Hubungan Strategi Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Bumbu Masak Instan PT. Nestle Indofood Citarasa Indonesia Cabang Surabaya

Diastantri, Zastya (2018) Hubungan Strategi Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Bumbu Masak Instan PT. Nestle Indofood Citarasa Indonesia Cabang Surabaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kebutuhan manusia terus meningkat dan beragam dari waktu ke waktu. Setiap perusahaan pasti memiliki tujuan untuk dapat mengatasi kebutuhan manusia dan mendapatkan keuntungan. Saat ini banyak perusahaan bermunculan dan mengeluarkan produk yang serupa dengan kegunaan yang sama. Salah satunya perusahaan yang memproduksi bumbu instan. PT. Nestle Indofood Citarasa Indonesia merupakan salah satu perusahaan di Indonesia yang juga memproduksi bumbu instan. Banyaknya perusahaan pesaing yang bersaing dengan ketat, menyebabkan perusahaan ini tidak mencapai target penjualan pada setiap bulannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh desain kemasan, promosi, dan brand image terhadap keputusan pembelian sehingga diharapkan dapat mengatasi masalah dan menjadi bahan pertimbangan untuk menentukan kebijakan perusahaan kedepannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dikarenakan jenis data yang disajikan dalam penelitian ini nantinya adalah jenis data numerik. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian eksplanatori karena pada penelitian ini penulis ingin mengetahui pengaruh suatu variabel bebas terhadap variabel terikat. Penelitian dilakukan di area Surabaya yang termasuk dalam area pemasaran PT. Nestle Indofood Citarasa Indonesia. Pengambilan data dilakukan di Hypermart Sidoarjo Town Square pada bulan Maret 2018. Jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 40 orang. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah statistik deksriptif dan menggunakan alat analisis SEM-PLS. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa variabel desain kemasan yang memiliki koefisien sebesar 0.23 berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen pada bumbu instan. Hal ini dikarenakan nilai P-value konstruk ini <0.1, artinya variabel desain kemasan signifikan pada level 10%. Variabel promosi mempengaruhi keputusan pembelian karena memiliki nilai P-values <0.001 yang besarnya <0.1. Artinya variabel promosi berada pada level signifikansi 10%. Konstruk promosi memiliki nilai koefisien sebesar 0.64, yang artinya bahwa konstruk promosi mempengaruhi keputusan pembelian konsumen sebesar 0.64. Nilai P-values untuk konstruk brand image yaitu sebesar 0.26, artinya konstruk brand image tidak mempengaruhi keputusan pembelian konsumen karena nilai tersebut lebih besar dari level signifikansi 10%.

English Abstract

The existence of human needs that increasing and diverse cause the emergence of companies. Every company have a goal to overcome human needs and get the profit. Nowadays, there are many new companies and produce the similar product which has the similar function. One of them is instant seasoning company. PT. Nestle Indofood Citarasa Indonesia is one of the companies in Indonesia which the product is instant seasoning. Because of one companies compete with each other, causing this company does not reach the sales target in every month. The purpose of this research is to know the influence of packaging design, promotion, and brand image on consumer buying decision, so it is expected to overcome the problem and be a consideration to determine the company’s policy forward. This research use quantitative approach because there is any numerical data in this research. This research is incuding explanatory research because the writer want to know the relationship between independent variable and dependent variable. The writer do the research in Surabaya which is include in area sales of PT. Nestle Indofood Citarasa Indonesia. The data obtained from Hypermart Sidoarjo Town Square in March 2018. The number of respondents is about 40. Data analysis techniques which used in this research are descriptive statistics and using SEM-PLS. The result of this research is packaging design which the coefficient value is 0.23 influence to consumer buying decision of instant seasoning. This is because the P-value of this variable is <0.1, so the packaging design variable is significant in level 10%. Promotion variable influence consumer buying decision because the P-value is <0.001 which is <0.1. It means, the promotion variable is at the level of 10% significance. The coefficient of promotion variable is 0.64, which means that the promotion variable influence to consumer buying decision of 0.64. P-values for brand image is 0.26, it means brand image variable does not affect consum

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2018/346/051805269
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Keputusan Pembelian Konsumen, Bumbu Masak Instan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 29 Nov 2018 07:20
Last Modified: 19 Oct 2021 14:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161525
[thumbnail of ZASTYA DIASTANTRI..pdf]
Preview
Text
ZASTYA DIASTANTRI..pdf

Download (19MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item