Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Paket Ayam Goreng Pada Restoran Fast Food Di Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara

Kalangi, JolandaKJ (2013) Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Paket Ayam Goreng Pada Restoran Fast Food Di Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara. Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Usaha fast foodpada masa sekarang ini merupakan salah satu industri jasa yang berkembang dengan begitu pesatnya dan makin digemari masyarakat Indonesia terutama yang tinggal di area perkotaan. Beranekaragamnya produk makanan cepat saji seperti fried chicken, hamburger dan hotdog serta french fries juga berbagai produk lainnya yang disediakan oleh restoran fast food semakin disukai, hal ini disebabkan gaya hidup masyarakat perkotaan yang cenderung bersifat praktis sesuai dengan dinamika dan akitifitas kehidupan yang serba cepat. Konsumen menjadi fokus utama dalam kegiatan pemasaran pada konsep pemasaran modern. Kebijakan dan strategi pemasaran dapat ditentukan oleh pengetahuan dan pemahaman mengenai perilaku konsumen sebagai masukan berharga bagi pemasar; mengapa dan bagaimana konsumen mengambil keputusan dalam pembelian produk fast food. Perilaku pembelian oleh konsumen dipengaruhi oleh faktor-faktor sosial-budaya, pribadi, dan psikologis; disamping itu juga dipengaruhi oleh faktor bauran pemasaran. Berkembangnya kota Manado sebagai kota ekowisata, menyebabkan berkembangnya restoran-restoran cepat saji menjadi cukup banyak, diikuti dengan peningkatan jumlah pengunjungnya. Seiring dengan itu pula, ada kecenderungan perubahan gaya hidup dan pola makan masyarakat di Manado, sehingga pengusaha restoran makanan cepat saji berusaha untuk meningkatkan bauran pemasarannya. Apakah faktor bauran pemasaran restoran fast food dan faktor-faktor sosial budaya, pribadi, dan psikologis mempengaruhi perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian produk ayam goreng, kemudian apakah faktor-faktor tersebut termasuk keputusan pembelian berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada restoran fast food di Kota Manado, merupakan permasalahan utama dilakukannya penelitian ini. Berdasarkan faktor-faktor di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Pengaruh faktor bauran pemasaran(product, price, place, promotion, process, people, dan physicalevidence) restoran fast food dan faktor sosial budaya, pribadi, serta psikologis terhadap perilaku konsumendalam pengambilan keputusan pembelian produk ayam goreng oleh konsumen pada restoran fast food di Kota Manado. 2. Pengaruh faktor bauran pemasaranrestoran fast food dan pengaruh faktor sosial budaya, pribadi, dan psikologis terhadap tingkat kepuasan konsumen pada restoran fast food di Kota Manado. 3. Pengaruh keputusan pembelian produk ayam goreng terhadap kepuasan konsumen restoran fast food di Kota Manado. Hipotesis dirumuskan sebagai berikut : 1. Faktor bauran pemasaran(product, price, place, promotion, process, people, dan physicalevidence) restoran fast food dan faktor sosial budaya, kepribadian, serta psikologis berpengaruh positif terhadap perilaku konsumendalam pengambilan keputusan pembelian produk ayam goreng oleh konsumen pada restoran fast food di Kota Manado. ix 2. Bauran pemasaran:product, price, place, promotion, process, people dan physical evidence serta kondisi latar belakang sosial budaya, kepribadian dan psikologis berpengaruh positif terhadaptingkat kepuasan konsumen pada restoran fast food di Kota Manado. 3. Keputusan pembelian berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada restoran fast food di Kota Manado Penelitian ini berlangsung selama 2 bulan, dari bulan September 2011 sampai dengan November 2011, pada restoran-restoran fast food, yakni RA, RB, RC, dan RD di Kota Manado. Responden dalam penelitian adalah konsumen dan pengusaha dari restoran fast food tersebut. Ukuran sampel adalah 120 untuk setiap restoran, ditentukan secara accidental sampling pada saat peneliti bertemu langsung dengan konsumen sebagai responden sampel. Data yang digunakan dalam penelitian selain data primer yang diperoleh langsung dari responden restoran fast food, juga data sekunder yang diperoleh dari sumber-sumber data kepustakaan dan data dokumenter yang dipublikasi dari pihak terkait. Tehnik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan dalam menganalisis data empiris adalah analisis statistik deskripsi dan analisis statistik inferensial. Ukuran deskriptif adalah pemberian angka, baik dalam jumlah responden beserta nilai rata-rata jawaban responden maupun prosentase. Analisis data ini digunakan untuk memberikan gambaran tentang faktor-faktor bauran pemasaran (product, price, place, promotion, process, people, physicalevidence), sosial budaya, pribadi, psikologis, keputusan pembelian, dan kepuasan konsumen. Kategori jawaban respoden ditentukan berdasarkan skala sebagai berikut: 1,00 – 1,80 (sangat rendah); 1,81 - 2,60 (rendah); 2,61 - 3,40 (sedang); 3,41 - 4,20 (tinggi); 4,21 - 5,00 (sangat tinggi). Metode statitik inferensial yang digunakan dalam analisis data penelitian ini adalah Structural Equation Modeling (SEM). SEM digunakan untuk menguji hipotesis penelitian. Pola hubungan antar variabel yang diteliti merupakan hubungan sebab akibat dari satu atau beberapa variabel eksogen (X) dengan satu atau beberapa variabel endogen (Y). Hubungan atau persamaan yang diuji dalam penelitian ini, meliputi pengaruh dari setiap faktor dalam variabel endogen (X), yaitu: product (X1); price (X2); place (X3); promotion (X4); process (X5); people (X6); physicalevidence (X7); sosial budaya (X8); pribadi (X9); dan psikologis (X10) terhadap keputusan pembelian (Y1), serta pengaruhnya terhadap kepuasan konsumen (Y2), dan kemudian pengaruh keputusan pembelian (Y1) terhadap kepuasan konsumen (Y2). Analisis Deskriptif.  Profil konsumen. Karakteristik responden sebagai konsumen menunjukkan, bahwa responden, terdiri dari 31,5% pria dan 68,5% wanita, yang didominasi oleh konsumen berumur < 20 (36,25%) dan 20-30 tahun (35%). Mayoritas tingkat pendidikan responden berada di tingkat SMA (33,13%) dan berpendidikan sarjana (32,92%). Sementara itu, pada skala kunjungan per bulan, 32,92% responden berkunjung satu kali, dan 32,29% konsumen berkunjung 2 sampai 3 kali dalam sebulan. Konsumen merasa `puas` (3,41-4,20) terhadap bauran pemasaran yang ditawarkan restoran-restoran RA, RB, RC dan RB. Tingkat kepuasan konsumen terhadap product, price, place, promotion, proces, people dan physical evidence, secara berturutan 3,93; 3,87; 3,78; 3,67; 3,90; 3,90; dan 3,77.  Faktor-faktor sosial budaya dan pribadi `cukup mempengaruhi` konsumen dalam memilih restoran cepat saji, dimana nilai rata-rata variabel, masing-masing 3,17 dan 3,08, sedangkan faktor psikologis pada tingkatan `mempengaruhi` dengan nilai 3,44. Keputusan konsumen dalam membeli produk, selain dipengaruhi oleh faktor kepuasan konsumen dari pembelian sebelumnya, juga dipengaruhi faktor-faktor mencari variasi, dan tidak adanya waktu mencari alternatif, dimana rata-rata nilai variabelnya adalah 3,45. Analisis pada tingkat kepuasan konsumen, menunjukkan bahwa faktor-faktor cita rasa, layanan restoran, lingkungan restoran, dan kepuasan kosumen secara keseluruhan `mempengaruhi` tingkat kepuasan konsumen, dimana nilai rata-rata variabel adalah 3,57. Hasil analisis pengaruh antar variabel menurut model persamaan struktural (SEM), menunjukkan bahwa: Faktor-faktor bauran pemasaran (X1–X7) berpengaruh nyata terhadap keputusan pembelian konsumen (Y1), dimana nilai P dari setiap faktor bauran pemasaran adalah, sebagai berikut: product (P

English Abstract

Fast food businesses at the present time is one of the service industry that expanding so rapidly, and more popular among the people in Indonesia, especially those living in urban areas. Great variety of fast-food products such as fried chicken, hamburgers and hot dogs and french fries are also a variety of other products provided by fast food restaurants, are increasingly favored, where this is caused by the urban lifestyle that tend to be practical in accordance with the dynamics and fast-paced life activity. Consumers are the primary focus in marketing activities in the modern marketing concept. Policies and marketing strategies can be determined by knowledge and understanding of consumer behavior as valuable input for marketers; why and how consumers make decisions in purchasing fast food product. Consumer purchasing behavior is influenced by social-cultural, personal, and psychological factors; besides that it is also influenced by the marketing mix. The development of Manado as the eco-tourism city, causing the development of fast-food restaurants to be quite a lot, followed by an increasing number of visitors. Along with that, there is a trend of change in lifestyle and diet preferences of the people in Manado, so that a fast food restaurant entrepreneur trying to improve its marketing mix. How does the marketing mix factors of the fast food restaurant and the socio-cultural, personal, and psychological factors influence the consumer behavior towards purchasing decisions fried chicken products, subsequently, whether these factors as well as the purchase decision will affect the consumer satisfaction on the fast food restaurants in Manado, was the main issues of this study. Based on the above factors, this research is aimed to find out: 1. The influence of marketing mix (product, price, place, promotion, process, people, and physical evidence) of the fast food restaurants and the influence of socio-cultural factors, personal, and psychological on purchasing decisions of fried chicken product by consumers in Manado city. 2. The influence of marketing mix factors of the fast food restaurants and the influence of social, cultural, personal, and psychological on consumers satisfaction in Manado. 3. The influence purchasing decisions of fried chicken product of the fast food restaurants towards customer satisfaction in Manado city. Hypothesis: 1. Marketing mix i.e. product, price, place, promotion, process, people and physical evidence of the fast food restaurants in Manado city affect on purchase decisions of fried chicken products by consumers 2. Marketing mix i.e. product, price, place, promotion, process, people and physical evidence of the fast food restaurants in Manado city have positive relationship with customer satisfaction 3. Purchasing decisions affect the consumer satisfaction in the fast food restaurants in Manado This research has been carried out for about 2 months, since September 2011 till November 2011 at four fast food restaurants in Manado, namely RA, RB, xiii RC, and RD restaurants. Respondents in the study were consumers and entrepreneurs of the fast food restaurants. The sample size was 120 of each, which is determined by accidental sampling when researchers meet directly the consumer as the sample of respondents. Data used in the study were the primary data obtained directly from the respondents of fast food restaurants, and also the secondary data obtained from literature data sources and documentary data published from related parties. Data used in the study were the primary data obtained directly from respondents fast food restaurants, as well as secondary data obtained from literature data sources and documentary data that published from relevant sources. The techniques used in data collection were the techniques of questionnaires, interviews and documentation. The analytical method used in analyzing empirical data was statistical analysis description and inferential statistical analysis. Descriptive measure is the provision of figures, both in the number of respondents with average values and percentage of respondents answers. Theanalyzed data were used to provide an overview of the factors of marketing mix (product, price, place, promotion, process, people, physical evidence), socio-cultural, personal, psychological, purchasing decisions, and consumer satisfaction.Respondents response categories were determined based on the following scales: 1.00 to 1.80 (very low), 1.81 to 2.60 (low), 2.61 to 3.40 (moderate), 3.41 to 4.20 (high), 4.21 to 5.00 (very high). The statistical inferential methods used in data analysis of this study was the Structural Equation Modeling (SEM). It was used to test the research hypothesis. Patterns of relationships among variables that will be examined is the causal relationship of one or more exogenous variables (X) with one or more endogenous variables (Y). The patterns of relationships among the variables studied was a causal relationship from one or more exogenous variables (X) with one or more endogenous variables (Y). The relationships or equations that tested in this study, involves the effect of each factor within the endogenous variables (X), namely: product (X1); price (X2), place (X3); promotion (X4); process (X5), people (X6); physical evidence (X7); socio-cultural (X8); personal (X9), and psychological (X10), towards the purchase decisions (Y1) as well as its effect towards the customer satisfaction (Y2), and then the effect of the purchasing decisions (Y1) towards the consumers satisfaction (Y2). Descriptive Analysis.  Consumer profiles. Characteristics of the respondents as the consumers showed, that the respondents, made up of 31.5% men and 68.5% women, which is dominated by consumers aged <20 (36.25%) and 20-30 years (35%). The majority of respondents education level was in high school level (33.13%) and graduate education (32.92%). Meanwhile, on a scale of visits per month, 32.92% of respondents visited one time, and 32.29% of consumers visit 2 to 3 times a month. Consumers feel `satisfied` (3.41 to 4.20) for the marketing mix at the restaurants RA, RB, RC and RB. The level of customer satisfaction on the product, price, place, promotion, proces, people and physical evidence, successively 3.93; 3.87; 3.78; 3.67; 3.90; 3.90, and 3.77. Socio-cultural factors and personal `sufficiently affected` the consumers in choosing a fast-food restaurant, where the average value of the variable, respectively 3.17 and 3.08, whereas psychological factors on the level of ` affected ` with a value of 3.44. xiv  Consumer s decision to purchase the product was influenced by the following factors, i.e. consumer satisfaction from previous purchases factor, looking for variations for variation, and the lack of time looking for an alternative, where the average value of each variable was 3.45 or at the category level of `affected` Analysis on the level of consumer satisfaction, suggesting that the taste, restaurants service, restaurants environment, and the overall customers satisfaction factors, were affected the level of customer satisfaction, where the average value of each variable was 3.57. Analysis of the relationship between variables by the struct

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: DES/658.834 2/KAL/p/061310056
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Doktor Ilmu Ternak, Fakultas Peternakan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 18 Jun 2014 08:07
Last Modified: 18 Jun 2014 08:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161307
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item