Analisis Dampak Pengembangan Kepariwisataan Dalam Menunjang Keberlanjutan Ekonomi dan Sosial Budaya Lokal Masyarakat (Studi Pada Desa Wisata Gubugklakah, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang)

Febriana, Yusrisa Ekka (2018) Analisis Dampak Pengembangan Kepariwisataan Dalam Menunjang Keberlanjutan Ekonomi dan Sosial Budaya Lokal Masyarakat (Studi Pada Desa Wisata Gubugklakah, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Desa Wisata Gubugklakah dibentuk pada Tahun 2010 dan pada saat ini telah ditetapkan sebagai desa wisata unggulan secara resmi dalam RIPPDA (Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah) Kabupaten Malang. Pada saat ini, banyak daerah yang telah melakukan studi banding di Desa Wisata Gubugklakah karena keberhasilan desa dalam menarik kunjungan wisatawan. Desa Wisata Gubugklakah juga telah memperoleh banyak penghargaan, salah satu penghargaan yang diterima pada Tahun 2017 adalah sebagai Environmental Conservation dalam Indonesia Sustainable Tourism Award 2017. Penghargaan ini diperoleh karena pengembangan kepariwisataan yang berbasis masyarakat dan timbulnya masalah sampah, sehingga pemerintah desa telah membuat strategi pengelolaan lingkungan. Dalam pengembangan pariwisata berkelanjutan, aspek sosial budaya dan ekonomi juga perlu untuk diperhatikan oleh stakeholder terkait. Keberlanjutan pariwisata penting bagi Desa Wisata Gubugklakah sebagai upaya menjaga potensi dan daya tarik yang dimiliki untuk kesejahteraan masyarakat dan keberlangsungan desa wisata. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif sebagai upaya menghasilkan informasi yang mendalam untuk menyelesaikan permasalahn yang timbul. Rumusan masalah yang dikaji oleh peneliti yaitu: (1) Bagaimanakah perubahan yang terjadi sebagai dampak pengembangan kepariwisataan di Desa Wisata Gubugklakah dalam perekonomian masyarakat? (2) Bagaimanakah perubahan yang terjadi sebagai dampak pengembangan kepariwisataan di Desa Wisata Gubugklakah dalam sosial budaya lokal? (3) Bagaimanakah strategi pengembangan kepariwisataan di Desa Wisata Gubugklakah dalam menunjang keberlanjutan perekonomian dan sosial budaya lokal? Sumber data dalam penelitian ini adalah informan dan dokumen, sedangkan jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah observasi, wawancara, dan dokumen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat dampak positif dan dampak negatif dalam perekonomian dan sosial budaya masyarakat desa. Dampak positif dalam perekonomian masyarakat lebih nampak jika dibandingkan dengan dampak negatif. Dalam sosial budaya lokal, dampak negatif lebih nampak jika dibandingkan dengan dampak positif yang timbul. Peneliti memberikan saran kepada stakeholder terkait untuk melakukan strategi-strategi baru dalam pengembangan ekonomi dan sosial budaya lokal masyarakat, agar mendukung adanya keberlanjutan kepariwisataan di Desa Wisata Gubugklakah.

English Abstract

Gubugklakah Tourism Village was established on 2010 and at this time has been designated as the leading tourist village officially in RIPPDA (Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah) Malang Regency. Many regions have conducted comparative studies in Gubugklakah Tourism Village because of the success of the village in attracting tourists. Gubugklakah Tourism Village has also received many awards, one of the awards received in 2017 as Environmental Conservation in Indonesia Sustainable Tourism Award 2017. This award was obtained because of the development of community-based tourism and the emergence of waste problems, so the village government has made environmental management strategies . In the sustainable tourism development, socio-cultural and economic aspects also need to be considered by stakeholders. Tourism sustainability was important for Gubugklakah Tourism Village as an effort to preserve the potential and attractiveness for community wellbeing and the sustainability of the tourism village. This research used descriptive research method with qualitative approach as an effort to generate deep information to solve the problems that arise. The problem formulations studied by the researchers are: (1) How is the change that occurred as the impact of tourism development in the Gubugklakah Tourism Village in the economic of the community? (2) How is the change occurring as the impact of tourism development in Gubugklakah Tourism Village in local social culture? (3) How is the tourism development strategy in Gubugklakah Tourism Village supporting local economic and socio-cultural sustainability? Sources of data in this study are informants and documents, while the type of data used was primary data and secondary data. Data collection techniques used by researchers are observation, interviews, and documents. The results of this study indicate that there are positive impacts and negative impacts in the economy and social culture of rural communities. Positive impacts in the economy aspects are more visible when compared to negative impacts. In local social culture, negative impacts are more visible when compared to the positive impacts that arise. The researcher advise to stakeholders to undertake new strategies in local economic and socio-cultural development of the community, in order to support the sustainability of tourism in Gubugklakah Tourism Village.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/751/051809168
Uncontrolled Keywords: dampak pariwisata, desa wisata, keberlanjutan kepariwisataan- impact of tourism, tourism village, tourism sustainability
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.4 Secondary industries and services > 338.47 Services and specific products > 338.479 1 Services and specific products (Geography and travel)
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 09 Jan 2019 07:26
Last Modified: 25 Oct 2021 08:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162496
[thumbnail of Yusrisa Ekka Febriana.pdf]
Preview
Text
Yusrisa Ekka Febriana.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item