Strategi Bauran Pemasaran Pada Umkm Pai Apel Malang Dalam Menghadapi Munculnya Oleh-Oleh Artis Di Kota Malang

Laili, Alfiah Nur (2018) Strategi Bauran Pemasaran Pada Umkm Pai Apel Malang Dalam Menghadapi Munculnya Oleh-Oleh Artis Di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pertumbuhan wisatawan domestik atau mancanegara pada tahun 2013-2016 meningkat sekitar 37% yang terdiri dari 5.719.881 wisatawan domestik dan 129.6663 wisatawan mancanegara. Peningkatan jumlah wisatawan berdampak terhadap peningkatan sektor industri, salah satu sektor industri yang meningkat adalah industri makanan. Hal ini didukung dengan merambahnya toko oleh-oleh di Kota Malang, banyaknya toko oleh-oleh tersebut dapat menimbulkan sebuah persaingan usaha. Persaingan usaha adalah persaingan antar pelaku usaha untuk mempengaruhi pembeli atau konsumen terhadap produk tertentu. Salah satu persaingan usaha yang ramai terjadi saat ini adalah persaingan oleh-oleh artis, pesatnya perkembangan industri ini menyebabkan beberapa artis membuka toko kue oleh-oleh di berbagai daerah. Di Kota Malang terdapat 4 toko kue oleh-oleh artis, persaingan usaha terjadi antar toko kue oleh-oleh artis tetapi persaingan juga terjadi antara toko kue oleh-oleh artis dan toko oleh-oleh lokal yang ada di Malang. UMKM Pai Apel Malang merupaka salah satu toko yang mengalami dampak dari persaigan usaha tersebut, sejak bermunculannya toko kue oleh-oleh artis tejadi penurunan penjualan sebesar 50% pada tahun 2015 dan mengalami penurunan kembali pada tahun 2016 sebesar 50% dari penurunan pertama. Hal tersebut mengakibatkan kurangnya pemasukan dan kerugian bagi pemilik usaha, maka perlu dilakukan penelitian di UMKM Pai Apel Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh bauran pemasaran yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen dan menganalisis strategi pemasaran yang menjadi prioritas UMKM Pai Apel Malang untuk mengingkatkan penjualan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember – Maret 2018 pada UMKM Pai Apel Malang, responden dari penelitian ini dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama adalah konsumen berjumlah 40 responden dan kelompok kedua adalah produsen berjumlah 3 responden, jadi dumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 43 responden. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitaif dengan dua analisis data yaitu Strucrural Equation Modelling (SEM) dan Analiytical Hierarcy Process (AHP). Pada penelitian ini terapat 5 variabel yaitu Bauran Produk (X1), Bauran Harga (X2), Bauran Tempat (X3), Bauran Promosi (X4), dan Keputusan Pembelian (Y). Hasil penelitian dengan analisis SEM menunjukan hasil pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian sebesar 52% dan 48% dipengaruhi oleh variabel diluar model. Variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian adalah Bauran Harga (X2) dengan nilai 0.41. Dari Hasil tersebut maka pada analisis AHP dilakukan penentusn alternatif strategi untuk menentukan strategi penetapan harga. Berdasarkan hasil analisis AHP didapatkan hasil bahwa penetapan harga reseller memiliki bobot paling tinggi yaitu 0.355, maka strategi yang perlu dikembangkan adalah strategi penetapan harga reseller

English Abstract

The growth of domestic or foreign tourists in 2013-2016 increased about 37% consisting of 5,719,881 domestic tourists and 129,6663 foreign tourists. The increasing number of tourists has an impact on the increase of the industrial sector, one of the increasing industrial sectors is the food sector. This is supported by the increasing number of souvenir shop in the Malang city, which is this causes business competition. Business competition is competition among business actors to influence buyer or consumer to buy certain product. One of the bustling business competition today is the competition of artist's products, the rapid development of this industry has caused some artists to open cake shops in several regions. In Malang city there are 4 artist's souvenir shops, business competition happens between artist's souvenir shop but the competition also happens between the artist's souvenir shop and the local souvenir shop in Malang. SMEs Pai Apel Malang is one of the shops that has been affected by the business competition, since the spread of artist's souvenir shop, this shops has dropped sales by 50% in 2015 and declined again in 2016 by 50% bigger than the first. This resulted in a lack of income and losses for business owners, it is necessary to conduct research at SMEs Pai Apel Malang. The purpose of this study is to analyze the influence of the most influential marketing mix on consumer purchasing decisions and analyze marketing strategies that become SMEs Pai Apel Malang priority to increase sales. This research was conducted in January - March 2018 at SMEs Pai Apel Malang, respondents from this research are divided into two groups. The first group is the consumer consisted of 40 respondents and the second group is the producer consisted of 3 respondents, so the number of respondents in this study is 43 respondents. The method used in this research is descriptive quantitative with two data analysis there are Strucrural Equation Modeling (SEM) and Analiytical Hierarcy Process (AHP). In this research, there are 5 variables: Product Mix (X1), Price Mix (X2), Place Mix (X3), Promotion Mix (X4), and Purchase Decision (Y). The result of the research using SEM analysis shows that the affect of marketing mix to the purchase decision is 52% and 48% influenced by the variable outside the model. The most dominant variable influencing the buying decision is Price Mix (X2) with value 0.41. From these results then on the AHP analysis conducted determination of alternative strategies to determine pricing strategy. Based on the results of AHP analysis obtained the result that the reseller price determination has the highest weight of 0.355, so the strategy that needs to be developed is the reseller pricing strategy.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2018/295/051804895
Uncontrolled Keywords: Persaingan Usaha, Starategi Pemasaran, Keputusan Pembelian, Alternatif Strategi, Business competition, Marketing mix, Purchasing decisions, Alternative strategies
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 07 Jan 2019 06:49
Last Modified: 19 Oct 2021 12:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161667
[thumbnail of ALFIAH NUR LAILI.pdf] Text
ALFIAH NUR LAILI.pdf

Download (22MB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (14kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (6kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (2kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_small] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (1kB)

Actions (login required)

View Item View Item