Rekrutmen Hakim Konstitusi Berdasarkan Prinsip Transparansi Dan Partisipasi (Studi Terhadap Pasal 19 Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2003 Tentang Mahkamah Konstitusi)

Basyar, Sayyidatun Nashuha (2018) Rekrutmen Hakim Konstitusi Berdasarkan Prinsip Transparansi Dan Partisipasi (Studi Terhadap Pasal 19 Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2003 Tentang Mahkamah Konstitusi). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Skripsi ini di latar belakangi oleh dinamika Rekrutmen Hakim Konstitusi, dimulai dari sejak dibentuknya Mahkamah Konstitusi hingga sekarang. Dalam penelitian juga membahas bagaimana seharusnya rekrutmen hakim konstitusi yang sesuai dengan prinsip transparansi dan partisipasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui bagaimana rekrutmen hakim konstitusi yang ada sejak di bentuknya Mahkamah Konstitusi, serta menganalisis dan mengetahui proses rekrutmen yang dilakukan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa rekrutmen yang dilakukan oleh masing-masing lembaga negara yang berwenang (Mahkamah Agung, Dewan Perwakilan Rakyat, dan Presiden), mempunyai proses yang berbeda. Baik dalam bentuk mekanisme rekrutmen selama beberapa periode maupun dalam hal individu. Hal ini diakibatkan adanya perbedaan pandangan terkait rekrutmen hakim konstitusi. Penelitian yang dilakukan dibatasi dalam hal transparansi dan partisipasi. Sehingga, ukuran bentuk rekrutmen hakim konstitusi dilihat dari transparansi dan partisipasi yang dilakukan dalam setiap rekrutmen nya. Dengan demikian, menghasilkan perbedaan-perbedaan cara ataupun konsep dari rekrutmen hakim konstitusi yang dilakukan oleh masing-masing lembaga negara.

English Abstract

This essay in the background by the dynamics of Recruitment of Constitutional Justices, starting from the establishment of the Constitutional Court until now. In the study also discusses how should the recruitment of constitutional judges in accordance with the principles of transparency and participation. The purpose of this study is to analyze and know how the recruitment of constitutional judges that existed since the form of the Constitutional Court, as well as analyze and know the process of recruitment is done. The results obtained from this study indicate that recruitment by individual authorized state institutions (Dewan Perwakilan Rakyat, Mahkamah Agung, and President), has a different process. Both in the form of recruitment mechanisms for several periods as well as in individual cases. This is due to differences in views related to the recruitment of constitutional justices. Research conducted is limited in terms of transparency and participation. Thus, the size of the form of constitutional judge recruitment is seen from the transparency and participation made in each of its recruitment. Thus, it produces differences in the way or concept of constitutional justice recruitment conducted by each state institution.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2018/292/051807333
Uncontrolled Keywords: Hakim Konstitusi, Rekrutmen, Transparansi, Partisipasi
Subjects: 300 Social sciences > 347 Procedure and courts > 347.01 Courts > 347.014 Judges
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 08 Mar 2019 02:24
Last Modified: 23 Oct 2021 05:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161797
[thumbnail of Sayyidatun Nashuha Basyar.pdf]
Preview
Text
Sayyidatun Nashuha Basyar.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item