Penyusunan It Balanced Scorecard Untuk Pengukuran Kinerja Pusat Sim Pada Perusahaan Daerah Air Minum (Pdam) Kota Malang

Zara, Ameline Devia Mashita (2018) Penyusunan It Balanced Scorecard Untuk Pengukuran Kinerja Pusat Sim Pada Perusahaan Daerah Air Minum (Pdam) Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perusahaan Derah Air Minum (PDAM) Kota Malang adalah perusahaan penyedia air minum yang menerapkan teknologi informasi dalam menjalankan segala aktivitasnya. Hampir seluruh sistem dan aplikasi yang terintegrasi antar divisi dikelola oleh pusat Sistem Informasi Manajemen (SIM) atau yang dikenal dengan divisi TI. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kepuasan pegawai sebagai pengguna maupun pelanggan terhadap layanan yang diberikan oleh divisi TI, PDAM membutuhkan pengukuruan kinerja pada divisi TI untuk mengetahui kontribusi divisi TI dalam mencapai visi dan misi perusahaan. Penyusunan IT Balanced Scorecard merupakan metode yang tepat untuk menentukan seberapa baik kinerja divisi TI dalam menunjang pengambilan keputusan demi sejalannya visi, misi dan tujuan perusahaan berdasarkan 4 domain. Tujuan peneliti adalah untuk menyusun target Key Performance Indicator (KPI) serta inisiatif strategi untuk setiap sasaran strategi pada 4 domain IT Balanced Scorecard. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Dari hasil wawancara didapatkan 6 sasaran strategi dan 8 KPI untuk target capaian 3 tahun ke depan. Inisiatif strategis yang didapat berdasarkan ukuran target adalah meningkatkan biaya TI serta kepuasan pengguna terhadap layanan dan meningkatkan tata kelola TI serta kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) divisi TI.

English Abstract

Drinking Water Company (PDAM) of Malang City was a water supply company that applied information technology in carrying out all its activities. Almost all integrated systems and applications between divisions are managed by the center of the Management Information System (SIM) or known as the IT division. Therefore, to increase employee as a user and customer satisfaction with services provided by IT division, PDAM needs performance measurement in IT division to know the contribution of IT division in achieving company’s vision and mission. Compiling of IT Balanced Scorecard was an appropriate method to determined how well the performance of IT division in supporting decision making in vision, mission and corporate objectives based on 4 domains. The purpose of the researcher was to developed the target of Key Performance Indicator (KPI) and strategic initiatives for each strategy’s target on 4 IT Balanced Scorecard domains. The data itself are collected with interview and observation. From the interview result got 6 strategy’s target and 8 KPI for target achievement 3 years ahead. Strategic initiatives gained based on target size are increasing IT costs and user satisfaction with services and

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/419/051807579
Uncontrolled Keywords: IT Balanced Scorecard, pengukuran kinerja, Key Performance Indicator (KPI) IT Balanced Scorecard, performance measurement, Key Performance Indicator (KPI)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.403 Decision making and information management > 658.403 8 Information management > 658.403 801 1 Systems
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 09 Apr 2019 03:21
Last Modified: 18 Oct 2021 06:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161533
[thumbnail of Ameline Devia Mashita Zara.pdf]
Preview
Text
Ameline Devia Mashita Zara.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item