Implementasi e-Government Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia (Implementasi Penerapan Aplikasi eKinerja Sistem Informasi Pengukuran Tunjangan Kinerja (SEMANGAT) Terhadap Pegawai Negeri Sipil Badan Kepegawaian Negara Pusat Jakarta)

Lazuardias, Aulia Religia (2018) Implementasi e-Government Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia (Implementasi Penerapan Aplikasi eKinerja Sistem Informasi Pengukuran Tunjangan Kinerja (SEMANGAT) Terhadap Pegawai Negeri Sipil Badan Kepegawaian Negara Pusat Jakarta). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelaksanaan Aplikasi e-Kinerja SEMANGAT ini didasarkan dengan kewenangan Badan Kepegawaian Negara Pusat Jakarta untuk meningkatkan Kinerja Aparatur Sipil Negara. Dengan adanya Aplikasi ini, Pegawai Negeri Sipil tidak lagi merasa bingung dalam apa yang menjadi tugas jabatannya dan dapat memilah kegiatan tersebut dari Tahunan, Bulanan dan Harian. Penilaian ini juga berdasarkan input masing-masing Pegawai atas tugas maupun kegiatan hasil kerja mereka, serta berdasarkan Daftar Hadir. Kegiatan ini dilakukan setiap Bulan dan akan mendapatkan Reward berupa Tunjangan Kinerja. Aplikasi ini wajib digunakan oleh Kantor Regional, BKD dan lembaga-lembaga pusat lainnya. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan dibatasi oleh 2 fokus penelitian yaitu (1) Implementasi Kebijakan Aplikasi eKinerja SEMANGAT di BKN Pusat Jakarta ; (2) Faktor Penghambat Aplikasi eKinerja SEMANGAT di BKN Pusat Jakarta. Data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi di lapangan. Sedangkan analisa data yang digunakan adalah Analisa data model Creswell. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa dengan adanya penilaian kinerja Pegawai Negeri Sipil dengan Aplikasi e-Kinerja SEMANGAT ini, lebih baik dari pada sebelumnya yang dilakukan secara objektif. Dalam penilaian ini, atasan dapat melihat kinerja masing-masing pegawai sesuai dengan Sasaran Kinerja Pegawai mereka yang sesuai dengan Jabatan mereka. Penilaian ini dirasa sangat efektif karena tidak memerlukan kertas untuk melaporkannya, dan dapat mempermudah untuk dilihat kembali sewaktu-waktu. Dalam pelaksanaan Aplikasi e-Kinerja SEMANGAT di Badan Kepegawaian Negara Pusat Jakarta ini dirasa belum baik karena masih adanya keterbatasan pegawai dalam penggunaan teknologi. Pegawai yang dirasa masih ada keterbatasan dalam penggunaan teknologi ini adalah pegawai yang telah lanjut usia, mereka akan merasa kurang memahami meskipun telah diadakan sosialisasi. Pelaksaan Aplikasi e-Kinerja SEMANGAT ini juga masih kurang dalam hal Sumber Daya Manusia, keterbatasan ini dikarenakan adanya pengukuran beban kerja unit yang tidak terencana dengan baik. Hal ini menjadi hal utama dalam pelaksanaan kebijakan, karena keberhasilan kebijakan berasal dari Sumber Daya Manusianya, maka diperlukan lagi peningkatan Sumber Daya Manusia dan Sosialisasi khusus bagi pegawai yang telah lanjut usia.

English Abstract

The implementation of this SEMANGAT e-Kinerja Application is based with the Badan Kepegawaian Negara Pusat Jakarta to improve the performance of the State Civil Apparatus. With this Application, Civil Servants no longer feel confused in what the job title and can sort the activities from Annual, Monthly and Daily. This assessment is also based on the input of each employee, or the results of their work, as well as on the List of Present. This activity is done every month and will get a reward Tunjangan Kinerja. This application is aired by Regional Office, BKD and other central institutions. This research is descriptive research with qualitative approach and focus by 2 research focus that is (1) Implementation of SEMANGAT e-Kinerja Application Policy at BKN Pusat Jakarta; (2) Inhibiting Factor of the SEMANGAT e-Kinerja Application in BKN Pusat Jakarta. Data that produces measurements, interviews, documentation in the field. While the data analysis used is the Creswell model data analysis. The results of this study indicate that with the performance of Civil Servants with SEMANGAT e-Kinerja Applications, is much better than that done objectively. In this class, the boss can see the performance of each employee in accordance with Employee Performance Goals that they are in accordance with their Position. This assessment is deemed very effective because there is no paper to report it, and may consider during back-time. In the application of SEMANGAT e-Kinerja Application in the Badan Kepegawaian Negara Pusat Jakarta is considered not good because there are still limitations in the use of technology. Employees who are still present in the use of this technology are employees who have achieved a lot of time, they will feel less understanding despite socialization. The implementation of this SEMANGAT e-Kinerja Application is also lacking in Human Resources, because at this time there are measurements of unplanned work units. This is the main thing in the implementation of the policy, because the resources of Human Resources, it is necessary again Human Resources and special socialization for employees who have reached the time.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/833/051809867
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Aplikasi e-Kinerja SEMANGAT-Performance, SEMANGAT e-Kinerja Application
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.3 Executive management > 352.38 Information management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 03 May 2019 02:14
Last Modified: 23 Oct 2021 07:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162133
[thumbnail of Aulia Religia Lazuardias.pdf]
Preview
Text
Aulia Religia Lazuardias.pdf

Download (46MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item