Produksi Emisi Gas Karbon Monoksida (CO) Akibat Aktivitas Transportasi Pada Ruas Jalan Panji Suroso Kota Malang

Pradana, Nurief Agusta (2018) Produksi Emisi Gas Karbon Monoksida (CO) Akibat Aktivitas Transportasi Pada Ruas Jalan Panji Suroso Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pertumbuhan arus lalu lintas di Kota Malang mengalami pertumbuhan kendaraan sebesar 15% setiap tahunnya, sehingga menjadi penyebab kenaikan konsentrasi emisi gas CO di udara. Hasil Evaluasi Kualitas Udara Perkotaan tahun 2014 didapatkan bahwa Kota Malang mengalami peningkatan konsentrasi CO pada tahun 2013-2014. Pada tahun 2013 konsentrasi CO masih dikisaran 3000 μg/m3 dan pada tahun 2014 konsentrasi CO sudah hampir mencapai 5000 μg/m3 (Kementrian Lingkungan Hidup, 2014). Pada penelitian ini, ruas jalan yang diteliti adalah ruas Jalan Panji Suroso Kota Malang yang terbagi menjadi 5 segmen. Pemilihan wilayah studi ini dikarenakan jumlah arus lalu lintas paling tinggi, selain itu Jalan Raden Panji Suroso juga merupakan jaringan jalan yang berfungsi sebagai pemecah arus yang tinggi dari Jalan Ahmad Yani, dikarenakan merupakan jalan yang dilalui kendaraan-kendaraan berat dan ruas jalan tersebut merupakan jalan arteri yang terhubung dan sebagai pintu masuk utama bagian Utara Kota Malang berdasarkan Tatanan Transportasi Lokal Kota Malang tahun 2015. Berdasarkan dari hasil laju harian rata-rata, arus lalu lintas pada segmen 1 sebanyak 109.597 unit kendaran bermotor, segmen 2 sebanyak 69.271 unit kendaraan bermotor, segmen 3 sebanyak 65.614 unit kendaraan bermotor, segmen 4 sebanyak 90.014 unit kendaraan bermotor dan pada segmen 5 sebanyak 85.226 unit kendaraan bermotor. Dari perhitungan produksi emisi dengan menggunakan metode analisis produksi emisi (gram/minggu) yang dikonversikan menjadi 1 tahun (ton/tahun) didapat bahwa produksi emisi pada segmen 1 sebesar 110,39 ton/tahun, segmen 2 sebesar 71,63 ton/tahun, segmen 3 sebesar 81,80 ton/tahun, segmen 4 sebesar 156,81 ton/tahun dan segmen 5 sebesar 178,91 ton/tahun. Berdasarkan kriteria batas polutan penting yang ditetapkan oleh New Jersey Departement of Environmental Protection, bahwa segmen 1, segmen 3 dan segmen 5 membutuhkan prakiraan dampak kualitas udara karena produksi emisi yang dihasilkan melebihi 100 ton/tahun. Rekomendasi yang dapat dilakukan dalam upaya pengurangan emisi gas karbon monoksida (CO) kendaraan bermotor pada ruas Jalan Panji Suroso berdasarkan variabel arus lalu lintas, panjang jalan dan faktor emisi yaitu manajemen lalu lintas untuk sepeda motor, pembatasan kendaraan masuk, peningkatan kualitas dan kuantitas angkutan kota, soalisasasi perilaku ramah lingkungan dengan menggunakan transportasi ramah lingkungan seperti sepeda, pengalihan arus lalu lintas bagi kendaraan berat dan angkutan barang, penggunaan bahan bakar bensin dan solar diganti pertalite dan bio sola, memperbanyak ruang terbuka hijau dan jalur hijau, peningkatan pengawasan bagi kendaraan bermotor harus memiliki surat ijin layak jalan.

English Abstract

The traffic flow in Malang City experiences vehicle growth of 15% every year, so that it causes of the increase in the concentration of CO gas emissions in the air. The results of the Urban Air Quality Evaluation 2014 found that Malang City experienced an increase in CO concentration in 2013-2014. In 2013 the CO concentrations were still around 3000 μg/m3 and in 2014 the CO concentrations almost reached 5000 μg/m3 (Ministry of Environment, 2014) In this study, the road section studied was Panji Suroso Malang city roads which was divided into 5 segments. The selection of this study area is due to the highest number of traffic flows, besides that Raden Panji Suroso roads is also a road network that has functions as a high flows breaker from Ahmad Yani roads, because it is a road that is passed by heavy vehicles and it is arterial road that connected and as the main entrance to the northern part of Malang City based on the Malang City Local Transportation Order 2015. Based on the results of the average daily rate, traffic flow for segment 1 is 109.597 motorized vehicle units, for segment 2 is 69.271 motorized vehicle units, for segment 3 is 65.614 motorized vehicle units, for segment 4 is 90.014 motorized vehicle units and for segment 5 is 85.226 motorized vehicle units. From the calculation of emission production by using the emission production analysis method (gram / week) which is converted into 1 year (tons / year), it is found that the emission production in segment 1 was 110.39 tons/year, segment 2 was 71.63 tons/year, segment 3 was 81.80 tons/year, segment 4 was 156.81 tons/year and segment 5 was 178.91 tons/year. based on important pollutant boundary criteria set by the New Jersey Department of Environmental Protection, that segment 1, segment 3 and segment 5 require an estimate of the impact of air quality because the production of emissions produced exceeds 100 tons/year. Recommendations that can be made in an effort to reduce carbon monoxide (CO) gas emissions of motor vehicles on the Panji Suroso segment road based on traffic flow variables, road length and emission factors that is traffic management for motorbikes, restrictions on vehicle entry, improvement in quality and quantity of city transportation , socialization of friendly environment behavior by using friendly environment transportation such as bicycles, the transfer of traffic flow for heavy vehicles and freight transport, the use of gasoline and diesel fuel replaced by pertalite and bio-diesel, increasing green open space and green lines, and increasing supervision for motorized vehicles that must have a roadworthy license.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2018/1152/051900102
Uncontrolled Keywords: Arus Lalu Lintas, Emisi, Gas CO. traffic flows, emmissions, CO gas.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 628 Sanitary engineering > 628.5 Pollution control and industrial sanitation > 628.53 Air pollution
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 09 Apr 2019 02:28
Last Modified: 28 Oct 2021 03:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162738
[thumbnail of Nurief Agusta Pradana.pdf]
Preview
Text
Nurief Agusta Pradana.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item