Pengaruh Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ikan Bandeng Untuk Merumuskan Strategi Pemasaran

Ramadhani, Farida Rizkiyah (2018) Pengaruh Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ikan Bandeng Untuk Merumuskan Strategi Pemasaran. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

UD. Multi Sarana Niaga mempunyai kegiatan utama melakukan produksi makanan olahan ikan bandeng. Tujuan dari pemasaran adalah untuk meningkatkan penjualan. Namun pada pemasaran yang dilakukan UD. Multi Sarana Niaga hanya sebatas pengembangan produk. Kurangnya efektifitas bauran pemasaran mengakibatkan jumlah penjualan tahun 2016 dan 2017 tidak mampu mencapai target yang telah ditetapkan. Menghadapi permasalahan tersebut dibutuhkan strategi pemasaran untuk mempengaruhi konsumen agar meningkatkan keputusan pembelian terhadap produk perusahaan. Metode bauran pemasaran dan regresi linear berganda digunakan pada penelitian ini dalam membuat rekomendasi strategi pemasaran untuk mengatasi permasalahan. Pengambilan data dilakukan dengan cara mengumpulkan informasi melalui kuesioner yang disebarkan pada responden. Responden pada penelitian ini merupakan orang-orang yang menjadi konsumen UD. Multi Sarana Niaga dan orang-orang yang bukan konsumen maupun belum mengetahui produk perusahaan. Regresi linear berganda terdapat 2 variabel, variabel bebas yaitu bauran pemasaran dan variabel terikat yaitu keputusan pembelian. Ada 4 variabel dalam bauran pemasaran yaitu variabel produk, harga, tempat dan promosi yang akan dicari hubungannya terhadap keputusan pembelian sehingga dapat ditemukan variabel yang paling dominan dan paling kecil hubungannya. Keempat variabel tersebut akan dilakukan beberapa uji yang meliputi uji asumsi klasik dan analisa regresi sehingga diperoleh persamaan regresi. Keempat variabel tersebut yang nantinya akan menentukan rekomendasi strategi pemasaran perusahaan. Hasil dari penelitian ini adalah dari keempat variabel semua berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan menggunakan nilai α sebesar 0.05, namun variabel harga mempunyai nilai lebih besar dibandingkan variabel yang lainnya yaitu dengan nilai t-test 2.899 dan koefisien sebesar 0.238, sedangkan yang memiliki nilai yang rendah yaitu variabel promosi dengan nilai t-test 2.424 dan koefisein sebesar 0.215. Variabel harga merupakan strategi yang harus diutamakan dan dipertahankan oleh perusahaan. Adapun beberapa rekomendasi strategi pemasaran yang dapat dilakukan dari masing-masing variabel, variabel harga yaitu memberikan diskon sesuai dengan keadaan yang ada maupun sesuatu hal penting yang berhubungan dengan perusahaan, variabel produk yaitu melakukan riset untuk membuat produk baru, variabel tempat yaitu memasarkan produk di pedagang keliling, dan yang terakhir yaitu variabel promosi yaitu bekerja sama dengan pihak tertentu untuk melakukan program belanja.

English Abstract

UD. Multi Sarana Niaga’s main activity is producing processed milkfish food. The purpose of marketing is to increase sales. However, the marketing conducted by the company is limited to the product development. The lack of marketing mix effectiveness resulted in the number of sales in 2016 and 2017 unable to reach the sales target. To solve the problems, it requires marketing strategy to persuade consumers to increase their purchasing decisions on the company's products. The study uses marketing mix and multivariate regression methods to develop recommended strategy to solve the selling problem. In data collection stage, it spreads questionnaries to respondent to collect information about marketing mix and purchasing decisions. Respondents in this study are people who become consumers of UD.Multi Sarana Niaga and people who are not consumers and do not aware the company’s product. There are multiple linear regression 2 variables: dependent variable that is marketing mix and independent variable that is purchasing decision. There are 4 variables in the marketing mix: product, price, place and promotion variables that will be searched. The four variables will be done in several trials of classical analysis and regression analysis. Those four variables will determine the information. The results of this study shows that all of the four variables affecting purchasing decisions by using α value eual to 0.05. However, price variables that have greater value than other variables that is with the value of t-test 2.899 and coefficient of 0.238, whereas the low value of promotional variables with the value of t-test 2.424 and coefficient of 0.215. Price variable is a strategy that should be prioritized and maintained by the company. As for some recommendation of marketing strategys that can be done from each variable, price variable that is giving discount in accordance with existing moments and something important related to company, product variable that is doing research to make new product, place variable that is marketing product in a traveling merchant, and the last one is the promotion variable that is working with certain parties to do the shopping program.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2018/842/051808711
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran, Keputusan Pembelian, Koefiseien Korelasi, Regresi Linear. Marketing Strategy, Marketing Mix, Purchase Decision, Correlation Coefficient, Linear Regression.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 07 Jan 2019 06:57
Last Modified: 09 Mar 2022 01:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162325
[thumbnail of Farida Rizkiyah Ramadhani.pdf] Text
Farida Rizkiyah Ramadhani.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (17kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (7kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (2kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_small] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (1kB)

Actions (login required)

View Item View Item