Perancangan Dashboard Untuk Monitoring Dan Evaluasi (Studi Kasus : Filkom Ub)

Sihombing, Winda Willina (2018) Perancangan Dashboard Untuk Monitoring Dan Evaluasi (Studi Kasus : Filkom Ub). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) merupakan salah satu fakultas yang dimilki oleh Universitas Brawijaya. Akreditasi yang dimiliki oleh program studi di FILKOM sudah termasuk baik, hanya saja masih diperlukan perbaikan kualitas layanan yang dimiliki. Akademik mahasiswa merupakan salah satu layanan FILKOM yang membutuhkan peningkatan guna mencapai target yang dimiliki oleh FILKOM itu sendiri. Dampak dari tidak tercapainya capaian kinerja yang dimiliki bisa membuat akreditasi dari program studi yang dimiliki menjadi turun atau tidak adanya peningkatan sama sekali. Dalam meningkatkan kualitas layanan yang dimiliki, dibutuhkan adanya peninjauan kinerja dan evaluasi diri dari fakultas itu sendiri. Cara yang cukup efisien dan efektif dalam melakukan peninjauan kinerja dan evaluasi diri adalah dengan mengembangkan dashboard. Dashboard merupakan salah satu perangkat visualisasi yang menampilkan visual dari informasi terpenting yang dibutuhkan untuk mencapai satu atau beberapa tujuan. Visualisasi data dengan bentuk dashboard akan memudahkan pihak eksekutif (pimpinan) untuk melakukan komparasi, menganalisa serta menggaris bawahi variabel-variabel penting untuk melihat kinerja, identifikasi kesempatan serta masalah yang terjadi. Dashboard pada penelitian dapat digunakan membantu pimpinan program studi pada FILKOM dalam melakukan monitoring dan evaluasi kinerja organisasinya dengan menyajikan informasi Key Performance Indicators (KPI) dalam bentuk antar muka visual secara sekilas dalam satu layar. Data dapat dianalisa dengan lebih efektif, efisien, dan komprehensif. Prototype dashboard dibangun melalui pendekatan user-centric dengan empat tahapan utama yaitu identifikasi kebutuhan, perencanaan, perancangan prototype dan evaluasi prototype. Berdasarkan aktifitas yang dilakukan, disimpulkan bahwa dashboard yang dirancang untuk FILKOM adalah dashboard strategis, dimana dashboard dapat menampilkan informasi KPI dalam gauge meter, line chart dan bar chart dengan kode warna yang interaktif. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat rancangan dashboard untuk untuk membantu pimpinan dalam hal monitoring dan evaluasi dari sisi akademik mahasiswa. Penampilan data yang ditampilkan dalam dashboard dapat membantu pengguna dalam menganilisa data dengan lebih mudah, bentuk grafik ditampilan juga dipahami dengan mudah oleh pengguna.

English Abstract

The Faculty of Computer Science (FILKOM) is one of the faculties owned by Universitas Brawijaya. Accreditation owned by the study program at FILKOM is included well, it's just that it still needs to improve the quality of services that they have. Student academics are one of FILKOM's services that need improvement to achieve the targets owned by FILKOM itself. The impact of not achieving the performance performance that is owned can make the accreditation decrease or no increase at all. In improving the quality of services, it is necessary to have a performance review and self-evaluation from the faculty itself. An efficient and effective way of conducting performance reviews and self-evaluation is by developing a dashboard. Dashboard is a visualization tool that displays the visuals of the most important information needed to achieve one or more goals. Data visualization with the form of a dashboard will make it easier for executives (leaders) to compare, analyze and underline important variables to see performance, identify opportunities and problems that occur. Dashboard in this research can be used to help the leaders of the study program at FILKOM in monitoring and evaluating organizational performance by presenting Key Performance Indicators (KPI) information in the form of a visual interface at a glance in one screen. Data can be analyzed more effectively, efficiently and comprehensively. The prototype dashboard is built through a user-centric approach with four main stages, namely identification of needs, planning, prototype design and prototype evaluation. Based on the activities carried out, it was concluded that the dashboard designed for FILKOM was a strategic dashboard, where dashboard could display KPI information in an interactive gauge meter, line chart and bar chart. The purpose of this research is to make a dashboard design to help leaders in terms of monitoring and evaluation from the academic side of students. The appearance of the data displayed in the dashboard can help users to analyze data more easily, the form of graphics is also easily understood by users.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/644/051808557
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Diri, Performance Dasboard, Key Performance Indicator, KPI, User- Centric evaluation, Performance Dashboard, Key Performance Indicator, KPI, User- Centric
Subjects: 300 Social sciences > 378 Higher education (Tertiary education) > 378.028 5 Computer application
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 06 May 2019 03:01
Last Modified: 21 Oct 2021 06:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162057
[thumbnail of Winda Willina Sihombing.pdf] Text
Winda Willina Sihombing.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item