Perencanaan Strategi Pemasaran Produk Keripik Kentang pada Agronas Gizi Food

Arifin, Azizah Aini (2018) Perencanaan Strategi Pemasaran Produk Keripik Kentang pada Agronas Gizi Food. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Agronas Gizi Food merupakan suatu UMKM di Kota Batu yang menjual berbagai produk keripik dimana keripik kentang sebagai produk utama yang diproduksi. Sedangkan produk keripik nangka, keripik apel, dan beberapa keripik lain merupakan produk sampingan karena Agronas Gizi Food hanya melakukan pengemasan kembali (repackaging). Seiring berjalannya waktu, pemain usaha di bidang pengolahan keripik kentang semakin banyak sehingga meningkatkan persaingan. Selain bersaing dengan pemain usaha sejenis, persaingan dengan produk substitusi juga menjadi tantangan Agronas Gizi Food. Persaingan yang semakin ketat tentunya berpengaruh pada perubahan pangsa pasar yang dikuasai oleh masing-masing UMKM. Pada tahun 2008, pangsa pasar Agronas Gizi Food sebesar 6,3% sedangkan pada tahun 2017 Agronas Gizi Food mempunyai pangsa pasar 7%. Data tersebut menunjukkan bahwa pangsa pasar yang mampu dikuasai oleh Agronas Gizi Food hanya meningkat 0,7% dalam rentang tahun 2008 hingga 2017. Di sisi lain, pemilik Agronas Gizi food menginginkan usahanya untuk lebih maju dan produk Agronas Gizi Food mampu menguasai pasar yang lebih besar ditengah persaingan usaha bidang makanan yang semakin kuat. Oleh karena itu, diperlukan penyusunan strategi pemasaran yang tepat sesuai dengan faktor internal dan eksternal Agronas Gizi Food sehingga dapat meningkatkan pangsa pasar dan menjadi panduan dalam memasarkan produk Agronas Gizi Food. Dalam penelitian ini akan dilakukan tiga tahap perumusan strategi yaitu input stage dimana dilakukan identifikasi faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi proses bisnis Agronas Gizi Food dengan menggunakan matriks evaluasi faktor internal (IFE) dan faktor eksternal (EFE), kemudian matching stage dengan menggunakan matriks internal eksternal (IE) dan SWOT untuk menyusun strategi alternatif yang sesuai dengan faktor internal dan eksternal hasil input stage, dan yang terakhir yaitu decision stage menggunakan tools Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) untuk menentukan prioritas strategi yang dapat dipilih oleh Agronas Gizi Food. Hasil penelitian, total skor matriks IFE adalah 2,57 dan skor total matriks EFE adalah 3,31. Skor ini menentukan posisi perusahaan di kuadran 2 (grow and build) pada matriks IE. Strategi yang tepat untuk perusahaan adalah strategi intensif dan strategi integrasi. Sedangkan pada hasil penyusunan matriks SWOT diperoleh 8 strategi. Setlah dilakukan pencocokan matriks IE dan matriks SWOT pada matching stage, strategi alternatif yang dipilih adalah penetrasi pasar, pengembangan pasar dan pengembangan produk. Hasil dari decision stage menggunakan matriks QSP berupa urutan prioritas strategi yang dapat diterapakan oleh Agronas Gizi Food yaitu penetrasi pasar, pengembangan produk dan pengembangan pasar.

English Abstract

Agronas Gizi Food is a micro, small and medium enterprises (MSMEs) in Batu City that sells various chips where potato chips are the main product produced. While jackfruit chips, apple chips, and some other chips are byproducts because Agronas Gizi Food only repackaging. Over time, more and more business players in the processing of potato chips increase competition. In addition to competing with similar business players, competition with substitute products is also a challenge for Agronas Gizi Food. Increasingly tight competition certainly influences changes in market share by each MSMEs. In 2008, Agronas Gizi Food’s market share was 6.3% while in 2017 Agronas Gizi Food had a 7% market share. The data shows that the market share of Agronas Gizi Food only increased 0.7% in the range of 2008 to 2017. On the other hand, the owner of Agronas Gizi food wants his business to be more advanced and Agronas Gizi Food products are able to get a larger market among the increasingly strong competition in the food sector. Therefore, it is necessary to develop appropriate marketing strategies in accordance with the internal and external factors of Agronas Gizi Food business so that it can increase market share and become a guide in marketing Agronas Gizi Food products. In this study three stages of strategy formulation will be carried out, namely the input stage where identification of internal and external factors that affect the business process of Agronas Gizi Food by using an internal factor evaluation (IFE) matrix and external factors evaluation (EFE) matrix, then matching stage using an external internal (IE) matrix and SWOT to develop alternative strategies that are in line with the internal and external input stage results, and the last is the decision stage using Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) tools to determine strategy priorities that can be chosen by Agronas Gizi Food. The results of the study, the total score of the IFE matrix is 2.57 and the total score of the EFE matrix is 3.31. This score determines the company's position in the grow and build quadrant in IE matrix. While the results of SWOT matrix obtained 8 strategies. After matching the IE matrix and SWOT matrix in matching stage, the alternative strategies chosen were market penetration, market development and product development. The results of the decision stage use the QSP matrix in the form of a priority sequence of strategies that can be applied by Agronas Gizi Food, namely market penetration, product development and market development.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2018/1066/051811723
Uncontrolled Keywords: Agronas Gizi Food, Matriks (EFE, IE, IFE, SWOT, QSP), Strategi pemasaran, UMKM Agronas Gizi Food, Matrix (EFE, IE, IFE, SWOT, QSP), Marketing Strategy, MSMEs
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 14 Jan 2019 06:47
Last Modified: 14 Mar 2022 01:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162626
[thumbnail of Azizah Aini Arifin.pdf] Text
Azizah Aini Arifin.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (14kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (6kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (2kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_small] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (1kB)

Actions (login required)

View Item View Item