Hubungan Pendapatan Perkapita dan Suku Bunga Sertifikat Bank Indonesia terhadap Penerimaan Pajak Penghasilan Tahun 2005-2016

Ayu, Agistya Citra Kusumaning (2018) Hubungan Pendapatan Perkapita dan Suku Bunga Sertifikat Bank Indonesia terhadap Penerimaan Pajak Penghasilan Tahun 2005-2016. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia merupakan negara yang terkategori ke dalam negara berkembang, karena Indonesia tengah melakukan pembangunan di setiap aspek terutama di bidang infrastruktur. Untuk melaksanakan proses pembangunan pemerintah memerlukan sejumlah dana, dana tersebut diantaranya bersumber dari APBN yang merupakan sumber utama pembiayaan rutin pemerintah. Dalam APBN Pajak menduduki urutan pertama dan menjadi penyumbang terbesar yakni sebesar 1.750,9 triliun rupiah pada tahun 2018. Dari pendapatan tersebut Pajak Penghasilanlah yang menjadi penyumbang terbesar dengan jumlah Rp1.498,9 triliun rupiah. Ini menunjukan bahwa proses realisasi penerimaan PPh sangatlah penting untuk dilakukan karena PPh memiliki posisi yang sangat strategis dalam struktur APBN. Salah satu yang mempengaruhi penerimaan PPh adalah faktor ekonomi makro seperti pendapatan nasional perkapita, dan suku bunga Sertifikat Bank Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data tahunan mulai tahun 2005 sampai 2016 dengan sampel sebesar 12 buah data runtut waktu. Sumber data dalam penelitian ini adalah data sekunder yang berasal dari dokumentasi pada websiteDirektorat Jenderal Pajak (DJP) Badan Pusat Statistika (BPS), Bank Indonesia (BI) dan Kementerian Keuangan (KEMENKEU), Jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa variabel penerimaan Pajak Penghasilan berpengaruh signifikan terhadap pendapatan nasional perkapita, sedangkan suku bunga Sertifikat Bank Indonesia terhadap penerimaan Pajak Penghasilan bersifat tidak signifikan.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/871/051810271
Uncontrolled Keywords: -Pajak Penghasilan
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 25 Mar 2019 07:46
Last Modified: 25 Oct 2021 06:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162088
[thumbnail of Agistya Citra Kusumaning Ayu.pdf]
Preview
Text
Agistya Citra Kusumaning Ayu.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item