Inovasi Pengembangan Industri Kreatif Melalui Forum Komunitas Malang Creative Fusion (MCF) (Studi pada Jejaring Komunitas Malang Creative Fusion (MCF) di Kota Malang)

Buchari, Septyan Eka (2018) Inovasi Pengembangan Industri Kreatif Melalui Forum Komunitas Malang Creative Fusion (MCF) (Studi pada Jejaring Komunitas Malang Creative Fusion (MCF) di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kota Malang termasuk salah satu kota di Indonesia yang sedang mengembangkan sektor ekonomi kreatif, dibantu oleh beberapa peran stakeholder terus berupaya untuk mengembangkan ekonomi kreatif di Kota Malang dengan program-program kegiatan serta pengembangannya. Hal ini dibuktikan dengan adanya data statistik para pelaku industri kreatif di Kota Malang yang terus meningkat. Salah satu pengembangan yang ditujukan untuk menyambut keberlangsungan ekonomi kreatif adalah dengan dibentuknya forum komunitas MCF sebagai wadah penguatan untuk lebih memfokuskan pengembangan ekonomi kreatif di semua sub sektor yang ada di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang berlokasi di Kota Malang, sedangkan situsnya berada di RKB Kota Malang. Penelitian ini menggunakan sumber data primer yang diperoleh dari wawancara dengan beberapa informan, sumber data sekunder diperoleh dari dokumen-dokumen yang saling berhubungan dengan fokus penelitian. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan instrumen penelitiannya adalah peneliti sendiri yang dibantu oleh beberapa alat penunjang seperti pedoman wawancara, buku saku kecil, dan kamera handphone peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bentuk-bentuk inovasi yang dilakukan dalam pengembangan industri kreatif melalui forum komunitas MCF adalah inovasi produk, sistem dan metode pemasaran. Terjadinya inovasi pengembangan industri kreatif melalui forum komunitas MCF tidak terlepas dari ketiga unsur, yakni: kepribadian, orisinalitas, dan makna. Manfaat dari adanya inovasi pengembangan industri kreatif melalui forum komunitas MCF dapat ditinjau dari 2 aspek besar yakni ekonomi maupun sosial. Adapun manfaat jika tinjau dari aspek ekonomi yakni: adanya perluasan jaringan pemasaran, penciptaan lapangan usaha, dan penciptaan nilai tambah suatu produk. Manfaat yang dapat ditinjau dari aspek sosial yakni: adanya peningkatan kualitas hidup, pelestarian nilai-nilai lokal, dan peningkatan toleransi sosial. Penulis menyarankan, bahwa MCF perlu mensosialisasikan keberadaan dan peran mereka kepada seluruh elemen masyarakat di Kota Malang, menguatkan koordinasi dengan para anggota internal maupun jejaring, memaksimalkan sinergitas dengan para stakeholder yang terlibat untuk mempercepat akselerasi pengembangan industri kreatif di Kota Malang.

English Abstract

Malang City is one of the cities in Indonesia that is developing creative economy sector, assisted by several stakeholder roles that continually strive to develop creative economy in Malang City with its activities and development programs. It is evidenced by statistical data of creative industry subjects in Malang City is increasing. One of the developments aimed at welcoming sustainability of creative economy is the establishment of MCF community forum as a strengthening container to focus more on creative economy development in all sub sectors in Malang City. This research uses descriptive research type with qualitative approach located in Malang City, whereas the site is in RKB Malang. This research uses primary data sources obtained from interviews with several informants, secondary data sources obtained from documents that are interconnected with the research focus. Data collection techniques were obtained through interviews, observation, and documentation. While the research instrument is the researcher himself who is assisted by some supporting tools such as interview guides, small pocket books, and researcher’s hand-phone camera. The results of the research show forms of innovation undertaken in creative industry development through the MCF community forum are product innovation, system, and marketing method. The innovation of creative industry through MCF community forum is inseparable from three factors, namely personality, originality, and meaning. The advantages of innovative creative industry development through MCF community forum can be viewed from 2 major aspects, namely economic and social. The advantage if viewed from the economy aspect are: the expansion of marketing network, business field creation, and the creation of value of a product. The advantage that can be reviewed from the social aspect are: improvement of quality of life, preservation of local values, and the improvement of social tolerance. Author suggest that MCF needs to socialize the existence and role to all elements of society in Malang City, strengthen coordinator with internal member as well as network, maximize synergy with the stakeholders involved to accelerate the development of creative industry in Malang City.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/478/051807115
Uncontrolled Keywords: Inovasi, Ekonomi Kreatif, Industri Kreatif, Forum Komunitas Malang Creative Fusion (MCF).- Inovation, Creative Economy, Creative Industry, Malang Creative Fusion (MCF) Community Forum.
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.6 Organization of production > 338.64 Size of enterprises > 338.642 Small business
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 05 Apr 2019 07:33
Last Modified: 25 Oct 2021 06:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162722
[thumbnail of Septyan Eka Buchari.pdf]
Preview
Text
Septyan Eka Buchari.pdf

Download (66MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item