Batasan Persamaan Pada Pokoknya Sebagai Alasan Pembatalan Merek Dagang

Farahiyah, Galuh Fadhilah (2018) Batasan Persamaan Pada Pokoknya Sebagai Alasan Pembatalan Merek Dagang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada skripsi ini, peneliti mengangkat permasalahan mengenai batasan persamaan pada pokoknya sebagai alasan pembatalan merek dagang. Pemilihan judul ini di latarbelakangi oleh adanya kekaburan hukum terkait pengaturan mengenai merek yang mempunyai persamaan pada pokoknya, selain itu juga belum ada mekanisme yang pasti dalam menilai persamaan pada pokoknya serta penilaian yang bersifat subjektif. Karena pengaturan yang masih memiliki kekaburan hukum serta belum ada mekanisme yang pasti inilah yang menyebabkan hakim dalam memutus perkara merek memiliki pertimbangan yang berbeda-beda. Hal tersebut kenyataannya mengakibatkan adanya perbedaan putusan mengenai pembatalan merek baik itu di tingkat pertama maupun kasasi pada kasus yang sama. Jenis penelitian yang dipakai yaitu penelitian yuridis normatif dengan menggunakan jenis pendekatan perundang-undangan dan pendekatan kasus, dibantu dengan bahan hukum primer, sekunder, dan tersier. Teknik analisa bahan hukum dilakukan dengan cara interpretasi gramatikal dan interpretasi sistematis menurut penulis, perlu adanya pembentukan peraturan yang mengatur terkait mekanisme penilaian persamaan pada pokoknya, serta dalam memutus perkara persamaan pada pokoknya sebaiknya dikaitkan dengan adanya itikad tidak baik, sehingga hakim dalam memberikan putusannya tidak memiliki perbedaan baik itu pada tingkat pertama maupun pada tingkat kasasi.

English Abstract

The topic of this research started from the ambiguity of law that should regulate trademark that has essential similarity. In addition, there is no specific mechanism in assessing the essential similarity, and the assessment done is too subjective. This ambiguity of law and poor mechanism spark different considerations, meaning that there are also varied decisions from the considerations over the cancellation of trademark either in court of the first instance or cassation. This research employed normative juridical method supported with primary, secondary, and tertiary legal materials. The analysis technique of the legal materials involved grammatical and systematic interpretation. It is essential that the formation of regulation which regulates the mechanism of assessment of essential similarity. Moreover, the author also suggests that the decisions made regarding the essential similarity should be related to good faith, so that the decisions made by judges are relevant in first instance and cassation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2018/311/051807352
Uncontrolled Keywords: Persamaan pada pokoknya, Pembatalan merek-essential similarity, trademark cancellation
Subjects: 300 Social sciences > 346 Private law > 346.04 Property > 346.048 Intangible property > 346.048 8 Trademarks
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 14 Jan 2019 03:11
Last Modified: 23 Oct 2021 06:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161788
[thumbnail of Galuh Fadhilah Farahiyah.pdf]
Preview
Text
Galuh Fadhilah Farahiyah.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item