Pemenuhan Tujuan Kemanfaatan Hukum Dalam Pengaturan Klasifikasi Bidang Usaha Pada Penanaman Modal Tidak Langsung Dan Kawasan Ekonomi Khusus

Jujane, Kalila Desi (2018) Pemenuhan Tujuan Kemanfaatan Hukum Dalam Pengaturan Klasifikasi Bidang Usaha Pada Penanaman Modal Tidak Langsung Dan Kawasan Ekonomi Khusus. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada Penelitian ini, Penulis mengangkat permasalahan mengenai perubahan bidang usaha yang terbuka dengan persyaratan yang berubah menjadi bidang usaha terbuka apabila dilakukan dalam kegiatan penanaman modal tidak langsung dan kegiatan penanaman modal yang dilakukan di kawasan ekonomi khusus. Perubahan tersebut tercantum dalam Pasal 8 ayat 1 dan 2 Peraturan 44 Tahun 2016 tentang Daftar Bidang Usaha yang Tertutup dan Bidang Usaha yang Terbuka Dengan Persyaratan di Bidang Penanaman Modal. Pengecualian pemberlakuan ini menimbulkan ketidakharmonisan dengan konstitusi ekonomi kita yang tercantum dalam pasal 33 ayat 2 Undang-Undang Dasar 1945 yang mengamanatkan untuk negara melindungi cabangcabang produksi tertentu. Oleh karena itu pengecualian pemberlakuan tersebut dapat memenuhi tujuan hukum kemanfaatan. Berdasarkan latar belakang permasalahan hukum yang dikemukakan dalam penelitian ini sehingga penulis mengangkat rumusan masalah yaitu apakah perubahan bidang usaha terbuka dengan persyaratan menjadi terbuka pada kegiatan penanaman modal tidak langsung dan kawasan ekonomi khusus dapat memenuhi tujuan kemanfaatan hukum? Penulisan Skripsi ini menggunakan metode Yuridis-Normatif dengan pendekatan perundang-undangan (Statute Approach) dan pendekatan konseptual (Conceptual Approach). Bahan hukum primer, skunder dan tersier yang diperoleh penulis akan disusun dan dihubungkan sedemikian rupa sehingga akan tersusun dalam penulisan yang runtut dan sistematis dengan teknik analisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian dengan metode diatas, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada perubahan bidang usaha dari terbuka dengan syarat menjadi terbuka pada penanaman modal tidak langsung dan pada penanaman modal yang dilakukan di kaawasan ekonomi khusus belum dapat memenuhi tujuan kemanfaatan hukum apabila ditinjau dari Teori Analisis Keekonomian Hukum yang diungkapkan oleh Fajar Sugianto untuk mengukur efisiensi dan keamnfaatan terhadap suatu regulasi ekonomi atau ketentuan hukum karena tidak dapat memenuhi prinsip Equilibrium Composition, Correlated Productive, Hypothetical Bargains.

English Abstract

In this study, the authors raised the issue of changes in open business fields with requirements that turned into open business field when done in indirect investment activities and investment activities conducted in special economic zones. The amendments are contained in Article 8 paragraphs 1 and 2 of Regulation 44 of 2016 concerning the List of Closed Business Fields and Opened Business Fields with Requirements in the Field of Investment. Exceptions to this enforcement lead to disharmony with our economic constitution contained in article 33, paragraph 2 of the 1945 Constitution which mandates for the state to protect certain production branches. Therefore, the exemption of such enforcement may fulfill the purpose of the law of expediency. Based on the background of legal issues raised in this study so that the authors raised the problem formulation is whether changes in the field of open business with the requirements to be open to indirect investment activities and special economic zones can meet the purpose of legal benefits? Writing this thesis using Juridical-Normative method with the approach of legislation (Statute Approach) and conceptual approach (Conceptual Approach). Primary, secondary and tertiary legal materials obtained by the authors will be arranged and linked in such a way that will be arranged in a coherent and systematic writing with analytical techniques using qualitative descriptive method. From the results of research with the above method, the authors obtain the answer to the existing problems change the business field from open with the conditions to be open on indirect investment and on investments made in particular economic kaawasan can not meet the purpose of legal benefits when viewed from the Theory of Economic Analysis The law disclosed by Fajar Sugianto to measure the efficiency and usefulness of an economic regulation or legal provision because it can not meet the principles of Equilibrium Composition, Correlated Productive, Hypothetical Bargains.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2018/296/051807337
Uncontrolled Keywords: Penanaman Modal, Investasi, Bidang Usaha Terbuka, Kawasan Ekonomi Khusus
Subjects: 300 Social sciences > 346 Private law > 346.09 Investment and negotiable instruments > 346.092 Investment
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 06 Dec 2018 07:16
Last Modified: 23 Oct 2021 05:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161728
[thumbnail of Kalila Desi Jujane.pdf]
Preview
Text
Kalila Desi Jujane.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item