Yolanda, Syahriel Diovanni (2018) Scoring System Otomatis Pada Lomba Menembak Dengan Target Sillhouette Hewan Menggunakan Metode K-Nearest Neighbor (K-NN). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Olahraga menembak adalah salah satu jenis olahraga. Olahraga menembak merupakan olahraga ketangkasan karena olahraga ini mampu meningkatkan tingkat fokus serta daya tangkap seseorang. Melalui olahraga menembak seseorang dilatih dan dituntut untuk dapat berkonsentrasi tinggi, mampu mengendalikan diri dan berani mengambil keputusan secara cepat dan tepat. Olahraga menembak merupakan latihan mengendalikan diri. Dalam menentukan keahlian seseorang dalam menembak, diperlukan sistem skoring yang akurat. Dalam sistem skoring penembakan pada umumnya dilakukan secara manual dibutuhkan pengamat/juri untuk menilai hasil tembakan. Sistem skoring secara manual membutuhkan waktu lebih dalam penyampaian informasinya sampai ke penonton. Pada penelitian ini akan dibuat Scoring System Otomatis Pada Lomba Menembak Dengan Target Silhouette Hewan Menggunakan Metode K-Nearest Neighbor untuk menentukan jenis Silhouette mana yang tertembak dan menambahkan skor pada monitor sistem. Metode K-Nearest Neighbor digunakan dalam proses klasifikasi jenis Silhouette yang tertembak untuk memberi pengaruh terhadap skor dalam perlombaan. Pada sistem ini menggunakan beberapa komponen yaitu sensor Getar SW-420, Load Cell, Limit Switch, Switch, Modul HX711, serta Arduino Mega 2560 sebanyak 2 sebagai pemrosesnya. Berdasarkan hasil uji coba pada sistem ini, didapatkan tingkat akurasi terhadap data sensor sebesar 96,42% dan tingkat akurasi terhadap klasifikasi K-Nearest Neighbor adalah sebesar 100%.
English Abstract
Shooting Sport is a one type of sport. Sports shooting is a sport of agility because this sport can increase the level of focus and capture a person. Through sports shooting someone trained and required to be able to concentrate, able to control themselves and dare to make decisions quickly and accurately. Shooting is a self-control exercise. In determining one's expertise in firing, an accurate scoring system is required. In a generalized scoring system, manual shooting requires an observer / judge to assess the firing result. The scoring system manually takes more time in delivering the information to the audience. In this study we will create an Automated Scoring System On Shooting Contest With Animal Silhouette Target Using K-Nearest Neighbor Method to determine which type of Silhouette is shot and add score on the system monitor. The K-Nearest Neighbor method is used in the classification process of the shooting Silhouette type to give effect to the score in the race. In this system uses some components of vibration sensor SW-420, Load Cell, Limit Switch, Switch, Module HX711, and Arduino Mega 2560 as much as 2 processors. Based on test result on this system, the accuracy level of sensor data is 96,42% and accurate to K-Nearest Neighbor classification is 100%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTIK/2018/514/051811628 |
Uncontrolled Keywords: | Scoring System Otomatis , Silhouette Hewan , Metode Klasifikasi KNearest Neighbor Automatic Scoring System, Metal Silhouette, K-Nearest Neighbor Classification Method |
Subjects: | 700 The Arts > 799 Fishing, hunting, shooting > 799.3 Shooting other than game > 799.31 Shooting with guns |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 08 May 2019 03:47 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 02:33 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162138 |
Preview |
Text
Syahriel Diovanni Yolanda.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |