Analisis Perceptual Mapping Pada Merek Sepatu Vans (Studi Pada Konsumen Sepatu Laki-Laki di Kota Semarang dan Yogyakarta)

Ikhsan, Yanuar Rahmat (2018) Analisis Perceptual Mapping Pada Merek Sepatu Vans (Studi Pada Konsumen Sepatu Laki-Laki di Kota Semarang dan Yogyakarta). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis positioning merek sepatu Vans dan pesaingnya dalam merek-merek sepatu laki-laki yang ada di kota Semarang dan Yogyakarta berdasarkan atributnya. Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Indikator yang digunakan dalam penelitian ini adalah Atribut, Buying Preference, dan Brand Awareness.Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Perceptual Mapping. Kriteria populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang melakukan pembelian sepatu dalam dua tahun terakhir, responden yang berdomisili di kota semarang da Yogyakarta dan berjenis kelamin laki-laki. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner kepada seratus lima puluh responden dengan jumlah masing-masing tujuh puluh lima kuisioner disebarkan di kota Semarang dan Yogyakarta. Hasil penelitin ini memberikan gambaran peta persepsi konsumen yang memperlihatkan merek-merek yang saling berdekatan atau berjauhan. Merek-merek yang ada dalam perceptual mapping juga memperlihatkan keunggulan atribut yang dimiliki masing-masing merek berdasarkan kedekatan antar merek dan atirbut. Merek sepatu Vans dipersepsikan memiliki keunggulan atribut jujur/apa adanya dibanding merek lainnya. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa merek sepatu Converse merupakan pesaing terdekat dari merek sepatu Vans. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu merek sepatu Vans mampu bersaing dalam pasar sepatu di Indonesia khusunya di kota Semarang dan Yogyakarta. Merek sepatu Vans dengan atribut unggul yaitu jujur/apa adanya mampu mendapatkan tempat di hati konsumen. Analisis perceptual mapping ini diharapkan dapat menjadi dasar perusahaan untuk melakukan analisis yang mendalam demi tercapainya tujuan perusahaan dan dapat memanfaatkan peluang yang ada sehingga dapat bersaing dengan para kompetitor dan mempertahankan eksistensi perusahaan di pasar Indonesia khususnya di kota Semarang dan Yogykarta

English Abstract

This aims of this study is analyze the positioning of Vans brand shoes and its competitors in men's shoe brands in the city of Semarang and Yogyakarta based on its attributes. This type of research is descriptive research with quantitative approach. Indicator used in this research is Attribute, Buying Preference, and Brand Awareness. Method of analysis used in this research is Perceptual Mapping analysis. The criteria of population in this research is consumer who do purchasing shoes in the last two years, respondents who are domiciled in the city of semarang da Yogyakarta and male sex. The data were collected by distributing questionnaires to one hundred and fifty respondents with the number of each of the seventy-five questionnaires distributed in the cities of Semarang and Yogyakarta. The results of this study provide a map of consumer perceptions that show the brands that are close to each other or far apart. The brands that exist in perceptual mapping also show the superior attributes of each brand based on the proximity between brands and atirbut. Vans brand shoes are perceived to have the advantage of an honest / candid attributes compared to other brands. The results of this study also indicate that the brand of Converse shoes is the closest competitor of the Vans brand shoes. The conclusion obtained in this research is Vans shoes brand able to compete in shoe market in Indonesia especially in Semarang and Yogyakarta city. Brand of Vans shoes with superior attributes that is honest / what it is able to get a place in the hearts of consumers. Perceptual mapping analysis is expected to be the basis of the company to conduct in-depth analysis for the achievement of corporate objectives and can take advantage of existing opportunities so as to compete with the competitors and maintain the existence of companies in the Indonesian market, especially in the city of Semarang and Yogyakarta

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/842/051810088
Uncontrolled Keywords: Pemasaran, Perceptual Mapping , Kesadaran Merek, Buying Preference.-Marketing, Perceptual Mapping, Brand Awareness, Buying Preference
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 2 Consumer behavior
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 02 Jan 2019 08:31
Last Modified: 25 Oct 2021 06:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162450
[thumbnail of Yanuar Rahmat Ikhsan.pdf] Text
Yanuar Rahmat Ikhsan.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (18kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (9kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (2kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_small] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (1kB)

Actions (login required)

View Item View Item