Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Berbasis Komputer

Hidayatullah, Syarif (2008) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Berbasis Komputer. Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini didasarkan atas kenyataan semakin meningkatnya penggunaan Teknologi Informasi yang digunakannya oleh pihak perbankan untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada nasabah. Selain itu, penelitian ini juga terinspirasi dari penelitian yang dilakukan oleh Mc. Keen at.,al. (1994) yang menguji pengaruh partisipasi pengguna terhadap kepuasan pengguna dengan faktor kontingensi sebagai variabel moderating, serta penelitian yang dilakukan oleh Lawrence and Low (2003) yang menguji pengaruh partisipasi pengguna dengan variabel lain seperti dukungan manajemen puncak, harapan dan pengalaman sebelumnya dengan komputer terhadap kepuasan pengguna. Masalah yang ingin diangkat dalam penelitian ini adalah apakah partisipasi pengguna, dukungan manajemen puncak, harapan pengguna sistem, dan pengalaman sebelumnya dengan komputer berpengaruh langsung terhadap kepuasan pengguna dan apakah partisipasi pengguna, dukungan manajemen puncak, harapan pengguna sistem dan pengalaman sebelumnya dengan komputer berpengaruh secara tidak langsung terhadap kepuasan pengguna melalui kontingensi sebagai variabel intervening serta apakah Kontingensi sebagai variabel intervening berpengaruh secara langsung terhadap kepuasan pengguna. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empirik dan untuk menemukan kejelasan fenomena tentang partisipasi pengguna, dukungan manajemen puncak, harapan, pengalaman dengan komputer dan kepuasan pengguna sistem informasi dengan pendekatan kontigensi sebagai intervening variabel. Sedangkan secara khusus tujuan penelitian ini pertama untuk mengetahui pengaruh langsung partisipasi pengguna, dukungan manajemen puncak, harapan pengguna sistem, dan pengalaman sebelumnya dengan komputer terhadap kepuasan pengguna, kedua untuk mengetahui pengaruh tidak langsung partisipasi pengguna, dukungan manajemen puncak, harapan pengguna sistem, dan pengalaman sebelumnya dengan komputer terhadap kepuasan pengguna melalui kontingensi sebagai variabel intervening dan ketiga untuk mengetahui dengan pasti bahwa dengan penggabungan dua model pengembangan sistem informasi dengan variabel yang berbeda dapat mengurangi kegagalan penerapan desain sistem yang ada. Jenis penelitian ini adalah Explanatory research , yaitu penelitian yang bertujuan untuk menerangkan pengaruh atau hubungan beberapa variabel. Adapun yang menjadi responden dalam penelitian ini adalah karyawan perbankan yang ada di Jawa Timur dan memenuhi kriteria yang disyaratkan peneliti seperti manajer departemen, spesialis informasi ( Analisis sistem/programer/database administrator ), dan staff Operasional dengan sample sebanyak 288. Untuk menguji pengaruh dari masing-masing variabel digunakan teknik analisis Structural Equation Modeling SEM (AMOS 4.01). Hasil penelitian dukungan majemen puncak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pengguna, pengalaman sebelumnya dengan komputer berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna, partisipasi pengguna berpengaruh secara tidak langsung dan signifikan terhadap kepuasan pengguna melalui kontingensi sebagai variabel intervening, dukungan manajemen puncak berpengaruh secara tidak langsung dan signifikan terhadap kepuasan pengguna melalui kontingensi sebagai variabel intervening, harapan berpengaruh secara tidak langsung dan signifikan terhadap kepuasan pengguna melalui kontingensi sebagai variabel intervening, pengalaman sebelumnya dengan komputer berpengaruh secara tidak langsung dan signifikan terhadap Kepuasan melalui kontingensi sebagai variabel intervening, kontingensi sebagai variabel intervening berpengaruh langsung dan signifikan terhadap kepuasan pengguna terdukung data empiris dan diterima. Sedangkan untuk partisipasi pengguna berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna, harapan pengguna berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna tidak terdukung data empiris dan ditolak. Implikasi Hasil Penelitian. Dari hasil penelitian ini ditunjukan bahwa partisipasi saja tidak cukup untuk menciptakan kepuasan pengguna sistem informasi, selain diajak berpartisipasi diharapkan pengguna sistem informasi juga dilibatkan secara emosional, sehingga mereka tidak hanya ikut serta baik secara fisik dalam pengembangan sistem informasi tetapi juga terlibat secara psikis, sehingga mereka merasa bahwa sistem yang dikembangkan dan sistem yang ada merupakan suatu yang penting bagi mereka secara individu maupun secara organisasi. Untuk melibatkan pengguna secara emosional, yang perlu diperhatikan adalah banyaknya waktu yang digunakan dalam pengembangan sistem informasi. Semakin banyak dan sering pengguna terlibat dan dilibatkan dalam seluruh tahapan pengembangan sistem informasi, atau semakin banyak waktu yang digunakan untuk terlibat dalam pengembangan sistem informasi, maka tercipta keterlibatan secara emosional dalam sistem yang ada, selain itu dengan banyaknya waktu yang digunakan dalam pengembangan sistem informasi. Selain

English Abstract

This research is based on the fact that application of information technology in banking environment is increasing high, primary is used for making a maximum services for the banking customer. Problems of this research are about user participation, top management support, expectation of system`s user, and previous experience with computer, are these variables have a direct impact to user`s satisfaction, or have indirect impact to user`s sat isfaction in relation to contingency as intervening variable, and does contingency as intervening variable has a direct impact to user`s satisfaction. General purpose of this research is obtaining any empirical finding and discovering the clarity of user`s participation phenomenon, top management support, expectation, experience with computer and user`s satisfaction by using contingency approach as intervening variable. The specific purpose of this research is finding out direct influence of user`s participation, top management support, user`s expectation, and previous experience with computer to user`s satisfaction by using contingency, and the combination of two-model information development with several variables that may be able to reduce the failure of application of system design which already exist. The research design is explanatory research; respondents come from banking employees in East Java who fulfilled certain requirements such as department managers, information specialists (Analysis System/Programmer/Database Administrator), and operating staff. Total sample 288 respondents. The results of this research in top management support and previous experience with computer seems to have positive and significant influence to user satisfaction, these two variables also have an indirect impact to user`s expectation through contingency as intervening variables. Contingency as intervening variable have a direct and significant impact to user`s satisfaction, also supported by empirical data, which is accepted. On the contrary, user`s participation had a positive and significant influence to user`s satisfaction, user`s expectation had a positive and significant influence to user`s satisfaction are not supported by empirical data therefore are not accepted. From the findings of this research are shown that participation alone is not adequate to fulfilling the satisfaction of system information`s users. There is a need to make users not only involved physically but also emotionally in system information`s development so they may understand that these system are something important to them as individual and also organizational. In order to get a lot of user`s emotions, there are certain things to consider, such as amount of time spend in developing of system information. The longer and frequent the user get involved in the whole process of system information development, or the more time used to get involved in system information development, any emotionally involvement with the systems that they used are increasing high. Beside that, the company which developing any system information alone must aware of the importance to understand the expectation of system`s user that is can be used to make a report or work job easier and finally able to fulfilling expectation`s factor as an individual factor which also be a part from overall satisfactions in implementing information system in banking industry.

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: DES/658.812/HID/a/061202255
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Doktor Kimia, Fakultas MIPA
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 16 May 2014 15:57
Last Modified: 16 May 2014 15:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161291
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item