Analysis of Pot Meets Pop’s Marketing Strategy with Perceptual Mapping Approach (Study on Men’s Jeans Consumers in The City of Jakarta)

Pamungkas, Henry (2018) Analysis of Pot Meets Pop’s Marketing Strategy with Perceptual Mapping Approach (Study on Men’s Jeans Consumers in The City of Jakarta). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan persepsi konsumen tentang Pot Meets Pop jeans dan pesaingnya pada industri jeans fashion pria di Kota Jakarta dan (2) menjelaskan strategi yang harus dijalankan oleh Pot Meets Pop jeans berdasarkan seluruh indikator persepsi konsumen. Jenis penelitian ini adalah descriptive research dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah perceptual mapping dengan brand image, buying preference, dan brand awareness sebagai indikatornya. Kriteria sasaran populasi dalam penelitian ini adalah (1) Responden pria berusia 17 - 40 tahun, (2) Responden pria yang memakai produk jeans, (3) Responden pria yang mengetahui merek produk jeans, dan (4) responden pria yang melakukan pembelian produk jeans dalam 12 bulan terakhir. Teknik pengambilan sampel untuk penelitian ini menggunakan purposive sampling dan metode pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner offline kepada 150 responden di Kota Jakarta. Analisis data menggunakan descriptive analysis dan multidimensional scalling (MDS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pot Meets Pop jeans berada pada peringkat kesembilan dari sepuluh merek jeans teratas berdasarkan persepsi konsumen di Kota Jakarta berdasarkan 52 merek jeans menurut pengetahuan responden, tetapi belum memperoleh peringkat teratas pada kategori top of mind, most buying, most favorite, dan brand recall. Pot Meets Pop jeans pada perceptual mapping berada di koordinat 15 pada dimensi 1 dan koordinat 49 pada dimensi 2 yang berada pada kuadran pertama bersamaan dengan H&M dan Wrangler jeans. Ketiga merek ini dipersepsikan oleh konsumen memiliki kesamaan atribut produk serupa yaitu unik, muda, dan keren. Karakteristik konsumen Pot Meets Pop jeans didominasi oleh usia muda sebagai mahasiswa yang berstatus belum menikah dan memiliki pendapatan rumah tangga di bawah dua juta rupiah yang sangat cocok dengan karakteristik pengguna jeans di Kota Jakarta. Melihat dari peta penjualan jeans, menunjukkan bahwa posisi Pot Meets Pop berada paling jauh dari pasar jeans yang ramai dan sangat berbeda dari pasar jeans massal lainnya. Sehingga membuat Pot Meets Pop menjadi a niche market. Perusahaan perlu menerapkan niche market strategy dengan fokus pada pasarnya sendiri untuk memenuhi kebutuhan konsumen dengan lebih baik dan dapat membebankan harga yang besar atas biaya serta mencapai margin tinggi sebagai hasilnya. Pot Meets Pop perlu menyiapkan modal yang lebih besar untuk produksi massal, saluran distribusi yang lebih luas, dan siap bersaing dengan pesaing besar untuk meningkatkan penjualan dan mendominasi pada zona pasar jeans yang ramai.

English Abstract

This research aimed to (1) explaining the customer perception of Pot Meets Pop jeans and its competitors in jeans industry of men’s fashion in Jakarta and (2) explaining the strategy that should be run by Pot Meets Pop jeans based on indicators of customer perception. The type of this research is descriptive research with quantitative approach. The variables of the research are perceptual mapping with brand image, buying preference, and brand awareness as the indicators. The criteria of target population in this research are (1) Men's respondent with 17 – 40 years old, (2) Men’s respondent who wear jeans product, (3) Men’s respondent who know the brand of jeans products, and (4) Men’s respondent who make a purchase of jeans products last 12 months. The sampling technique for this research was using purposive sampling and the data collecting method by distributing offline questionnaire to 150 respondents in the city of Jakarta. Data analysis used descriptive analysis and multidimensional scalling (MDS). The results showed that Pot Meets Pop jeans is ranked in ninth of the top ten jeans brands based on consumer perceptions of jeans in Jakarta from 52 jeans brand according to respondent knowledge, but has not gained top rank in top of mind, most buying, most favorite, and brand recall categories. Pot Meets Pop jeans on the perceptual mapping is at coordinate 15 in dimension 1 and coordinates 49 in dimension 2 where in first quadrant along with H&M and Wrangler jeans. These three brands are perceived by consumers to have similarities or similar product attributes of unique, young, and cool. Characteristics of Pot Meets Pop jeans consumers is dominated by young age as a student who has unmarried status and has household income under two million rupiah that very suitable with jeans consumers characterictics in Jakarta. Looking from sales jeans map, shows that the position Pot Meets Pop is farthest away from the crowded jeans market and very different from other mass jeans market. It making Pot Meets Pop into a niche market. It needs to apply niche market strategy with focus in its own market to better meet consumer needs and can charge a substantial price over costs and achieves high margins as the result. Pot Meets Pop needs to prepare larger capital for mass products, wider distribution channels, and be ready to compete with big competitors to increase the sales and dominate in crowded jeans market zone.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/567/051808156
Uncontrolled Keywords: Perceptual Mapping, Marketing Strategy, Men’s Fashion
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 22 May 2019 03:05
Last Modified: 25 Oct 2021 08:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162443
[thumbnail of Henry Pamungkas.pdf]
Preview
Text
Henry Pamungkas.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item