Pengaruh Bauran Pemasaran (Produk, Harga, Tempat Dan Promosi) Terhadap Keputusan Pembelian Keripik Pisang Mahameru (Studi Kasus Di Ukm “Lumajang Store” Dusun Krajan Kandangtepus Kec. Senduro Kab. Lumajang)

Kharisma, Intan (2018) Pengaruh Bauran Pemasaran (Produk, Harga, Tempat Dan Promosi) Terhadap Keputusan Pembelian Keripik Pisang Mahameru (Studi Kasus Di Ukm “Lumajang Store” Dusun Krajan Kandangtepus Kec. Senduro Kab. Lumajang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia merupakan pasar potensial yang dapat dijadikan untuk pengembangan produk makanan, berbagai produk diperkenalkan produsen untuk mempengaruhi konsumen. Produsen dalam hal ini terus memberikan perhatian lebih terkait kondisi kebutuhan dan keinginan konsumen agar suatu produk dapat diterima dan dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama. Strategi pemasaran melalui bauran pemasaran dalam hal ini terus diperhatikan pelaku usaha agar memenangkan persaingan pasar yang semakin berkembang. Melalui perkembangannya banyak usaha yang menciptakan produk olahan makanan yang memiliki kelebihan atas inovasi yang diberikan. Salah satu usaha dari sekian banyak usaha yang melakukan inovasi pada produknya yakni Keripik Pisang Mahameru. Produk Keripik Pisang Mahameru melakukan inovasi terhadap produknya dikarenakan produk ini bermula dari keripik pisang original biasa yang dikemas dengan plastik biasa, kemudian penetapan harga yang dirasa terlalu mahal, kemudian tidak memiliki outlet, serta promosi yang tidak dilakukan intens membuat rendahnya minat beli konsumen terhadap produk Keripik Pisang Mahameru. Perhatian pada rendahnya minat beli Keripik Pisang Mahameru membuat pemilik merencanakan strategi pemasaran melalui kegiatan bauran pemasaran pada produk Keripik Pisang Mahameru yang disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Berdasarkan permasalahan yang ada dilapang, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran yang dilakukan meliputi produk, harga, tempat dan promosi terhadap keputusan pembelian produk Keripik Pisang Mahameru. Penelitian ini dilakukan di UKM Lumajang Store pada produk Keripik Pisang Mahameru, UKM ini terletak di Dusun Krajan Kandangtepus Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang. Pada penelitian ini metode pengambilan sampel menggunakan non probability sampling yang bersifat accidental sampling menggunakan rumus slovin, sehingga sampel yang digunakan sebanyak 50 orang. Alat analisis yang digunakan menggunakan analisis SEM-PLS dengan bantuan software WarpPLS 5.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Keripik Pisang Mahameru. Hal ini ditunjukkan dengan path coefficient sebesar 0.64 dan p-value kurang dari 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik produk yang ditawarkan oleh produsen maka semakin berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Variabel harga tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian Keripik Pisang Mahameru. Ditunjukkan dengan nilai path coefficients 0.18 dengan p-value 0.09. Variabel tempat menunjukkan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian produk Keripik Pisang Mahameru, karena menunjukkan p-ii value sebesar 0.19, hal tersebut melebihi syarat signifikan sebesar 0.05, dengan path coefficients sebesar 0.12. Variabel Promosi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil dari pengaruh variabel promosi ini diperoleh dengan koefisien jalur sebesar 0.31 dan p-value kurang dari 0.01. Dalam penelitian ini dapat diberikan beberapa saran yaitu sebaiknya UKM Lumajang Store hendaknya terus meningkatkan inovasi produk maupun memperbaiki perkembangan kualitas produk. Kemudian adanya perkembangan pada bagian promosi pada produk Keripik Pisang Mahameru bisa ditambah melalui kegiatan promosi intens pada acara Car Free Day maupun melalui kegiatan-kegiatan atau acara yang dilakukan di Kabupaten Lumajang maupun luar kota Lumajang. Kegiatan tersebut dilakukan sebagai sarana memperkenalkan produk unggulan dan produk khas oleh-oleh kota Lumajang.

English Abstract

Indonesia has a potential market that can be used for the development of food products, a variety of manufacturers introduced products affect consumers. Manufacturers in this case continue to give more attention regarding the condition of consumer needs and desires in order that an acceptable product and can survive in the long term. Marketing strategy through the marketing mix in this case continue to be considered businesses to win the market competition is growing. Through the growth of many businesses that create products of processed foods have an advantage over a given innovation. One of the efforts of the many businesses that innovate in products that Mahameru Banana chips. Products Banana chips Mahameru innovations to their products because these products stems of banana chips original plain packaged with ordinary plastic, then the pricing is too expensive, then do not have an outlet, as well as promotions that do not do intense for low consumers to buy the products Chips bananas Mahameru. Attention to the low buying interest Banana chips Mahameru make the owners planned marketing strategy through the marketing mix Banana chips Mahameru products tailored to the needs and desires of consumers. Based on the existing problems, the purpose of this study was to analyze the effect of the marketing mix was conducted on the product, price, place and promotion on product purchasing decisions Mahameru Banana chips. This research was conducted in Lumajang Store SME products Banana chips Mahameru, these SMEs are located in Krajan Kandangtepus Senduro Subdistrict Lumajang Regency. In this study, the sampling method using a nonprobability sampling that is accidental sampling using slovin formula, so that the sample used as many as 50 people. The analytical tool used using SEM-PLS analysis with the help of software WarpPLS 5.0. The results of this study indicate that product variables significantly influence purchasing decisions Mahameru Banana Chips. This is indicated by the path coefficient of 0.64 and p-value less than 0.05. This indicates that the better the product offered by the manufacturer the more influential the purchasing decision. Price variable has no significant effect to purchase decision of Mahameru Banana Chips. Shown with value of path coefficients 0.18 with pvalue 0.09. Place variables showed no significant effect on purchase decision of Mahameru Banana Chips, because it shows p-value equal to 0.19, it exceeds the significant requirement of 0.05, with coefficients path of 0.12. Promotion Variables have a positive and significant influence on purchasing decisions. The result of the influence of this promotion variable is obtained with path coefficient of 0.31 and p-value less than 0.01. In this study may be given some advice that should Lumajang Store SMEs should continue to improve product innovation and improve product qualityiv development. Then the development in the promotion of the product Mahameru Banana chips can be added through an intense promotional activity onevent Car Free Day as well as through activities or events conducted in Lumajang and outside the city. The activity was carried out as a means to introduce superior products and typical products souvenirs Lumajang city.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2018/296/051804896
Uncontrolled Keywords: Bauran Pemasaran, Promosi, Keputusan Pembelian,
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 07 Jan 2019 02:09
Last Modified: 19 Oct 2021 12:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161849
[thumbnail of INTAN KHARISMA.pdf] Text
INTAN KHARISMA.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (15kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (7kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (2kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_small] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (1kB)

Actions (login required)

View Item View Item