Pengaruh Pemasaran Media Sosial Terhadap Brand Awarenness Pada Produk Internasional (Studi Pada Komunitas Xiaomi Indonesia)

Febriyan, Firman (2018) Pengaruh Pemasaran Media Sosial Terhadap Brand Awarenness Pada Produk Internasional (Studi Pada Komunitas Xiaomi Indonesia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sejak munculnya media sosial, pemasaran telah secara dramatis mengubah dari yang menggunakan iklan di brosur, televisi, koran, dan lain lain ke bentuk yang lebih modern dengan konten digital. Meningkatnya brand awareness merupakan salah satu output yang ditargetkan oleh para pemasar. Jenis penelitian yang digunakan dalan penelitian ini adalah explanatory research dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini bertujuan unutk menganalisis pengaruh variabel dari pemasaran media sosial terhadap brand awareness konsumen terhadap merk Xiaomi. Populasi dan sampel dari penelitian ini terdiri dari 101 responden yang tergabung dalam Komunitas Xiaomi Indonesia. Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini adalah variabel customer engagement, viral marketing, buzz marketing, peer influence, dan online communities mempengaruhi brand awareness konsumen terhadap produk Xiaomi. , hal ini terjadi melalui perhitungan uji F atau uji secara simultan. Diketahui bahwa berdasarkan penghitungan uji F, signifikansi dari penelitian ini memiliki nilai 0.000. Variabel buzz marketing dan variabel online communities dalam pemasaran media sosial mempunyai pengaruh tetapi tidak signifikan terhadap Brand Awareness, hal ini dapat diketahui dari pengujian uji t (pengujian secara parsial) dengan masing nilai t signifikan dari buzz marketing sebesar 0,018 dan nilai t signifikan dari online communities sebesar 0,000. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada Xiaomi untuk dapat memaksimalkan peran media sosial sebagai media promosi produk untuk membangun brand awareness dari konsumen agar konsumen yang menggunakan media sosial mengetauhi produk dari Xiaomi.

English Abstract

Since the advent of social media, marketing has dramatically changed from using advertisements in brochures, television, newspapers, and more to more modern forms with digital content. Increased brand awareness is one of the outputs targeted by marketers. The type of research used in this research is explanatory research using quantitative approach. This study aims to analyze the influence of variables of social media marketing on consumer brand awareness of Xiaomi brand. The population and sample of this study consisted of 101 respondents who joined in Xiaomi Indonesia Community. Analytical techniques used in this study is to use multiple linear regression. The result of this research is customer engagement, viral marketing, buzz marketing, peer influence, and online communities influencing consumer awareness of Xiaomi product. , this occurs through the calculation of the F test or the test simultaneously. It is known that based on F test calculation, the significance of this research has a value of 0.000. Variable buzz marketing and online communities variables in social media marketing have influence but not significant to Brand Awareness, it can be known from t test test (partial test) with each significant t value of buzz marketing equal to 0,018 and significant t value from online communities of 0,000. This research provides recommendations to Xiaomi to be able to maximize the role of social media as a product promotion media to build brand awareness from consumers so that consumers who use social media know products from Xiaomi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/601/051808358
Uncontrolled Keywords: Pemasaran media sosial, customer engagement, viral marketing, buzz marketing, peer influence, dan online communities, brand awareness-Social media marketing, customer engagement, viral marketing, buzz marketing, peer influence, dan online communities, brand awareness
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 14 Jan 2019 06:44
Last Modified: 25 Oct 2021 06:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162479
[thumbnail of Firman Febriyan.pdf] Text
Firman Febriyan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (16kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (7kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (2kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_small] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (1kB)

Actions (login required)

View Item View Item