Inovasi Pelayanan Perizinan Melalui Sistem Informasi Cerdas pelayanan Terpadu untuk Publik (SICANTIK) (Studi Pada Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu kota Balikpapan)

Prayuningtias, Nofemelia (2018) Inovasi Pelayanan Perizinan Melalui Sistem Informasi Cerdas pelayanan Terpadu untuk Publik (SICANTIK) (Studi Pada Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu kota Balikpapan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Inovasi Pelayanan Publik yang berupa sistem informasi pelayanan perizinan oleh Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu kota Balikpapan memiliki tujuan untuk membuat terobosan baru dalam pelaksanaan pelayanan perizinan melalui online. Jadi, dalam proses membuat izin tidak harus dilakukan di DPMPT Kota Balikpapan tetapi juga bisa dilakukan di mana saja karna sistem ini berbasis web. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana inovasi pelayanan publik di DPMPT Kota Balikpapan dan untuk mendeskripsikan serta menganalisis apa saja tantangan dan memberikan inovasi baru dalam inovasi pelayanan publik yang diberikan oleh DPMPT Kota Balikpapan Jenis Penelitian ini yaitu menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan analisis yang dikembangkan Miles dan Huberman (1984) dalam Sugiyono (2014; 91-99) yakni, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengumpulan data menggunakan teknik abservasi, wawancara langsung, dan dokumentasi, kepada pegawai DPMPT Kota Balikpapan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa program inovasi SICANTIK ini adalah sebuah bentuk inovasi berbasis web dengan memberikan bentuk pelayanan baru dalam pengurusan perizinan secara online. Dalam pembentukan inovasi SICANTIK, Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Kota Balikpapan melakukan tahapan-tahapan dalam pelaksanaan sebuah inovasi. Peran Pemerintah Kota Balikpapan sebagai bagian dalam mendukung pelaksanaan inovasi berjalan dengan baik. Namun ada beberapa faktor penghambat dalam pelaksanaan proses inovasi yaitu, anggaran dan sumber daya manusia yang kurang terlatih. Saran yang direkomendasikan antara lain: membutuhkan adanya programmer dan konsultan agar dapat meminimalisir biaya, menjadikan para tenaga ahli memiliki mental serta semangat untuk berinovasi, memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar lebih melek terhadap pemanfaatan teknologi.

English Abstract

Public Service Innovation in the form of licensing service of information system performed by Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu, Balikpapan has a goal to make a breakthrough in the implementation of online licensing services. Therefore, the process of legalization not only can be done in DPMPT Balikpapan but also can be done anywhere because the system is webbased. The purpose of this study is to find out and describe the innovation of public service in DPMPT Balikpapan as well as to describe and analyze what the challenges are and provide new innovations in public service provided by DPMPT Balikpapan. This research uses qualitative research with descriptive approach with analysis developed by Miles and Huberman (1984) in Sugiyono (2014; 91-99) such as data reduction, data presentation, and data verification. Data collection include observation, direct interview, and documentation, to the employee of DPMPT Balikpapan. The result of this research shows that SICANTIK innovation program is a form of web-based innovation by providing a new form of service in licensing management online. In the formation of SICANTIK innovation, Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Kota Balikpapan carried out the stages in the implementation of an innovation. The role of Balikpapan City Government in supporting the implementation of innovation went well. However, there are some limitations in implementing the innovation process, they are lack of budget and human resources. Recommendations are include: require the existence of programmers and consultants in order to minimize costs, encourage the experts to have mentality and spirit to innovate, provide socialization for public to be more aware on the utilization of technology.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/796/051809496
Uncontrolled Keywords: Inovasi, Pelayanan Publik, Sistem Informasi Cerdas Pelayanan Terpadu (SICANTIK)-Innovation, Public Service, Intelligent Integrated Service Information System (SICANTIK)
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.6 Personnel management (Human resource management) > 352.63 Civil service system
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 28 Mar 2019 07:21
Last Modified: 23 Oct 2021 06:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162337
[thumbnail of Nofemelia Prayuningtias.pdf] Text
Nofemelia Prayuningtias.pdf

Download (57MB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (20kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (9kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (2kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_small] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (1kB)

Actions (login required)

View Item View Item