Martaleni (2010) Positioning Daerah Tujuan Wisata Berdasarkan pada Kepuasan, Image dan Loyalitas Konsumen (Studi pada Daerah Tujuan Wisata Malang Raya). Doctor thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Positioning yang jelas dan berbeda (unik) dipandang merupakan bagian integral dalam strategi pemasaran wisata, dimana hal tersebut sangat berkaitan dengan karakteristik layanan daerah tujuan wisata dan kebutuhan wisata yang semakin kompleks. Penelitian ini bertujuan menguji hubungan kualitas layanan, kepuasan, image dan loyalitas konsumen sebagai dasar evaluasi strategi positioning dan untuk mengidentifikasi celah pasar yang dapat digunakan sebagai pengembangan strategi positioning/repositioning suatu daerah tujuan wisata. Data dikumpulkan dari wisatawan nusantara yang berasal dari luar daerah Malang Raya melalui pertanyaan tertutup dan terbuka. Dari 232 kuesioner yang terkumpul dianalisis dengan teknik statistik Partial Least Square (PLS). Jawaban dari pertanyaan terbuka diperlukan untuk memperkuat keunikan daerah tujuan wisata Malang Raya secara holistic. Dari penelitian ini ditemukan bahwa kualitas layanan berpengaruh kuat terhadap kepuasan konsumen dan kedua variable tersebut berpengaruh positif pada loyalitas konsumen baik secara langsung maupun melalui image . Berdasarkan nilai hubungan antar variable kualitas layanan dan kepuasan konsumen tersebut, diperoleh informasi bahwa indicator daya tarik objek wisata merupakan indicator yang paling kuat mengukur kepuasan konsumen. Dengan menghubungkan hasil pengujian statistik dengan analisis dari pertanyan terbuka, dapat diidentifikasi celah untuk pengembangan positioning daerah tujuan wisata Malang Raya sebagai daerah tujuan wisata yang memiliki daya tarik objek wisata yang sejuk dan murah. Hasil kajian ini dapat menyediakan bagi para peneliti dan perencana pemasaran wisata beberapa pengetahuan untuk melihat celah pasar yang tepat berdasarkan kekuatan (keunikan) atribut daerah tujuan wisata yang berada dalam pikiran wisatawan. Nilai penelitian ini akan menambah pengetahuan baru terhadap kerangka literature pemasaran tentang empat variable: kualitas layanan, kepuasan konsumen, image dan loyalitas konsumen, ketika dikombinasikan secara bersama-sama dapat menyediakan atribut yang kuat, sehingga dapat digunakan dalam mengidentifikasi celah pasar guna pengembangan strategi positioning sebuah daerah tujuan wisata.
English Abstract
Clear and distinct positioning (unique) are considered an integral part of tourism marketing strategy, these are concerned with the characteristics of tourist destination services and the increasingly complex needs of tourism. This study aims to test the relationship between service quality, satisfaction, image and customer loyalty as a basis evaluating and identifying niche market that can be used for the positioning strategy development or repositioning of tourism destination. Data were collected from domestic tourists which come from outside of Malang Raya by closed and open question, 232 questionnaires were collected and analyzed using statistical techniques Partial Least Square (PLS). The open questions are presented to explain strongly the uniqueness of tourist destination in Malang Raya as a whole. This study found that the was strong influence of service quality on customer satisfaction and the two variables are positively affects customer loyalty directly or through image. Base on the value of relationships of variables of service quality and customer satisfaction, it is obtained that the indicator of a tourist attraction is the most powerful indicator measuring consumer satisfaction. The statistical test results and analysis of open question, identified market niche for development of tourist destination positioning Malang Raya as a tourist destination is cool and cheap place. The results of this study can be used by researchers and tourism marketing planners to look at some the strengths of the right market (uniqueness) attributes tourist destination in the minds of tourists. The value of this research will add new framework of the marketing literature on four variables: service quality, customer satisfaction, image and consumer loyalty, when combined together can provide strong contribution, which can be used in identifying niche markets in order to developing a strategy on positioning tourist destination.
Item Type: | Thesis (Doctor) |
---|---|
Identification Number: | DES/658.834 3/MAR/p/061003470 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing |
Divisions: | S2/S3 > Doktor Kimia, Fakultas MIPA |
Depositing User: | Endro Setyobudi |
Date Deposited: | 10 Jan 2011 11:30 |
Last Modified: | 10 Jan 2011 11:30 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161316 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |