Pengaruh Kualitas Layanan, Citra Institusi dan Nilai-Nilai Keislaman terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Studi pada Universitas Muhammadiyah di Jawa Timur)

Qomariah, Nurul (2012) Pengaruh Kualitas Layanan, Citra Institusi dan Nilai-Nilai Keislaman terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Studi pada Universitas Muhammadiyah di Jawa Timur). Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel kualitas layanan, citra intitusi dan nilai-nilai keislaman terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan pada Universitas Muhammadiyah di Jawa Timur. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Universitas Muhammadiyah yang ada di Jawa Timur yang berjumlah 46.479 mahasiswa. Sedangkan sampel penelitian adalah sebesar 400 yang diambil dengan menggunakan rumus Slovin. Untuk sampel setiap universitas digunakan metode Proportional Random Sampling. Metode analisis yang digunakan adalah dengan analisis jalur dengan metode SEM (Structural Equational Modelling) dengan bantuan software AMOS 18.00. Hasil temuan dari penelitian ini adalah bahwa : 1) Variabel citra institusi dan nilai-nilai keislaman berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, 2)Variabel kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, 3) Variabel kualitas layanan tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan,4) Variabel kualitas layanan, citra institusi dan nilai-nilai keislaman tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan.

English Abstract

The objective of this study is to examine and analyze the influence of service quality, image of institution and islamic value on customer satisfaction and customer loyality on Muhammadiyah University in East Java. The population of this study was all the student of Muhammadiyah University in East Java, as many as 46.479 people. The sampling technique was taken using proportional random sampling. The sample in this study is amounted to 400 student. Statistical analysis used to test the hypothesis is Structural Equation Models (SEM) with helping AMOSS 18 software. The result of the study showed that 1) the image of institution and islamic value significantly influences to customer satisfaction, 2) the customer satisfaction significantly influences to customer loyality, 3) the service quality do not significaly influence to customer satisfaction, 4) the service quality, image of intitution and islamic value do not significantly influence to customer loyality.

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: DES/658.812/QOM/p/061204266
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Doktor Kimia, Fakultas MIPA
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 30 Jan 2013 09:43
Last Modified: 30 Jan 2013 09:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161295
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item