Pengaruh Atribut Aliansi, Resolusi Konflik, dan Perilaku Komunikasi Terhadap Kesuksesan Strategi Aliansi (Survei pada Agen Tapp Market di Kota Malang)

Bio, Shivani (2017) Pengaruh Atribut Aliansi, Resolusi Konflik, dan Perilaku Komunikasi Terhadap Kesuksesan Strategi Aliansi (Survei pada Agen Tapp Market di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh Atribut Aliansi, Resolusi Konflik, dan Perilaku Komunikasi secara simultan dan parsial terhadap Kesuksesan Strategi Aliansi. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Variabel pada penelitian ini terdiri dari Atribut Aliansi, Resolusi Konflik, Perilaku Komunikasi, dan Kesuksesan Strategi Aliansi. Populasi penelitian ini adalah agen Tapp Market yang berada di Kota Malang yang sudah beraliansi selama satu tahun atau lebih, dan aktif bertransaksi dengan pembeli selama satu tahun atau lebih. Penentuan jumlah sampel penelitian ini menggunakan purposive sampling. Kuesioner digunakan sebagai instrumen pengumpulan data dari 142 sampel penelitian. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan uji F variabel bebas Atribut Aliansi, Resolusi Konflik, dan Perilaku Komunikasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Kesuksesan Strategi Aliansi. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel Atribut Aliansi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Kesuksesan Strategi Aliansi, variabel Resolusi Konflik secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Kesuksesan Strategi Aliansi, dan variabel Perilaku Komunikasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Kesuksesan Strategi Aliansi. Hasil uji t tersebut menunjukkan bahwa variabel Atribut Aliansi merupakan variabel yang berpengaruh paling signifikan dalam mempengaruhi Kesuksesan Strategi Aliansi. Diharapkan Tapp Market dapat mempertahankan pelayanan terhadap Atribut Aliansi, karena variabel Atribut Aliansi mempunyai pengaruh yang dominan dalam mempengaruhi Kesuksesan Strategi Aliansi, diantaranya dengan memiliki tingkat saling ketergantungan yang tinggi dalam hubungan aliansi. Tapp Market sebaiknya lebih memfokuskan pada Atribut Aliansi untuk mendapatkan kesuksesan strategi aliansinya.

English Abstract

This research is aiming to determine the influence of Attributes of the Alliance, Conflict Resolution, and Communication Behavior simultaneously and partially to Success of the Alliance. This research was an explanatory research with quantitative approach. The variables of the research were Attributes of the Alliance, Conflict Resolution, Communication Behavior and Success of the Alliance. The research’s population was an Agents of Tapp Market based in Malang City, had been joined the alliance for a year or more, and actively transactioining with customer for a year or more. The sampling method of this research used puposive sampling. Questionnaire was used in order to gather the 142 respondent’s data. In addition, descriptive statistical analysis, classical assumption test, and multiple linear regression analysis were used to analize the data. The results of this research indicated that with the F test the independent variables which were Attributes of the Alliance, Conflict Resolution, Communication Behavior simultaneously significant influencing on the Success of the Alliance. T test results indicated that the Attributes of the Alliance partially significant influencing the Success of the Alliance, Conflict Resolution partially significant influencing the Success of the Alliance, and Communication Behavior partially significant influencing the Success of the Alliance. The t test results indicated that Attributes of the Alliance variable has a significant in influencing the alliance successfulness. It’s expected that Tapp Market could maintain its service to Attributes of the Alliance, since Attributes of the Alliance has a dominant effect in influencing the Success of Alliance, such as having a strong Interdependency in between the Alliance Relationship. Tapp Market should focus more on the Attributes of the Alliance variable in order to have a successful strategy in alliance.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/1395/051809908
Uncontrolled Keywords: Atribut Aliansi, Resolusi Konflik, Perilaku Komunikasi, dan Kesuksesan Strategi Aliansi.-Attributes of the Alliance, Conflict Resolution, Communication Behavior, and Success of the Alliance.
Subjects: 300 Social sciences > 337 International economics
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 15 May 2019 01:48
Last Modified: 23 Oct 2021 07:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162243
[thumbnail of Shivani Bio.pdf]
Preview
Text
Shivani Bio.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item