Analisis Kesesuaian Lahan dan Daya Dukung Kawasan Di Pantai Kenjeran Lama Sebagai Wisata Pantai, Kelurahan Kenjeran, Kecamatan Bulak, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Akbar, Zulqi Fahreza (2018) Analisis Kesesuaian Lahan dan Daya Dukung Kawasan Di Pantai Kenjeran Lama Sebagai Wisata Pantai, Kelurahan Kenjeran, Kecamatan Bulak, Kota Surabaya, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pantai Kenjeran Lama dikenal sebagai kawasan wilayah pesisir yang lokasinya berada di bagian timur laut tepi kota Surabaya sehingga berkarakteristik sebagai daerah kota pesisir. Destinasi wisata alam pantai salah satunya terdapat di Kota Surabaya yaitu pesisir Kenjeran yang berada di bagian timur Kota Surabaya. Masyarakat Surabaya dan sekitarnya sudah umum mendengar pantai Kenjeran karena pantai tersebut merupakan objek wisata favorit dengan jumlah pengunjungnya dapat dikatakan dengan jumlah yang banyak. Tujuan penelitian ini yakni untuk dapat mengetahui nilai daya dukung (DDK) pantai Kenjeran lama untuk kegiatan wisata pantai dan untuk mengetahui nilai indeks kesesuaian (IKW) wisata pantai Kenjeran Lama untuk kegiatan wisata pantai. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 24 Maret 2018 – 24 April 2014 di Pantai Kenjeran Lama, Kelurahan Kenjeran, Kecamatan Bulak, Kota Surabaya. Metode penelitian ini menggunakan metode survey. Tahap pada penelitian ini yakni dibagi menjadi dua yakni tahap persiapan dan tahap pengumpulan data. Tahap persiapan yakni melakukan dengan cara observasi langsung di lapangan. Tahap pengumpulan data yakni data primer dan data sekunder. Data Primer yang digunakan yaitu data kualitas air, ukuran butiran sedimen, dan wawancara. Sedangkan data sekunder yang digunakan yaitu studi literatur dari penelitian terdahulu dan instansi terkait seperti BAPPEKO, Dinas Perikanan dan Kelautan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. Berdasarkan Hasil pengukuran Indeks Kesesuaian Wisata (IKW) di Pantai Kenjeran Lama menunjukkan penggunaan untuk kegiatan rekereasi dan wisata pantai termasuk dalam kategori sesuai bersyarat (S3) dengan hasil sebesar 47,8%. Nilai tersebut di dapat dari hasil rata – rata tiap stasiun dengan lokasi yang berbeda. Pantai Kenjeran lama memiliki daya dukung untuk kegiatan rekreasi pantai dengan jumlah 2.580 orang/hari dengan batas waktu yang telah disediakan dari pihak pengelola selama 9 jam dengan luasan Pantai Kenjeran Lama 4,3 Ha2 dan unit area kategori untuk rekreasi pantai seluas 50m2.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2018/833/051811259
Uncontrolled Keywords: Wisata Pantai, Daya Dukung, Indeks Kesesuaian
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.4 Secondary industries and services > 338.47 Services and specific products > 338.479 1 Services and specific products (Geography and travel)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 04 Mar 2019 02:09
Last Modified: 17 Mar 2022 01:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161549
[thumbnail of Zulqi Fahreza Akbar.pdf]
Preview
Text
Zulqi Fahreza Akbar.pdf

Download (28MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item