Penerapan Blue Ocean Strategy (BOS) dalam Usaha Memasuki Pasar Internasional (Studi pada UMKM Pricilla Jilbab Bolak Balik)

Arifin, Sarah Melinda (2018) Penerapan Blue Ocean Strategy (BOS) dalam Usaha Memasuki Pasar Internasional (Studi pada UMKM Pricilla Jilbab Bolak Balik). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pricilla Jilbab Bolak Balik merupakan UMKM yang bergerak di bidang fashion busana muslim. Berdiri pada tahun 2014 di Malang, Pricilla berfokus pada penciptaan produk yang inovatif dan multifungsi. Seiring berjalannya waktu, perusahaan ini telah mampu mencapai pasar internasional melalui agennya. Penetapan visi Pricilla adalah dengan menjunjung tinggi nilai sosial baik dalam internal maupun eksternal perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui lingkungan eksternal dan internal pada Pricilla Jilbab Bolak Balik, (2) Mengetahui analisis bisnis blue ocean strategy dalam menciptakan inovasi produk pada Pricilla Jilbab Bolak Balik, (3) Mengetahui penerapan blue ocean strategy pada Pricilla Jilbab Bolak Balik dalam menciptakan dan memperluas pasar internasional, (4) Mengetahui keberlanjutan penerapan blue ocean strategy di Pricilla Jilbab Bolak Balik. Hasil penelitian ini memberikan fakta bahwa Pricilla merupakan perusahaan yang mengutamakan nilai sosial dalam perekrutan pekerja, dan menggunakan nilai sosial dalam penjualan produk. Fakta selanjutnya adalah Matriks Grand Strategi dan Kanvas Strategi Pricilla menunjukkan kemampuan perusahaan untuk mulai memperluas pasar dan memberikan variasi produk, namun hal tersebut belum sepenuhnya dilaksanakan karena diperlukan penguatan pada satu segmen pasar terlebih dahulu. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah formulasi blue ocean yang diterapkan Pricilla berfokus pada research and development perusahaan dalam menciptakan inovasi nilai. Research and development Pricilla menjadi kunci kesuksesan dalam memperbarui strategi blue ocean-nya melalui divergensi produk. Selain itu, perusahaan masih seringkali terjebak dalam red ocean saat berusaha mengalahkan pesaing.

English Abstract

Pricilla Jilbab Bolak Balik is a SME (Small and Medium-sized Enterprise) in the field of Muslim fashion. Established in 2014 in Malang, Pricilla take focus on create an innovative and multifunction products. As time goes by, this company has been able to reach international markets through its agent. Pricilla’s vision is to uphold the social value both internally and externally. The aims of this study are (1) Knowing the external and internal environment of Pricilla Jilbab Bolak Balik (2) To analyze blue ocean strategy of Pricilla Jilbab Bolak Balik in creating product’s innovation (3) Knowing the application of blue ocean strategy of Pricilla Jilbab bolak balik in creating and expanding international market, (4) Knowing the implementation’s sustainability of blue ocean strategy in Pricilla Jilbab Bolak Balik. The results of this study provide the fact that Pricilla is a company that provides social value in the workers’s recruitment, and use the social value in its sales of product. The next fact is Grand Strategy Matrix and Pricilla’s Canvas Strategy shows the company's ability to start expanding markets and delivering product variations, but it has not been fully implemented because the company needs to strengthening in one market segment first. The conclusion obtained in this research is Pricilla’s formulation of blue ocean take focus on company’s Research and Development in creating value innovation. Pricilla’s Research and Development is the key to success in reform its blue ocean strategy through divergence of products. In addition, companies are still often trapped in red ocean when trying to beat competitors.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/843/051810089
Uncontrolled Keywords: Strategi, Samudra Biru, Pengembangan UMKM, Pasar Internasional-Strategy, Blue Ocean, SME Development, International Market
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 01 Apr 2019 02:26
Last Modified: 25 Oct 2021 06:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162465
[thumbnail of Sarah Melinda Arifin.pdf] Text
Sarah Melinda Arifin.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (19kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (7kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (2kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_small] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (1kB)

Actions (login required)

View Item View Item