Inovasi Pelayanan Pembuatan Akta Kelahiran melalui Program SI Dukun 3 In 1 (Studi Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil DKI Jakarta)

Pangestut, Hafshah Destika Ayu (2018) Inovasi Pelayanan Pembuatan Akta Kelahiran melalui Program SI Dukun 3 In 1 (Studi Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil DKI Jakarta). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Program SI Dukun 3 In 1 merupakan sebuah inovasi baru yang dicetuskan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil DKI Jakarta dengan bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dan 10 rumah sakit di DKI Jakarta. Program SI Dukun 3 In 1 menawarkan sebuah metode pelayanan baru dimana masyarakat DKI Jakarta dapat langsung mengurus pembuatan akta kelahiran di 10 rumah sakit tersebut dan hanya membutuhkan waktu tiga hingga empat hari. Selain akta kelahiran produk layanan yang didapatkan dari program SI Dukun 3 In 1 adalah kartu BPJS Kesehatan, Kartu Identitas Anak, dan Kartu Keluarga baru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, menganalisis, dan mendeskripsikan inovasi pelayanan pembuatan akta kelahiran melalui program SI Dukun 3 In 1 dan untuk mengetahui, menganalisis, dan mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung inovasi pelayanan pembuatan akta kelahiran melalui program SI Dukun 3 In 1 di DKI Jakarta. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan dibatasi oleh dua fokus penelitian yaitu Inovasi pelayanan pembuatan akta kelahiran melalui program SI Dukun 3 In 1 serta faktor pendukung dan penghambat inovasi program SI dukun 3 In 1. Analisis yang digunakan adalah analisis data model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana dengan tahapan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, inovasi program SI Dukun 3 In 1 telah melewati enam tahapan dalam proses inovasi meliputi kebutuhan dan masalah, riset dasar dan aplikatif, pengembangan, komersialisasi, difusi dan adopsi, serta konsekuensi. Untuk menciptakan pelayanan yang efektif dan efisien maka Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menyelenggarakan pelayanan berdasarkan standar pelayanan meliputi prosedur pelayanan, waktu pelayanan, biaya pelayanan, produk layanan, sarana dan prasarana, serta kompetensi petugas pemberi layanan. Faktor pendukung meliputi adanya dasar hukum yang jelas serta sarana dan prasarana yang menunjang. Faktor penghambat meliputi kurangnya sumber daya manusia serta jaringan internet yang sering eror. Saran yang dapat diberikan adalah diadakannya sosialisasi tingkat Kecamatan, Kelurahan, RW mapun RT, dibuatnya SOP khusus untuk program SI Dukun 3 In 1, penambahan personel operator program SI Dukun 3 In 1, dan perbaikan jaringan internet.

English Abstract

“SI Dukun 3 In 1” Program is an innovation that initiated by Population and Civil Registration Office of DKI Jakarta in collaboration with BPJS Kesehatan and 10 hospitals in DKI Jakarta. “SI Dukun 3 In 1” program offered a new service method that citizens of DKI Jakarta can directly manage the birth certificate in 10 hospitals which takes only three to four days. In addition, this new program also provide Health Assurance Card, Child Identity Card, and Family Certificate. The purpose of this research are to understand, analyze, and describe the innovation of birth certificate service through “SI Dukun 3 In 1” program and to understand, analyze, and describe the supporting and inhibiting factors of the program implementations. This research type is descriptive research using qualitative approach and has two research focuses those are 1) the innovation of birth certificate service through “SI Dukun 3 In 1” program, and 2) the supporting and inhibiting factors of “SI Dukun 3 In 1” program. The research also using interactive data analysis model of Miles, Huberman, and Saldana with the steps are data collection, data condensation, data display, and conclusions. Based on the research, the innovation of “SI Dukun 3 In “1 program has meet the six stages of innovation process by Suwarno (2008) those are 1) need and problem, 2) basic and applicative research, 3) development, 4) commercialization, 5) diffusion and adoption, and 6) consequence. To create effective and efficient service, the Population and Civil Registration Office conduct services based on service standards, including 1) service procedure, 2) service time, 3) service fee, 4) service product, 5) facilitiy and infrastructure, and 6) the competence of employee. The supporting factors of this program implementation are the existence of regulation, also supporting facilities and infrastructures. While the inhibiting factors are the lack of human resources and incompatible internet network. The suggestions that can be given to this program are 1) Program socialization in district and sub-district level 2) Create the Operational Standard Procedure of “SI Dukun 3 In 1” Program 3) Increase the number of personnel and 4) Improve the quality of internet network.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/635/051808312
Uncontrolled Keywords: Inovasi, Pelayanan Pembuatan Akta Kelahiran, SI Dukun 3 In 1- Innovation, Birth Certificate Services, SI Dukun 3 In 1
Subjects: 300 Social sciences > 353 Specific fields of public administration > 353.5 Public administration of social warfare > 353.59 Activities relating to population and settlement
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 08 May 2019 03:36
Last Modified: 25 Oct 2021 08:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162129
[thumbnail of Hafshah Destika Ayu Pangestuti.pdf]
Preview
Text
Hafshah Destika Ayu Pangestuti.pdf

Download (39MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item