Ardhanari, Margaretha (2013) Perilaku Konsumen Jawa Mataraman di Jawa Timur pada Pemilihan Format Ritel (Kajian Etnografi). Doctor thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan menggali dan mengkontruksi sikap, norma-norma subyektif dan persepsi kontrol perilaku konsumen Jawa Mataraman di Jawa Timur dalam memilih format ritel untuk berbelanja. Pendekatan penelitian adalah kualitatif dengan paradigma interpretif dan menggunakan metode etnografi. Theory of Planned Behavior (Ajzen, 2005) dan dimensi budaya (Hofstede, 1997) sebagai pendekatan untuk menganalisis data penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah memberikan gambaran perilaku konsumen Jawa Mataraman dalam pemilihan format ritel untuk berbelanja, maka penelitian ini dapat berkontribusi dalam pengembangan ilmu dan pengetahuan pada bidang ilmu manajemen khususnya disiplin ilmu pemasaran yang berhubungan dengan pemasaran ritel. Selain itu, penelitian ini dapat memberikan pemahaman baru pada studi perilaku konsumen, khususnya perilaku konsumen dengan latar belakang budaya dan etnis Jawa Mataraman di JawaTimur yang masih jarang diteliti serta menambah khasanah kajian karena menggunakan pendekatan kualitatif interpretif dalam penelitian pemasaran melalui penerapan metode etnografi , sehingga mampu mengkonstruksi perilaku konsumen Jawa Mataraman di JawaTimur. Terdapat tiga nilai budaya yang masih dipertahankan oleh konsumen Jawa Mataraman dalam memilih format ritel untuk berbelanja yaitu 1) Harmonisasi, yaitu keyakinan bahwa aktivitas berbelanja juga merupakan manivestasi nilai rukun dan hormat yang menjadi dasar perilaku orang Jawa; 2) Keinginan nyedulur yaitu keyakinan bahwa berbelanja bukan saja memiliki nilai ekonomi tetapi juga nilai sosial sehingga merupakan sarana untuk berinteraksi dan menambah persaudaraan; 3) Welas asih yaitu merupakan keyakinan bahwa berkah yang diterima harus disyukuri dan akan menjadi lebih berguna jika juga dibagikan pada orang lain; dan 4) Hedonis adalah keyakinan bahwa identitas sosial sangat penting dan pada pemilihan format ritel, sangat memperhatikan atribut ritel, unsur rekreasional, dan status sosial.
English Abstract
This research aims to investigate and construct the attitude, subjective norms and controlling perception of Mataraman Java behavior on the choosing of retail format to shop in East Java. This research uses qualitative approach with an interpretive paradigm and ethnographic method. Theory of Planned Behavior (Ajzen, 2005) and culture dimension (Hofstede, 1997) are used as an approach to analyze research data. The result of this research is giving a description of Mataraman Java consumer behavior in choosing retail format to shop, it gives contribution to the development and knowledge of management science specifically to those concerning to the retail marketing. Besides, this research gives a brand new understanding on the study of consumer behavior, especially consumer behavior of which the culture and ethnic background is Mataraman Java in East Java which is not being fully explored yet and this also expands the storage area for the valuable objects of the study since it uses an interpretative-qualitative approach on the research of marketing through an appliance of ethnography method, so it could construct the behavior of Mataraman Java consumer in East Java. There are three cultures being well hold out by the Mataraman Java consumers in choosing retail format to shop; they are: 1) harmonization, a belief that shopping activity is either a manifestation of peace and honor, being the basic of Mataraman Java`s attitude; 2) the desire to be nyedulur is a belief that shopping has not only economic values but also social values that becomes a way to interact and enlarge brotherhood; 3) Welas asih is a belief that we should thank to God on all of blessing we have got and it would be nice when we could share it to the others; and 4) Hedonic is a belief that social identity is the first priority on the choosing of retail format, having a big attention to the retail attribute, recreational element, and social status.
Item Type: | Thesis (Doctor) |
---|---|
Identification Number: | DES/658.834 2/ARD/p/061303572 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing |
Divisions: | S2/S3 > Doktor Kimia, Fakultas MIPA |
Depositing User: | Endro Setyobudi |
Date Deposited: | 09 Jul 2013 11:11 |
Last Modified: | 09 Jul 2013 11:11 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161306 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |