Jenis Kelamin sebagai Moderasi Pengaruh Switching Barriers terhadap Kepuasan Konsumen dan Perilaku Word-of-Mouth (Studi pada Konsumen Handphone Merek BlackBerry di Kota Malang)

Dhewi, TitisShinta (2014) Jenis Kelamin sebagai Moderasi Pengaruh Switching Barriers terhadap Kepuasan Konsumen dan Perilaku Word-of-Mouth (Studi pada Konsumen Handphone Merek BlackBerry di Kota Malang). Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: (1) pengaruh Switching Barriers terhadap Kepuasan Konsumen; (2) pengaruh Kepuasan Konsumen terhadap Word-of-Mouth ; (3) pengaruh Switching Barriers secara langsung terhadap Word-of-Mouth ; (4) apakah Kepuasan Konsumen sebagai mediasi pengaruh Switching Barriers terhadap Word-of-Mouth ; (5) apakah jenis kelamin sebagai: moderasi pengaruh Switching Barriers terhadap Kepuasan Konsumen, Kepuasan Konsumen terhadap Word-of-Mouth , dan Switching Barriers terhadap Word-of-Mouth . Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna BlackBerry di Kota Malang pada kategori usia dewasa awal (20-40 tahun) yang telah menggunakan fasilitas layanan BlackBerry tidak kurang dari 12 bulan. Sebanyak 250 responden ditetapkan sebagai sampel yang terbagi atas 125 responden perempuan dan 125 responden laki-laki. Para responden tersebut ditemui di berbagai public area di Kota Malang. Analisis GSCA dan analisis variabel moderasi multigrup digunakan untuk menjawab hipotesis. Temuan penelitian menunjukkan (1) jenis kelamin bukan sebagai variable moderasi pada semua hubungan yang ditetapkan pada penelitian ini; (2) semakin lemah hubungan konsumen-merek maka semakin rendah pula kepuasan konsumen dari sisi kepuasan emosional sehingga semakin rendah pula motivasi konsumen melakukan Word-of-Mouth berdasarkan keinginan untuk mengekspresikan persahabatan, kepedulian, dan berbagi kesenangan dengan orang lain. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis bahwa (1) Switching Barriers berpengaruh terhadap Word-of-Mouth hanya jika terdapat Kepuasan Konsumen sebagai variabel mediasi; (2) Baik perempuan maupun laki-laki tidak berbeda dalam menyikapi Switching Barriers , Kepuasan Konsumen, dan Word-of-Mouth . Oleh karena itu, disarankan kepada BlackBerry untuk meningkatkan switching barriers produknya, yaitu (1) Dengan cara membuat konsumen merasa sebagai bagian dari merek Blackberry agar kepuasan konsumen meningkat sehingga motivasi melakukan Word-of-Mouth pun lebih tinggi; (2) Tidak perlu menggunakan variabel jenis kelamin s

English Abstract

This research aimed at finding out and analyzing: (1) the effect of Switching Barriers on consumers` satisfaction; (2) the effect of consumers` satisfaction on Word-of-Mouth behavior; (3) the direct effect of Switching Barriers on consumers` Word-of-Mouth behavior; (4) whether consumer`s satisfaction mediates the effect of Switching Barriers on Word-of-Mouth behavior; and (5) whether gender moderates the effect of Switching Barriers on consumers` satisfaction, the effect of consumers` satisfaction on Word-of-Mouth behavior, and the effect of Switching Barriers on Word-of-Mouth behavior. The population of this research was Blackberry users in Malang in young-adult category (20 to 40 years old) who have used Blackberry service for no less than twelve months. The sample was 250 respondents comprising 125 females and 125 males. The respondents were gathered from various public areas in Malang. GSCA analysis and multi-group moderation variable analysis were employed to test the hypotheses. The study found that (1) gender was not a moderation variable in all relationships established in this research; (2) the weaker the relationship between consumers and brands was, the lower the consumers` emotional satisfaction got, so the consumers` motivation to do Word-of-Mouth based on their desire to express friendship, show care, and share enjoyment with others became lower, too. This research has yielded some theoretical implications that (1) Switching Barriers affects Word-of-Mouth behavior only when consumers` satisfaction as a mediating variable is present and (2) female and male consumers show no different attitudes regarding Switching Barriers, Consumers` Satisfaction, and Word-of-Mouth behavior. Therefore, it is suggested that Blackberry increase its products` Switching Barriers by (1) making the consumers feel like they are a part of Blackberry brand, so that the consumers` satisfaction increases to motivate them to do more Word-of-Mouth and (2) not necessarily using gender as the basis for segmentation. Finally, it is suggested that further research analyze Blackberry users` e-WoM behavior.

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: DES/658.834 3/DHE/j/061403516
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Doktor Kimia, Fakultas MIPA
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 03 Jul 2014 11:24
Last Modified: 03 Jul 2014 11:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161314
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item