Pengembangan Sistem Informasi Sales Force Automation dan Service Automation Pemesanan dan Penjualan Menggunakan Metode Rational Unified Process (Studi Pada Kantin Filkom Universitas Brawijaya)

Prameireza, Helmy Danu (2018) Pengembangan Sistem Informasi Sales Force Automation dan Service Automation Pemesanan dan Penjualan Menggunakan Metode Rational Unified Process (Studi Pada Kantin Filkom Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Saat ini di banyak instansi telah menerapkan sistem informasi bahkan usahausaha kecil seperti kantin telah mulai menerapkan sistem informasi didalamnya. Kantin Fakultas Ilmu Komputer (Filkom) sendiri saat ini telah memiliki teknologi untuk menerapkan sistem informasi, namun hanya sistem informasi pada kasir kantin. Pada sistem informasi yang telah diterapkan saat ini terdapat beberapa permasalahan yang dapat mempengaruhi kepuasan pembeli yaitu, alur proses bisnis pemesanan memakan waktu yang cukup lama dan penjual yang kebingungan dalam mengantar pesanan. Maka dari itu diperlukannya suatu pengembangan sistem yang dapat membantu menangani masalah tersebut. Penelitian ini menggunakan modul pada operasional Customer Relationship Management (CRM) Sales force automation (SFA) dan Service Automation (SA). Metode pengembangan yang digunakan adalah Rational Unified Process (RUP) yang merupakan kerangka kerja dalam pengambangan sistem informasi yang menggunakan teknik iteratif dan inkremental. Metode RUP terdapat beberapa fase dalam melakukan pengembangan sistem, fase pertama yang dilakukan adalah fase insepsi, lalu dilanjutkan dengan fase elaborasi, fase konstruksi dan diakhiri dengan fase transisi. Implementasi sistem ini berbasis perangkat bergerak dengan platform android. Hasil pengujian black-box dengan 47 test-case dinyatakan berhasil, pengujian compatibility dengan 12 perangkat yang berbeda menggunakan Test Lab dan dari pengujian tersebut dinyatakan berhasil dijalankan semua serta pada user accepted testing yang melibatkan 30 responden pembeli dengan total 240 jawaban dan 1 responden pihak kantin dengan total 7 jawaban, hasilnya menunjukkan bahwa tingkat penerimaan dari pembeli adalah 85,92% dan 82,86% pada sisi kantin Filkom. Pada Pengujian Waktu dengan perbandingan proses bisnis as-is dengan proses bisnis to-be, dapat disimpulkan bahwa pada proses bisnis to-be lebih cepat 4 menit 30 detik dari proses bisnis as-is. Dari hasil pengujian tersebut dengan menerapkan sistem informasi ini dapat mempermudah dan mempercepat alur pemesanan dan penjualan pada Kantin Filkom.

English Abstract

Currently in many agencies have implemented information systems even small businesses such as canteen have begun to implement information systems in it. Canteen Faculty of Computer Science (Filkom) currently has the technology to implement information systems, but only the information system at the canteen cashier. There are some problems that had been found in the current information system canteen FILKOM. These problems can affect customer's satisfaction, for instance the business process of food order takes a long time and the sellers are confused while delivering the order. Hence there is a need for developing a system which can overcome these problems. This study uses modules on the operational Customer Relationship Management (CRM) Sales force automation (SFA) and Service Automation (SA). Rational Unified Process (RUP) is a framework which will be used for developing the information system which has iterative and incremental techniques. RUP method has several phases, the first phase is inception phase, then elaboration phase, construction phase and ending with transition phase. The implementation of the system is mobile device-based with android platform and firebase as the database server. The results of black-box testing with 47 test-cases were succeeded, compatibility testing with 12 different devices using Test Lab was successfully executed and User Acceptance Testing (UAT) shows that the value of acceptance from the buyer is 85,92% and 82,86% on the side of the FILKOM canteen. The conclusion of the test results that is by applying this information system at canteen FILKOM can facilitate ordering and sales.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/578/051808372
Uncontrolled Keywords: Customer Relationship Management (CRM), Sales force automation (SFA), Service Automation (SA), Rational Unified Process (RUP), Android, sistem informasi, kantin. Customer Relationship Management (CRM), Sales force automation (SFA), Service Automation (SA), Rational Unified Process (RUP), Android, information system, canteen.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.403 Decision making and information management > 658.403 8 Information management > 658.403 801 1 Systems
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 03 May 2019 01:33
Last Modified: 21 Oct 2021 02:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161991
[thumbnail of Helmy Danu Prameireza.pdf]
Preview
Text
Helmy Danu Prameireza.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item