Septiko, Winny Ardhian (2018) Pengembangan Game Edukasi Platformer Kisah Gajah Mada Menyatukan Nusantara Menggunakan Metode Iterative With Rapid Prototyping. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Sejarah merupakan catatan masa lalu mengenai perubahan kehidupan manusia yang terus berkembang. Dalam perkembangannya, perubahan perubahan yang tercatat dalam sejarah akan memberikan pelajaran bagi kehidupan manusia di masa yang akan datang. Begitu juga yang terjadi pada kehidupan di Indonesia, setiap cerita sejarah yang terjadi di Indonesia memiliki nilai kebudayaan yang tinggi. Salah satunya adalah kisah Perjalanan Patih Gajah Mada di Kerajaan Majapahit yang terkenal dengan sumpahnya yaitu Sumpah Palapa. Akan tetapi pada masa ini, kurangnya ketertarikan masyarakat terutama anak anak tentang sejarah membuat sejarah menjadi sesuatu yang mudah dilupakan. Hal ini disebabkan oleh media pembelajaran seperti buku yang cenderung membuat siswa jenuh, mengantuk, dan bosan. Pada penelitian ini, dilakukan pengembangan game edukasi tentang Perjalanan Gajah Mada menyatukan Nusantara dengan game platformer yang menyenangkan dan interaktif untuk anak anak agar mudah dalam belajar Sejarah khususnya Kisah Patih Gajah Mada dengan Sumpah Palapanya. Hasil pengujian fun testing yang diperoleh dari pengisian kuisioner oleh 20 responden dihitung melalui perhitungan interpretasi indeks skala Likert didapatkan hasil yakni keseluruhan game yang disajikan adalah 81%, Tampilan pada game yakni 100%, tingkat keseruan game 83%, dan tingkat kesulitan game 63%. Dan mendapat nilai 75,75 pada usability testing menggunakan SUS yang berarti bahwa perangkat lunak dinyatakan acceptable termasuk dalam grade C dengan rating excellent. Dan mendapat kenaikan nilai terhadap kenaikan nilai pad pengujian pemahan, yang berarti game dapat digunakan sebagai media pembelajaran.
English Abstract
History is a record of the past about the changing in huma life. Every change in changes of history will provide a lesson for human life in the future. Similarly, what happens to life in Indonesia, every historical story that occurs in Indonesia has a high cultural values. One of them is the history of Majapahit Kingdom, wehere the history of Majapahit is one of the greatest historical stories and influences the life of Indonesian society, and the one is the story from The Journey of Gajah Mada to merge Indonesia in Majapahit, based on “Sumpah Palapa”. But at the moment, the lack of public interest, especially children about its history, makes history a forgotten one. This is caused by learning media such as books, and lessons that tend to make students bored. In this research, the development of educational games about The Journey of Gajah Mada with a fun and interactive paltformer game for student. Testing results obtained by filling questionnaire by 20 respondents are calculated through Likert index interpretation. The results show that overall game is 81%, game view is 100%, the game rate is 83%, and the game difficulty level is 63%. And result of Usability Testing with SUS is 75,75. It’s mean that the game is acceptable, on rating C and excellent rating. And get increase value from the test, it means that the game can be a education game media
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTIK/2018/492/051808301 |
Uncontrolled Keywords: | Game Edukasi, Gajah Mada, Sumpah Palapa, Fun Testing, Iterative with Rapid Prototyping Education Game, Gajah Mada, Sumpah Palapa, Fun Testing, Iterative with Rapid Prototyping |
Subjects: | 700 The Arts > 796 Athletic and outdoor sports and games > 796.07 Education, research, related topics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 26 Mar 2019 01:36 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 02:00 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162074 |
Preview |
Text
Winny Ardhian Septiko.pdf - Published Version Download (10MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |