Pengaruh Orientasi Fashion terhadap Pembelian Kompulsif (Survei pada Wanita Pengguna Muslim Fashion di Kota Jakarta)

Wardani, Ajeng (2018) Pengaruh Orientasi Fashion terhadap Pembelian Kompulsif (Survei pada Wanita Pengguna Muslim Fashion di Kota Jakarta). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Jakarta meupakan salah satu wilayah metropolitan terbesar di Asia Tenggara dan juga sebagai pusat bisnis yang memiliki banyak pusat perbelanjaan terutama produk Fashion. Fashion hijab cukup memberikan kontribusi bagi Indonesia. Indonesia merupakan salah satu Negara dengan tingkat konsumsi produk fashion hijab yang tinggi dan berada diposisi kelima menurut State of the Global Islamic Economy Report tahun 2015-2016. Nilai ekspor fashion muslim Indonesia diperkirakan berada di posisi ketiga terbesar setelah bangladesh. Konsumsi domestik fashion hijab di Indonesia mencapai 1,8 ton pada tahun 2017. Tingginya industri tersebut menggambarkan tingginya tingkat pembelian kompulsif wanita berhijab di Kota Jakarta, namun pengaruh sebuah fashion dan pembelian kompulsif produk fashion pada diri seseorang tentu memiliki perbedaan, hal tersebut dapat dilihat sebuah pengaruh orientasi fashion pada diri wanita berhijab terhadap sebuah keputusan pembelian yang kompulsif. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian berjudul “Pengaruh Orientasi Fashion terhadap Pembelian Kompulsif (Survei pada Wanita Pengguna Muslim Fashion di Kota Jakarta)” Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research atau eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel sebanyak 152 orang responden yang merupakan wanita berhijab di kota Jakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Insidental sampling. Metode pengumpulan data dengan cara menyebar kuesioner dan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Orientasi Fashion yang diukur menggunakan Fashion Leadership, Fashion Interest, Importance of Being Well Dressed memiliki pengaruh positif dan signifikan, sedangkan Anti-Fashion Attitude memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap Pembelian Kompulsif

English Abstract

Jakarta is one of biggest metropolitan city in Southeast Asia and as a central business distric especially fashion products. Hijab fashion giving contribution for Indonesia. Consumption hijab fashion in Indonesia is on fifth position according to Global Islamic Economy Report 2015-2016. Domestic consumption in Indonesia reached for 1,8 ton on 2017. Fashion Orientation in every women certainly different, it can be seen through the effect of Fashion Orientation on women’s hijab towards Compulsive Buying. Therefore, researchers interested in conducting research entitled “Pengaruh Orientasi Fashion terhadap Pembelian Kompulsif (Survei pada Wanita Pengguna Muslim Fashion di Kota Jakarta)”. The type of research used is explanatory research with quantitative approach. The sample used is as much as 152 respondents who are women using hijab in Jakarta. Sampling technique in this research is using insidental sampling. Data collection method in this research is by using questionnaires and data analysis is multiple linear analysis. The results of this research finds that Fashion Orientation as measured by Fashion Leadership, Fashion Interest, Importance of Being Well Dressed has a positive and significant, and Anti-Fashion attitude has a negative and significant towards Compulsive Buying.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/461/051807098
Uncontrolled Keywords: Orientasi Fashion, Pembelian Kompulsif, Fashion Hijab kota Jakarta.-Fashion Orientation, Compulsive Buying, Women’s Hijab in Jakarta
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 3 Consumer attitudes, preferences, reactions
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 12 Jun 2019 03:51
Last Modified: 25 Oct 2021 02:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162655
[thumbnail of Ajeng Wardani.pdf]
Preview
Text
Ajeng Wardani.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item