Analisis Penerapan Markerless Augmented Reality pada Video Game Memancing dengan Pendekatan Simultaneous Localization and Mapping (SLAM)

Muhammad, Dany (2018) Analisis Penerapan Markerless Augmented Reality pada Video Game Memancing dengan Pendekatan Simultaneous Localization and Mapping (SLAM). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam mengembangkan sebuah aplikasi yang memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR), salah satu metode yang paling umum digunakan adalah dengan cara memanfaatkan marker khusus. Meskipun begitu, kebutuhan akan adanya marker justru dapat membatasi kebebasan pemain saat memainkan permainan. Penelitian ini akan mengembangkan sebuah video game markerless augmented reality dengan metode Simultaneous Localization and Mapping (SLAM). Metode SLAM merupakan pendekatan di mana mapping dilakukan pada sebuah lingkungan yang tidak dikenali dan di saat bersamaan posisi relatif agen yang melakukan aktifitas tersebut ditentukan. Metode SLAM diimplemetasikan pada sebuah video game memancing yang masih menggunakan marker agar dapat dimainkan tanpa menggunakan marker. Proses implementasi dilakukan dengan menggunakan game engine Unity menggunakan package VOID AR yang tersedia secara gratis. Proses pengujian dilakukan dengan black box testing yang berfokus pada keberhasilan video game markerless augmented reality untuk memunculkan objek virtual yang stabil di lingkungan. Dari hasil pengujian dapat dilihat fungsi-fungsi video game memancing dapat berjalan dengan baik sehingga dapat diketahui bahwa video game markerless augmented reality memancing dapat dikembangkan dengan metode SLAM menggunakan package VOID AR pada game engine unity. Objek virtual terlihat paling stabil ketika lingkungan yang dikenali tidak banyak berubah ketika dibandingkan dengan lingkungan awal pada proses inisialisasi. Ketika kamera perangkat diarahkan ke lingkungan baru, objek virtual mulai terlihat tidak stabil karena video game kesulitan mengenali lingkungan baru.

English Abstract

In the development of application that utilize augmented reality, one of the most common approach is using a special marker. However, a marker can limit the player’s freedom when playing a video game that utilize augmented reality. This research will develop an augmented reality video game without any marker (markerless) using Simultaneous Localization and Mapping (SLAM) approach. SLAM is an approach of constructing or updating a map of a certain environment while keeping track of an agent's location at the same time. SLAM is implemented in an augmented reality fishing game which use marker so that the game can be played without any marker. The markerless function will be implemented using VOID AR package in Unity game engine. After markerless function implemented, black box testing is used to observe if virtual object can appear correctly in the environment. The testing result shows that markerless augmented reality fishing game can be developed with SLAM method using VOID AR package in Unity. The virtual object looks most stable when the environment that recorded in frame is not changed much. This is happened because it is easier for video game application to use SLAM approach when the features are not changed much. When the camera is directed to the new environment, new features are recorded, make it harder for video game application to adapt.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/662/051808575
Uncontrolled Keywords: Simultaneous Localization and Mapping (SLAM), markerless augmented reality, video game.
Subjects: 700 The Arts > 794 Indoor games of skill > 794.8 Electronic games
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 23 Apr 2019 01:53
Last Modified: 22 Oct 2021 01:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161727
[thumbnail of Dany Muhammad.pdf]
Preview
Text
Dany Muhammad.pdf

Download (9MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item