Pengaruh YouTube Beauty Vlogger Terhadap Minat Beli Konsumen dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Produk (Studi pada pengguna Kosmetik Maybelline di Indonesia).

Sinaga, Rumondang Eliza Maria (2018) Pengaruh YouTube Beauty Vlogger Terhadap Minat Beli Konsumen dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Produk (Studi pada pengguna Kosmetik Maybelline di Indonesia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan menjelaskan pengaruh YouTube Beauty Vlogger terhadap Minat Beli Konsumen (2) mengetahui dan menjelaskan pengaruh YouTube Beauty Vlogger terhadap Keputusan Pembelian Produk (3) mengetahui dan menjelaskan pengaruh Minat Beli Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Produk. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksplanatori (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian ini meliputi YouTube Beauty Vlogger, Minat Beli Konsumen dan Keputusan Pembelian Produk. Kriteria populasi dalam penelitian ini adalah Pengguna Kosmetik Maybelline dengan usia minimal 17 tahun yang pernah menonton salah satu YouTube Beauty Vlogger Abel Cantika, Sarah Ayu atau Tasya Farasya yang menggunakan produk Maybelline serta pernah membeli produk Maybelline. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 116 responden yang diambil dengan menggunakan purposive sampling dan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner secara langsung (offline) dan secara tidak langsung (online). Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Data pada penelitian ini diolah menggunakan SPSS 22 for Windows. Hasil analisis jalur (path analysis) menunjukkan bahwa YouTube Beauty Vlogger berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli Konsumen, YouTube Beauty Vlogger berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Produk, Minat Beli Konsumen berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Produk. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan bagi perusahaan dalam memilih YouTube Beauty Vlogger sebagai endorser sebaiknya mempertimbangkan kredibilitas beauty vlogger meliputi: Kepercayaan, Keahlian, dan Daya Tarik, dan dalam memilih YouTube Beauty Vlogger sebaiknya menyesuaikan karakteristik beauty vlogger dengan produk sehingga pesan produk dapat tersampaikan dengan baik.

English Abstract

This research aimed to (1) identify and explain the influence of YouTube Beauty Vlogger on Consumer Purchase Intention (2) to know and explain the influence of YouTube Beauty Vlogger on Purchase Decision of Product (3) to know and explain the influence of Consumer Purchase Intention on Purchase Decision of Product . The type of research used is explanatory with quantitative approach. These research variables include YouTube Beauty Vlogger, Consumer Purcahse Intention and Purchase Decision of Product. The population in this research were Maybelline Cosmetic Users who had watched one of YouTube Beauty Vlogger Abel Cantika, Sarah Ayu or Tasya Farasya used Maybelline products. The sampling technique for this research was using purposive sampling and the data collection method by distributing questionnaire to 116 respondents. Data analysis used is descriptive statistical analysis and path analysis. The data in this study was processed using SPSS 22 for Windows. The result of path analysis showed that (1) YouTube Beauty Vlogger has significant influence on Consumer Purchase Intention, (2) YouTube Beauty Vlogger has significant influence on Purchase Decision of Product, (3) Consumer Purchase Intention has significant influence on Purchase Decision of Product. Based on the results of this research, it’s recommended for companies in choosing YouTube Beauty Vlogger as an endorser should consider the credibility of a beauty vlogger include Trustworthiness, Expertise, and Attractiveness, and in selecting YouTube Beauty Vlogger should adjust the characteristics of beauty vlogger with the product so that product messages can be well conveyed.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/913/051810862
Uncontrolled Keywords: YouTube Beauty Vlogger, Minat Beli Konsumen, Keputusan Pembelian Produk.-YouTube Beauty Vlogger, Consumer Purcahse Intention, Purchase Decision of Product
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 14 Jan 2019 02:43
Last Modified: 22 Oct 2021 07:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161951
[thumbnail of Rumondang Eliza Maria Sinaga.pdf] Text
Rumondang Eliza Maria Sinaga.pdf

Download (52MB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (19kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (8kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (2kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_small] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (1kB)

Actions (login required)

View Item View Item