Strategi City Branding Kabupaten Malang “The Heart Of East Java” dalam Rangka Pengembangan Pariwisata Daerah (Studi Pada Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Malang)

Damastuti, Khetimareta Pratungga (2018) Strategi City Branding Kabupaten Malang “The Heart Of East Java” dalam Rangka Pengembangan Pariwisata Daerah (Studi Pada Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Upaya pengembangan daerah baik kota maupun kabupaten di Indonesia melalui cara memasarkan potensi lokal ke mata dunia wajar diperhatikan oleh seluruh stakeholder yang terlibat. Dengan adanya ide atau inovasi yang muncul dan terus berkembang, hal ini memunculkan teori terkait city branding. City Branding “The Heart Of East Java” merupakan salah satu dalam strategi yang digunakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang untuk memasarkan daerahnya dalam rangka pengembangan pariwisata daerah. Penerapan city branding di Kabupaten Malang dianggap perlu dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Malang karena untuk lebih mengenalkan Kabupaten Malang baik secara nasional maupun internasional. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan dibatasi oleh dua fokus penelitian yaitu (1) strategi city branding “The Heart of East Java” Kabupaten Malang dalam pengembangan pariwisata daerah yang terdiri dari pelaksanaan dan dampak strategi city branding Kabupaten Malang “The Heart of East Java” dalam pengembangan pariwisata daerah; (2) faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi strategi city branding Kabupaten Malang “The Heart of East Java” dalam pengembangan pariwisata daerah. Data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi di lapangan. Sedangkan analisa data yang digunakan adalah analisis data model interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan strategi city branding “The Heart of East Java” Kabupaten Malang dalam pengembangan pariwisata daerah sudah berjalan dengan baik meskipun belum maksimal dikarenakan masih adanya masyarakat maupun wisatawan yang belum mengetahui city branding Kabupaten Malang “The Heart of East Java” dan juga masih susahnya akses menuju destinasi wisata yang masih menjadi kendala dalam pengembangan pariwisata daerah. Meskipun berbagai upaya dengan terus digencarkannya pemasaran citra, terus digencarkan pula pemasaran atraksi/daya tarik, terus dilakukannya pengembangan prasarana pendukung pariwisata dan terus dilakukannya pemberdayaan terhadap masyarakat setempat oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang. Dari hasil pelaksanaan strategi city branding ini juga telah mampu memberikan dampak bagi Kabupaten Malang yakni dengan peningkatan jumlah kunjungan wisata, meningkatnya perekonomian masyarakat dan kesejahteraan masyarakat ikut meningkat pula.

English Abstract

Efforts to develop the region both city and district in Indonesia through marketing local potential to the eyes of the world are worth to pay attention to by all stakeholders involved. With the idea or innovation that appears and continues to grow, this brings up the theory related to city branding. City Branding "The Heart of East Java" is one of the strategies used by the Department of Tourism and Culture of Malang Regency to market the region in order to develop regional tourism. Implementation of city branding in Malang Regency is considered necessary by the Government of Malang Regency because to better introduce Malang Regency both nationally and internationally. This research is a descriptive research with qualitative approach and limited by two focus of research which is (1) city branding strategy "The Heart of East Java" Malang Regency in development of regional tourism consisting of implementation and the impact of city branding strategy of Malang Regency "The Heart of East Java "in the development of regional tourism; (2) supporting and inhibiting factors influencing city branding strategy of Malang Regency "The Heart of East Java" in regional tourism development. The data is obtained through observation, interview and documentation on the field. While the data analysis is through Miles, Huberman and Saldana’s interactive data analysis model. The results of this study indicate that the implementation of city branding strategy "The Heart of East Java" Malang Regency in the development of regional tourism has been running well although it is not maximal yet due to the people and tourists who do not know the city branding of Malang Regency "The Heart of East Java" and it also have a difficulty in accessing tourist destinations that are still a constraint in the development of regional tourism. Despite various efforts to intensified the image marketing, the marketing attraction is continue to be done, the development of infrastructure supporters of tourism and the empowerment of local communities by the Department of Tourism and Culture of Malang Regency is also continued to be done. From the results of the implementation of this city branding strategy it has also been able to provide an impact for Malang Regency that is by increasing the number of tourist visits, increasing the economy of society and the welfare of the community will also increases.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/576/051808165
Uncontrolled Keywords: Strategi, City Branding, Pengembangan Pariwisata Daerah- Strategy, City Branding, Regional Tourism Development
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.4 Secondary industries and services > 338.47 Services and specific products > 338.479 1 Services and specific products (Geography and travel)
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 09 Jan 2019 07:04
Last Modified: 22 Feb 2022 02:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162402
[thumbnail of Khetimareta Pratungga Damastuti.pdf]
Preview
Text
Khetimareta Pratungga Damastuti.pdf

Download (46MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item