the results of internal and external analysis then a matching process was carried out using the TOWS matrix to be able to bring up alternative strategies. After obtaining several alternative strategies, then the decision making process is carried out related to the priority strategy using the QSPM (Quantitive Strategic Planning Matrix) matrix. From the results of the study of the company's external environment, it shows that the five competing elements of Porter are high. The results of Porter's analysis are then compared with each of the existing market characteristics and it is known that the market structure of the fruit chips industry is a monopolistic market. Whereas from the results of benchmarking analysis, CV. Kajeye Food Malang with two competitors namely Kane-kane and Applecious showed that SoKressh apple chips still lost in several aspects with a total score of 3,088, and for Kane and Applelicious respectively 3,116 and 3,001. The results of the TOWS matrix obtained eight alternative strategies. Of the eight alternative strategies, then a decision is made regarding the priority of strategies using the QSPM matrix and the results of creating events or creative activities to introduce products to the public are a priority strategic alternative that can be done with a Total Attractivness Score (TAS) of 2.845.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2018/1187/051900137
Uncontrolled Keywords: Benchmarking, Matrik QSPM, Matrik TOWS, Porter’s Five Forces Model, Strategi Pemasaran Benchmarking, Marketing Strategy, Porter’s Five Forces Model, TOWS matrix, QSPM matrix
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 12 Jun 2019 01:07
Last Modified: 21 Mar 2022 07:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162814
[thumbnail of Galih Amar Wiranata.pdf] Text
Galih Amar Wiranata.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (26kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (12kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (4kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_small] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (1kB)

Actions (login required)

View Item View Item