Dwiartono, Satrio (2018) Rekomendasi Dan Perbaikan Proses Bisnis Menggunakan Business Process Improvement Pada Pt. Trivia Nusantara. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
PT. Trivia Nusantara adalah perusahaan supplier alat tulis kantor dan advertising serta percetakan. Dalam pelaksanaan bisnis sehari-hari, PT. Trivia Nusantara menemukan bahwa ada beberapa proses yang dilaksanakan secara kurang tepat, indikasinya adalah pemrosesan pesanan yang kurang cepat dan sering tidak singkronnya persediaan barang di gudang dengan catatan di dalam sistem. Berdasarkan adanya indikasi masalah tersebut, maka penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi proses bisnis dan menganalisa potensi masalah dan akar permasalahan yang terjadi pada proses bisnis PT. Trivia Nusantara kemudian memberikan rekomendasi untuk memperbaiki proses bisnis. Langkah pertama yang dilakukan adalah melakukan analisa proses bisnis menggunakan value chain untuk menemukan proses utama dan proses pendukung, kemudian memodelkan proses bisnis menggunakan Business Process Model and Notation (BPMN). Tahap selanjutnya adalah melakukan analisa potensi kesalahan dan efeknya terhadap proses bisnis menggunakan metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA). Proses selanjutnya adalah mencari akar permasalahan dari potensi kesalahan yang memiliki peringkat tertinggi dari setiap proses bisnis menggunakan metode 5- Whys analysis. Dari 13 potensi kesalahan yang teridentifikasi, terdapat 7 aktivitas yang tidak dapat diperbaiki menggunakan Business Process Improvement (BPI) karena akar dari permasalahannya adalah sumber daya manusia. Perbaikan proses bisnis dilakukan pada 6 aktivitas yang ada pada proses bisnis menerima order dan proses bisnis menerima barang datang menggunakan tool streamlining yang ada pada metode Business Process Improvement (BPI). Hasil dari perbaikan proses bisnis menggunakan BPI adalah penghematan waktu sebesar 83.77% atau 9 menit 33 detik per proses pada proses bisnis penerimaan order dan 1.65% atau 33 detik per proses pada proses bisnis penerimaan barang serta diharapkan mampu untuk membantu perusahaan memperbaiki proses bisnisnya.
English Abstract
PT. Trivia Nusantara is office stationary supply, advertising, and printing company. On the daily business, PT. Trivia Nusantara found out that many process are done incorrectly, the indication are order processing takes a lot of time to be done and the amount of nventory record does not match with the amount of item in the warehouse. Based on those indication, this research aims to evaluate business process and analyze potential problem that may occur and addressing the root cause of identified problem on the business process. The first step is analyzing business process using value chain to identify the main process and the secondary process, then modelling the identified process using Business Process and Model Notation (BPMN). The next step is analyzing the potential problem and its effect to the company’ business process using Failure Mode and Effect Analysis (FMEA). Next step is to identif the root cause of the highest rank from each of the company’s business processes using 5-Whys analysis method. From 13 problems identified, there are 7 activities that can not be solved with Business Process Improvement (BPI) method because the root cause of the problems are human resource. Business process improvement solves 6 activities on menerima order process and menerima barang datang process using streamlining tools on Business Process Improvement (BPI) method. The results of business process improvement are time improvement of 83.77% or 9 minutes 33 seconds per process on penerimaan order process and 1.65% or 33 seconds per process on penerimaan barang process and expected to help PT. Trivia Nusantara to improve their business process.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTIK/2018/852/051811376 |
Uncontrolled Keywords: | Proses Bisnis, Business Process Improvement (BPMN), Failure Mode and Effect Analysis (FMEA), 5-Whys Analysis, Business Process Improvement (BPI) Business process, Business Process Improvement (BPMN), Failure Mode and Effect Analysis (FMEA), 5-Whys Analysis, Business Process Improvement (BPI) |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 650.285 Computer application |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 24 Apr 2019 01:37 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 02:18 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161779 |
Preview |
Text
Satrio Dwiartono.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |