Pengembangan Sistem Informasi e-CRM berbasis website pada DiniKoe Keramik

Amalina, Farhani Ayu (2018) Pengembangan Sistem Informasi e-CRM berbasis website pada DiniKoe Keramik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dinikoe Keramik adalah salah satu UMKM yang memproduksi sekaligus menjual berbagai macam souvenir dari keramik. Salah satu bagian terpenting dari UMKM ini adalah proses penjualan dan mempertahankan pelanggan. Proses penjualan yang ada di UMKM ini melalui telepon atau mendatangi langsung toko. Hal ini memiliki beberapa kelemahan diantaranya sering kali konsumen komplain dikarenakan pada saat menanyakan produk atau pesanan tetapi tidak langsung dijawab secara cepat. Selain itu juga belum adanya sistem informasi yang terintegrasi menyebabkan proses bisnis yang ada di dalam perusahaan menjadi agak lambat. Oleh karena itu, dibutuhkan Sistem Informasi yang berdasarkan strategi Customer Relationship Managemen (CRM) untuk mempertahankan loyalitas pelanggan. Sistem dibangun berdasarkan model pengembangan waterfall yang memulai pengembangan dari analisis proses bisnis dan persyaratan, perancangan, implementasi sistem, dan pengujian. Dalam memenuhi kebutuhan pengguna, didapatkan kebutuhan 16 fungsional dan 2 nonfungsional sebagai dasar membangun sistem e-CRM Dinikoe Keramik. Hasil uji dari implementasi sistem tersebut menunjukkan bahwa sistem dapat memenuhi kebutuhan fungsional pengguna, sistem dapat berjalan pada jenis dan versi peramban web yang diujikan pada alat bantu SortSite, dan efektivitas menghasilkan 97% berhasil pada kelompok pengguna pelanggandan 83% berhasil pada kelompok pengguna staf penjualan.

English Abstract

Dinikoe Keramik is one of UMKM that produce and sell various kinds of souvenir made of ceramic. One of the most important part of the UMKM is the process of selling and retaining customers. The existing sales process at UMKM held by phone call or store visiting. Thus, that existing sales process has disadvantages complaint from the customer is one of that disadvantages that happened oftentimes, that complaint came because of the customers didn’t get the fast response about the product and order questions. Moreover, there’s no integration information system so that business process in the organization run slowly. Therefore, Dinikoe Keramik needs an information system that using Customer Relationship Management (CRM) strategy to maintain customer loyalty. The system is builded by using Waterfall method which have some processes such as business process analysis and requirements, design, system implementation, and testing. To fulfill the customer’s needs, 16 functional needs and 2 nonfunctional needs used as the basic of system development process. The result of system testing showed that the system could meet the user’s functional needs, run on the type and version of web browsers tested by the SortSite tool, and effectiveness testing generate 97% score at customer’s user group and 83% at sales staff’s user group.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/448/051808053
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Customer Relationship Management (CRM), Waterfall, pengembangan sistem, E-CRM. Information System, Customer Relationship Management (CRM), Waterfall, System Development, E-CRM.
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.7 Multimedia systems > 006.76 Programming
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 30 Jan 2019 04:45
Last Modified: 18 Oct 2021 07:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162012
[thumbnail of Farhani Ayu Amalina.pdf]
Preview
Text
Farhani Ayu Amalina.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item