Evaluasi Proses Bisnis Menggunakan Metode Quality Evaluation Framework (QEF) (Studi Kasus Bidang Akreditasi Dan AIM Pusat Jaminan Mutu Universitas Brawijaya)

Siswanto, Noval Ageng (2018) Evaluasi Proses Bisnis Menggunakan Metode Quality Evaluation Framework (QEF) (Studi Kasus Bidang Akreditasi Dan AIM Pusat Jaminan Mutu Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pusat Jaminan Mutu (PJM) adalah lembaga dibawah naungan rektor yang memiliki tujuan yaitu untuk menjamin mutu sistem manajemen, penelitian, dan pelaksanaan pendidikan pada Universitas Brawijaya. Penjaminan mutu pada PJM yaitu Audit Internal Mutu (AIM) dan Akreditasi, namun pada masing-masing terdapat keluhan yang diterima stakeholder. Keluhan yang diterima diantaranya yaitu pada aktivitas penggunaan sistem audit yang kurang maksimal, terkendalanya aktivitas laporan, dan pelaksanaan monitoring program studi yang tidak sesuai. Dari beberapa keluhan yang telah diterima maka dibutuhkan evaluasi terhadap aktivitas-aktivitas yang terbagi pada faktor-faktor kualitas layanannya. Maka dari itu dibutuhkan evaluasi proses bisnis saat ini menggunakan Quality Evaluation Framework (QEF). Evaluasi proses bisnis dilakukan dengan memodelkan proses bisnis saat ini terlebih dahulu dengan menggunakan Business Process Model and Notation (BPMN). Menentukan quality factor berserta taget dilakukan terhadap setiap indikator kesuksean pada poses bisnis, kemudian dilakukan kalkulasi realisasi target. Hasil kalkulasi telah dilakukan dan didapatkan quality factor yang tidak sesuai dengan target. Quality factor yang tidak sesuai akan dilakukan analisis akar permasalahan dengan menggunakan teknik fishbone diagram dan 5 whys.

English Abstract

Pusat Jaminan Mutu (PJM) is an institution under the auspices of the rector with the objective of ensuring the quality of management system, research, and implementation of education in University of Brawijaya. Quality assurance at PJM is Audit Internal Mutu (AIM) and Accreditation, but in each case there are complaints received by stakeholders. Complaints received are among the activities of the use of auditing systems that are less than the maximum, late report activity, and implementation monitoring program that is not appropriate. From several complaints that have been accepted then the required evaluation of the activities that are divided on the factors of service quality. It is therefore necessary to evaluate the current business process using the Quality Evaluation Framework (QEF). Business process evaluation is done by modeling the current business process first using Business Process Model and Notation (BPMN). Determining the quality factor along with the goal is applied to each indicator of success in business poses, then calculation of target realization is done. The result of calculation has been done and got quality factor that is not in accordance with the target. Quality factors are not suitable will be done root cause analysis by using the technique fishbone diagram and 5 whys.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/603/051808459
Uncontrolled Keywords: quality evaluation framework (QEF), business process model and notation (BPMN), fishbone diagram, 5 whys, quality factor
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.05 Computer applications
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 20 Mar 2019 02:27
Last Modified: 04 Mar 2022 02:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161436
[thumbnail of Noval Ageng Siswanto.pdf]
Preview
Text
Noval Ageng Siswanto.pdf

Download (64MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item