Analisis Dan Perbaikan Proses Bisnis Menggunakan Metode Business Process Improvement (BPI) Framework (Studi Kasus Bidang Pengembangan Produk Pariwisata Dinas Pariwisata Kota Batu)

Fahrizal, Indra (2018) Analisis Dan Perbaikan Proses Bisnis Menggunakan Metode Business Process Improvement (BPI) Framework (Studi Kasus Bidang Pengembangan Produk Pariwisata Dinas Pariwisata Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bidang Pengembangan Produk Pariwisata pada Dinas Pariwisata Kota Batu memiliki 6 proses bisnis, antara lain Sertifikasi Usaha Wisata untuk Hotel & Resto, Pendataan Usaha Jasa & Sarana Pariwisata, Koordinasi Perpecapatan Desa Wisata, Koordinasi Pengembangan Produk Pariwisata, Anugerah Wisata Jawa Timur & Festival Makanan Khas, dan Kajian Pengembangan Desa Wisata. Dalam menjalankan proses bisnis terdapat kendala seperti target waktu pengumpulan data usaha pariwisata tidak tercapai sehingga menghambat pelaksanaan proses selanjutnya, administrasi yang masih paper-based menyebabkan sering terjadi hilangnya data. Oleh karena itu harus dilakukan analisis dan pemodelan proses bisnis yang diharapkan dapat memberikan saran berupa rekomendasi perbaikan proses bisnis yang bisa menjadikan proses lebih efektif dan efisien. Pada penelitian ini menggunakan metode Business Process Improvement dari fase 1: organizing for improvement sampai fase 3: streamlining. Setelah dilakukan perbaikan proses bisnis dengan teknik otomasi dan eliminasi proses didapatkan hasil dari simulasi, yaitu selisih waktu terendah terdapat pada proses bisnis rekomendasi pembuatan laporan akhir yang berukurang sebanyak 1 hari 6 jam 10 menit atau 14,70%, dan selisih waktu tertinggi terdapat pada proses pengambilan data usaha & jasa sarana pariwisata yang berkurang sebanyak 12 hari 5 jam 20 menit atau 56,07%. Maka dapat disimpulkan bahwa proses bisnis rekomendasi lebih efisien karena memiliki waktu penyelesaian yang lebih singkat dibandingkan proses bisnis yang saat ini berjalan pada Bidang Pengembangan Produk Pariwisata Dinas Pariwisata Kota Batu.

English Abstract

Tourism Product Development Division of Batu City Tourism Office has 6 business processes; there is Business Travel Certification for Hotel & Restaurant, Services & Tourism Facilities Data Collection, Coordination in Tourism Village Acceleration, Coordination in Tourism Product Development, and East Java Tourism Awards & Characteristically Food Festival, and Tourism Village Development Study. In running the business process there is a trouble such as deadline business data target that not achieved so that it will holding up the next implementation process, administration still paper-based that usually cause losing data. So that must be analysis and business modeling process that can make the process more effective and efficient. In this research used Business Process Improvement method from phase 1: organizing for improvement until phase 3: streamlining. After the business process has been corrected with automation technic and elimination process it come with a result from simulation, there are the lowest time different is in recommendation business process, the making of the final report decrease as much as 1 day 6 hours 10 minutes or 14,70%, and the highest time different is in the process of Services & Tourism Facilities Data Collection that decrease as much as 12 days 5 hours 20 minutes or 56,07%. So, can be concluded that the recommendation business process more efficient because have little time completion compared to business process that runs now in Tourism Product Development Division of Batu City Tourism Office

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/541/051808432
Uncontrolled Keywords: perbaikan proses bisnis, BPI, proses bisnis, Streamlining, BPMN business process improvement, BPI, business process, Streamlining, BPMN.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.05 Computer applications
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 20 Mar 2019 02:18
Last Modified: 21 Oct 2021 04:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162090
[thumbnail of Indra Fahrizal.pdf]
Preview
Text
Indra Fahrizal.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item