Strategi Meningkatkan Penerimaan Retribusi Pasar Pada Dinas Pasar Larangan Kabupaten Sidoarjo (Studi Kasus Pada UPTD Dinas Pasar Larangan Kabupaten Sidoarjo)

Permatasari, Dita (2018) Strategi Meningkatkan Penerimaan Retribusi Pasar Pada Dinas Pasar Larangan Kabupaten Sidoarjo (Studi Kasus Pada UPTD Dinas Pasar Larangan Kabupaten Sidoarjo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi meningkatkan retribusi pasar di Pasar Larangan Kabupaten Sidoarjo, untuk mengetahui faktor pendorong untuk meningkatkan retribusi pasar di Pasar Larangan Kabupaten Sidoarjo dan untuk mengetahui faktor penghambat untuk meningkatkan retribusi pasar di Pasar Larangan Kabupaten Sidoarjo. Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif Berdasarkan hasil analisis maka dapat diketahui strategi meningkatkan retribusi pasar di Pasar Larangan Kabupaten Sidoarjo dapat ditentukan yaitu strategi agresif, strategi ini sebagai upaya untuk memaksimalkan segala bentuk kekuatan yang dimiliki. Strategi agresif memberikan dukungan dalam upaya untuk memanfaatkan potensi atau keunggulan yang dimiliki Dinas Pasar Kabupaten Sidoarjo. Faktor pendorong untuk meningkatkan retribusi pasar di Pasar Larangan Kabupaten Sidoarjo yang terdiri dari faktor pendukung internal dan eksternal atas pelaksanaan penarikan retribusi pasar di Pasar Larangan Kabupaten Sidoarjo. Faktor internal dalam meningkatkan retribusi pasar di Pasar Larangan Kabupaten Sidoarjo yaitu meliputi sumber daya manusia yang mencukupi, kejujuran dan kedisiplinan petugas dalam penarikan retribusi. Faktor eksternal yaitu adanya kerjasama yang baik antara petugas retribusi pasar dan para pedagang di pasar. Faktor pendukung menjadi salah satu penentu atas keberhasilan dinas dalam upaya untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh dinas dalam meningkatkan retribusi pasar di Pasar Larangan Kabupaten Sidoarjo. Faktor penghambat dalam meningkatkan retribusi pasar di Pasar Larangan Kabupaten Sidoarjo yaitu kurangnya profesional SDM yang tersedia, rendahnya kesadaran pedagang dan tingkat keramaian pasar. Faktor tersebut menjadikan aktivitas pelaksanaan retribusi tidak dapat secara maksimal dilakukan sehingga perolehan retribusi pasar tidak dapat dimaksimalkan.

English Abstract

The purpose of this study are to determine the strategy of increasing market retribution in the Sidoarjo Regency Ban Market, to find out the driving factors to increase market retribution in the Sidoarjo Regency Ban Market and to find out the inhibiting factors to increase market retribution in the Larangan Market in Sidoarjo Regency. In this study, the type of research used is descriptive research with a qualitative approach Based on the results of the analysis, it can be seen that the strategy to increase market retribution in the Larangan Market in Sidoarjo Regency can be determined as an aggressive strategy, this strategy as an effort to maximize all forms of strength owned. Aggressive strategies provide support in an effort to exploit the potential or excellence of the Sidoarjo Regency Market Office. The driving factor for increasing market retribution in the Larangan Market in Sidoarjo Regency consists of internal and external supporting factors for the implementation of market retribution at the Larangan Market in Sidoarjo Regency. Internal factors in increasing market retribution in the Larangan Regency of Sidoarjo Market include adequate human resources, honesty and discipline of officers in retribution collection. External factors are the existence of good cooperation between market retribution officers and traders in the market. The supporting factor is one of the determinants of the success of the service in an effort to maximize the potential possessed by the agency in increasing market retribution in the Larangan Regency of Sidoarjo Market. Inhibiting factors in increasing market retribution in the Larangan Regency of Sidoarjo Market are lack of available HR professionals, low awareness of traders and the level of market crowd. These factors make the implementation of retribution activities not maximally carried out so that the acquisition of market retribution cannot be maximized.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/962/051811268
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Asli Daerah, Pajak Daerah, Retribusi Pasar-Local Revenue, Regional Taxes, Market Retribution
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.01 Public finance by governmental level > 336.014 Public finance at local level
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 29 Apr 2019 03:44
Last Modified: 23 Oct 2021 06:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161960
[thumbnail of Dita Permatasari.pdf] Text
Dita Permatasari.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (19kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (8kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (2kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_small] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (1kB)

Actions (login required)

View Item View Item